Berkarya dengan Cahaya bersama Komunitas Bulb

Komunitas Bulb

Hasil Seni dari Komunitas Bulb | Foto : bulbmodeon.net

Komunitas Bulb merupakan sebuah komunitas yang memakai cahaya untuk berkrasi. Komunitas ini lahir pada bulan November 2010. Komunitas ini menjadi komunitas Light Graffiti yang paling eksis di Bandung. Banyak kegiatan dan karya yang telah dihasilkan oleh kelompok ini. Hanya menggunakan perangkat fotografi dan cahaya, Bulb telah menghasilkan berbagai karya yang indah.

Berkarya dengan Cahaya bersama Komunitas Bulb

Light Grafitti merupakan salah satu bentuk karya yang banyak diminati. Karya ini ditunjang oleh peralatan fotografi yang semakin canggih. Karena itu sudah banyak bermunculkan komunitas Light Grafitti di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Bulb sendiri merupakan komunitas asal Bandung yang produktif menghasilkan karya.

Tidak ada syarat khusus bagi orang yang ignin menjadi anggota Bulb. Berbagai orang dari beragam kalangan banyak bergabung ke dalam komunitas ini. Salah satu yang penting, anggota kelompok iniĀ  menguasai dan berminat terhadap teknik light grafitti. Teknik fotografi ini bisa juga dipelajari di Komunitas Bulb dalam setiap pertemuannya.

Teknik light grafitti pada dasarnya bisa dilakukan dengan kamera apapun, asal memilki pengaturan pilihan low speed. Pengaturan kecepatan ini sangat penting untuk menangkap dan membentuk cahaya. Kita bisa melukis dengan cahaya hanya lewat pemanfaatan pengaturan kecepatan kamera menangkap cahaya.

Selain itu, Komunitas Bulb sering memakai media penghasil cahaya sehingga bisa mengatur gambar yang diinginkan. Beberapa alat yang bisa dipakai adalah light stick, korek api, air hingga telepon genggam. Memang Bulb sering mengadakan kegiatannya pada malam hari, sehingga cahaya yang dihasilkan alat-alat itu bisa terlihat. Beberapa tempat yang sering dijadikan spot untuk hunting dan berkarya adalah taman kota atau taman di kampus-kampus.

Ada berbagai posisi dalam pembuatan grafiti cahaya ini. Ada seorang shooter, fotografer yang mengambil gambar; lighter, orang yang memberi efek cahaya dari alat yang dipakai; dan modelĀ  yang menjadi objek foto. Pembentukan cahaya dan gaya model juga harus diatur sehingga menghasilkan gambar yang indah.

Salah satu hasil karya dari Komunitas Bulb dipilih menjadi opening video wakil Presiden pada saat Wayang Summit tahun 2012. Kegiatan kelompok ini memang didukung oleh pemerintah, salah satunya dengan dibangunnya berbagai taman di Bandung yang bertema fotografi. Bulb juga semakin gencar untuk memperkenalkan seni light grafitti. Kita bisa ikut bergabung dengan kelompok ini atau hanya melihat bagaimana mereka menghasilkan karya.

Leave a Reply