Mengintip Burung Liar bersama Komunitas Bicons

Komunitas Bicons

Komunitas Bicons | Foto : parisvanjava.web.id

Kota Bandung memiliki banyak komunitas yang unik dan kreatif, salah satunya adalah komunitas Bicons. Bicons merupakan singkatan dari Birds Conservation Society. Komunitas ini merupakan sebuah konservasi burung yang ada di Bandung. Komunitas ini bergerak pada kelestarian lingkungan, terutama burung dan berbagai habitatnya.

Mengintip Burung Liar bersama Komunitas Bicons

Bicons didirikan pada tahun 1999 oleh beberapa orang yang peduli dan prihatin dengan nasib burung dan habitatnya di kota-kota besar, terutama di Bandung. Pembangunan banyak yang merusak habitat alami burung, sehingga merusak cara hidup mereka. Salah satu kegiatan yang diasaskan komunitas ini adalah Sunday Bird Watching.

Kegiatan ini diadakan di Taman Ganesha, depan ITB, setiap Minggu pagi. Kegiatan rutin lain dari kelompok ini adalah Raptor Watch. Kegiatan ini berusaha mengamati migrasi dari burung-burung. Ada banyak burung yang bermigrasi dari belahan bumi utara, Cina, Jepang, dan sekitarnya, ke wilayah selatan seperti Indonesia. Program lain dari komunitas Bicons ini adalah membuat kotak sarang burung. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya pohon di Bandung yang ditebang atas nama pembangunan dan kemajuan.

Komunitas Bicons juga mengadakan program untuk mengumpulkan dana bagi segala kegiatannya. Salah satu cara penggalangan dana ini adalah mengadakan Bird Race, sebuah lomba mengamati burung. Peserta dari lomba ini berasal dari Bandung dan kota lain, bahkan dari luar negeri. Mereka merupakan pecinta burung yang peduli dengan kehidupan burung di Bandung.

Selain kegiatan yang berhubungan dengan burung di kota, Bicons juga sering melakukan pengamatan di wilayah seputar Bandung. Kegiatan ini dilakukan juga dengan outbound yang dilakukan dengan rutin. Selain mengamati, peserta juga akan mengumpulkan data burung dari sembilan tempat habitat potensial burung, seperti di Kawah Putih, Situ Lembang, Gunung Puntang, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Manglayang, Ranca Ekek, Dago Pakar, Situ Patenggang, dan Taman Kota. Bicons juga mengadakan Bird Tour yang akan mengunjungi sembilan lokasi itu pada saat-saat tertentu. Semua program ini memang dimaksudkan untuk menambah kecintaan terhadap burung dan memantau sejauh mana perusakan habitat yang terjadi.

Jika tertarik dengan komunitas Bicons ini, kita bisa bergabung ke dalamnya atau sekedar mengikuti kegiatan-kegiatannya. Komunitas ini memang terbuka bagi semua orang yang peduli dengan burung dan habitatnya di Bandung. Kita bisa mendatangi kantor komunitas ini yang berada di Jalan Paledang No.21, daerah Cibereum. Bicons juga bisa kita kunjungi di laman website-nya, yaitu diĀ  http://bicons.wordpress.com.

Leave a Reply