Merawat Masa Lalu bersama Komunitas Bandung Heritage

Komunitas Bandung Heritage

Komunitas Bandung Heritage | Foto : noiseyouth.com

Bandung merupakan kota dengan sejarah yang panjang. Identitas dan karakter kota ini terlihat dari karya budaya yang ada. Karya budaya yang ada ini merupakan aset berharga kota yang perlu dirawat dan dilestarikan. Karena itu, Komunitas Bandung Heritage atau Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung, didirikan pada tahun 1987 untuk melestarikan lingkungan Budaya Bandung. Karya budaya yang menjadi fokus perhatian dari Bandung Heritage adalah gedung-gedung tua yang berada di kota.

Merawat Masa Lalu bersama Komunitas Bandung Heritage

Komunitas Bandung Heritage merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berusaha melestarikan bangunan-bangunan bersejarah di kota Bandung. Komunitas ini telah memiliki lebih dari lima ratus anggota yang berasal dari beragam latar belakang dan profesi. Mereka bertindak sebagai partisipan dan simpatisan yang juga menyumbang biaya untuk berbagai kegiatan paguyuban ini. Kegiatan yang dilakukan memang banyak bertujuan untuk menambah kecintaan terhadap bangunan bersejarah dan merawatnya.

Paguyuban ini  mendukung usaha pemerintah yang telah mengeluarkan berbagai peratuan untuk melindungi berbagai cagar budaya nasional. Komunitas Bandung Heritage berusaha untuk mencegah perusakan dan kemusnahan dari warisan budaya sekitar. Pelestarian dan pencagaran perlu dilakukan agar nilai kepribadian dan warisan tetap lestari di Bandung. Budaya merupakan wujud kepribadian, sehingga sejarah terbentuknya kerpibadian suatu bangsa bisa terlihat dari peninggalan budaya-budayanya.

Bandung Heritage memang berusaha untuk menyadarkan masyarakat agar tidak melakuan perusakan dan selalu merawat bangunan bersejarah. Langkah ini memang tidak mudah, melihat banyak bangunan tua dimiliki oleh perseorangan dan banyak dari bangunan itu yang tidak terawat. Banyak bangunan tua itu dibiarkan terbengkalai tanpa perawatan yang berarti.

Jika peduli dengan bangunan bersejarah dan suka menikmati keindahannya, kita bisa juga bergabung dengan Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung. Kita memang diwajibkan untuk menyumbangkan pemikiran, tenaga, dan waktu dalam berbagai kegiatan komunitas ini. Bahkan kadang kita perlu menyumbang biaya untuk berbagai hal yang mungkin ada dalam kegiatan Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung. Sayart utama tentu saja memiliki tujuan untuk melestarikan warisan cagar budaya di Bandung.

Tidak ada syarat umur atau profesi untuk menjadi anggota Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung. Kita hanya perlu mengisi formulir keanggotaan. Formulir ini bisa kita ambil di sekretariat Komunitas Bandung Heritage. Kita kemudian bisa mengantar formulir ini secara langsung, atau lewat pos, fax, dan e-mail ke [email protected] Kita perlu membayar uang iuran tahunan sebesar Rp. 120.000 untuk umum dan Rp.75.000 untuk pelajar atau mahasiswa.

Iuran ini dipakai untuk berbagai kegiatan dan biaya operasional dari Bandung Heritage. Kita akan mendapatkan kartu anggota, akse di perpustakaan komunitas, buletin bulanan, dan informasi seputar kegiatan Bandung Heritage. Dengan bergabung di Bandung Heritage, kita sudah turut untuk merawat bangunan bersejarah di Bandung agar tetap bisa dinikmati keindahannya.

Add Comment