3 Kampung Kreatif Di Bandung yang Wajib Dikunjungi

27 Likes Comment
Kampung Kreatif Bandung

Kampung kreatif di Bandung, diprediksikan akan terus meningkat. Bahkan walikota Bandung, Bapak Ridwan Kamil menargetkan akan ada 30 kampung kreatif. Program tersebut dicanangkan untuk lima tahun ke depan. Namun sebenarnya, Bandung memang sudah memiliki beberapa kampung kreatif.

3 Kampung Kreatif Di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Kampung Kreatif

Kegiatan Warga Kampung Kreatif Bandung

Kampung dalam benak setiap orang, adalah tempat yang kurang rapi, penduduknya saling mengenal dan memiliki ciri khas tertentu. Kesan tersebut, memang benar namun akan sedikit berbeda dengan konsep kampung kreatif. Kampung kreatif memang sebuah pemukiman sebagaimana umumnya kampung, tetapi di dalamnya ada nilai lebih sehingga wisatawan tertarik dengannya.

Kampung kreatif, adalah kampung yang potensi positifnya lebih ditonjolkan. Setiap rumah dalam kampung, harus mendukung program kreatif tersebut. Secara tidak sengaja, model rumah dan beragam pernak-pernik dalam kampungnya pun akan menjadi sejenis. Satu lagi yang menarik, sebuah kampung kreatif, haruslah memiliki kegiatan dan agenda yang unik dan kreatif.

Beberapa kampung kreatif di Bandung yaitu:

1. Kampung Dago

Kampung Dago
Kampung Dago

Sudah jelas, bahwa kampung ini ada di daerah Dago. Timbulnya kampung kreatif, sebab banyak warga di sini yang memiliki kemampuan dalam beberapa kesenian khas sunda, seperti: Tari Jaipong, Pencak Silat, Gondang, seni musik Celempung, dan Wayang Golek. Selain kesenian juga dikembangkan beragam keterampilan, seperti: pembuatan wayang, pembuatan alat musik dari bambu, pembuatan kertas tradisional dari pohon Saeh.

Keterampilan kontemporer juga diasah, contohnya pembuatan perhiasan wanita dan kerajinan puzzle. Anak-anak di daerah ini memainkan permainan tradisional Sunda. Urusan kuliner diserahkan pada ibu-ibu ahli masak, dengan menyediakan beragam masakan khas. Di sepanjang tembok kampung terdapat beragam lukisan mural yang menyemarakkan suasana. Di kampung Dago ini, secara rutin diadakan festival budaya.

2. Kampung Akustik Cicadas

Kampung Akustik Cicadas
Kampung Akustik Cicadas

Kampung ini terletak di Jalan Cicadas Pasar 2 RW 04,  Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul. Kampung ini dahulu banyak dihuni oleh pengamen, namun saat ini banyak yang telah berganti profesi. Keunikan kampung ini adalah, hampir keseluruhan warganya pandai memetik gitar. Gitar pula yang menjadi sarana berkumpulnya para warga. Sebagaimana kampung kreatif lain, di sini kondisinya juga bersih dan dihiasi dengan lukisan mural di sepanjang gang.

3. Kampung Lokomotif Cicukang

Kampung Kreatif Cicukang
Kampung Kreatif Cicukang

Kampung ini terletak di pinggir rel kereta api, tepatnya kampung Cicukang. Dalam kampung ini terdapat beragam kreativitas. Kreativitas yang dimiliki di antaranya pertunjukan instrumen musik dapur, wayang seng, marawis, tari jaipong, dan pertunjukan teater. Lukisan mural juga turut meramaikan kampung ini.

Demikian sedikit artikel tentang kampung kreatif di Bandung. Menarik bukan? Selamat berwisata ke Bandung, dan jangan lupa mampir ke kampung kreatifnya.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *