Keserakahan Nyi Endit Dibayar Keindahan Situ Bagendit

Situ Bagendit

Situ Bagendit | Foto : teknonet33.blogspot.com

Keserakahan Nyi Endit dibayar keindahan Situ Bagendit, begitulah mungkin komentar orang yang tahu eksotisnya danau di Bandung ini. Tentu saja orang tersebut haruslah tahu pula legenda situ bagendit. Jelasnya danau ini akan sejenak melupakan anda terhadap kebisingan kota.

Keserakahan Nyi Endit Dibayar Keindahan Situ Bagendit

Situ Bagendit dan Legenda Nyi Endit

Situ Bagendit selalu dikaitkan dengan legenda Nyi Endit. Nyi Endit adalah seorang rentenir yang sangat kaya dan memiliki banyak jago pukul. Rentenir sudah tentu melipat gandakan hutang dan membuat penduduk sekitarnya susah. Hingga suatu hari ia mengadakan pesta pora besar, tanpa memedulikan penduduk yang sedang kelaparan. Datanglah seorang pengemis, yang kemudian menentang Nyi Endit untuk mencabut sebuah ranting pohon kecil yang ditancapkannya di tanah.

Dicobalah mencabut ranting tersebut, mulai dari orang biasa, kemudian para tukang pukul dan Nyi Endit sendiri. Ternyata semua tidak bisa. Si pengemis kemudian mencabutnya dengan mudah, dan dari tempat menancapnya ranting memancar deras air. Air tersebut tidak bisa berhenti, kemudian diperparah dengan hujan guntur yang dahsyat. Kediaman Nyi Endit, beserta seluruh isinya ditelan oleh air bah termasuk Nyi Endit sendiri. Dari situlah muncul Situ Bagendit.

Situ dalam bahasa Indonesia adalah danau. Memang tempat wisata ini berupa danau yang sangat indah. Air dananu berwarna biru, pemandangan sekitarnya hijau alami dan tentu saja udaranya bersahabat untuk dihirup. Benar-benar keserakahan Nyi Endit dibayar keindahan Situ Bagendit.

Tempat wisata ini terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi sebelah tenggara Bandung. Karcis masuknya seharga Rp 1000 untuk orang dewasa dan Rp 500 untuk anak-anak. Selain tiket masuk, jika menginginkan menyewa rakit maka disediakan 60 rakit dengan tarif Rp 25.000 untuk 15 menit. Sepeda air juga disiapkan dengan tarif Rp 10.000 untuk 15 menit. Tidak ingin berkeliling danau menggunakan transportasi air, maka disediakan kereta api mini dengan tarif Rp 2.000. Kolam renang juga disediakan di tempat wisata ini.  Situ bagendit buka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

Selain fasilitas yang telah disebutkan, terdapat pula tempat makan resmi namun ada pula yang liar sehingga sedikit mengganggu pemandangan. Fasilitas umum lainnya seperti MCK, musholla dan listrik juga tersedia. Untuk sampai di sini maka naik angkot jurusan Terminal Guntur-Kp.Mengger dan Garut-Limbangan dengan tarif Rp.1.500. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik ojek yang bertarif Rp.2.000. Pengunjung umumnya meluber pada hari libur dan akhir pekan.

Demikian artikel tentang keserakahan Nyi Endit dibayar keindahan Situ Bagendit. Semoga bermanfaat dan menikmati keindahan alam Situ Bagendit.

Leave a Reply