Lebih Kenal Indonesia Dalam Buku “1001 Fakta Unik Laut”

1001 Fakta Unik Laut

1001 Fakta Unik Laut | Foto : www.theashleysmith.com

Lebih kenal Indonesia dalam buku “1001 Fakta Unik Laut”, memang benar adanya. Indonesia adalah salah satu negara dengan laut yang luas. Mengenal laut lebih banyak akan membuat setiap masyarakat Indonesia lebih dekat dengan bangsanya sendiri. Kedekatan akan menimbulkan usaha untuk menjaga dan melestarikan.

Lebih Kenal Indonesia Dalam Buku “1001 Fakta Unik Laut”

Buku “1001 Fakta Unik Laut” Karya Mahasiwa Unpad

Ide untuk menerbitkan buku fenomenal tentang laut tersebut muncul dari dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad, Bapak Noir Primadona Purba. Beliau menantang mahasiswanya untuk membuat segala hal, yang berupa pertanyaan masyarakat terhadap laut dan beragam fenomenanya. Dosen oseanografi ini berharap mahasiswa yang dibimbingnya mampu menghasilkan karya nyata, baik berupa buku, film, instrumen, maupun alat penelitian. Hasil kerja nyata tersebut tentunya harus bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan nilai lebih saat dipergunakan.

Ide tersebut dilanjutkan, dan jadilah 70 orang mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad angkatan 2008 terlibat dalam pembuatan buku ini. Metode yang dipergunakan adalah pembuatan sejumlah pertanyaan yang ingin diketahui oleh orang awam mengenai laut dan fenomenanya. Tema yang diangkat dibatasi dalam hal fisika laut, biologi laut, dan oseanografi. Setiap pertanyaan dibebankan kepada mahasiswa dan mereka ditugaskan untuk mencari jawaban dari beragam sumber. Hasil jawaban yang diperoleh kemudian diperiksa ulang oleh dosen pembimbing. Maka dapat dijamin hasil penulisan fakta laut tersebut dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Buku “1001 Fakta Unik Laut”, rencananya akan disumbangkan ke sekolah-sekolah SD, SMP dan SMA sebagai bahan pengayaan. Namun penerbitannya tidak langsung sejumlah 1001 fakta. Buku ini akan dibuat berseri atau bersambung. Pada edisi pertama yang sudah diterbitkan, fakta yang diungkap belum mencapai 1001. Pengerjaan akan dilanjutkan oleh mahasiswa tahun berikutnya hingga lengkap jumlahnya 1001. Tentu saja agar lengkap sampai 1001, harus memiliki edisi lengkap buku kelautan ini.

Lebih Kenal Indonesia Dalam Buku “1001 Fakta Unik Laut”, memang perlu dilakukan. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa buku ini diberikan pada sekolah-sekolah. Indonesia memiliki potensi laut yang cukup banyak. Meski banyak pengelolaan dan pelestariannya masih belum maksimal. Kita tahu sendiri, kekayaan laut Indonesia justru membuat kaya bangsa lain dengan melakukan pencurian di laut Indonesia. Orang Indonesia sendiri berjuang untuk mengeksplorasi hasil laut, namun hanya menjadi bulan-bulanan para rentenir. Hadirnya buku ini tentu akan membuat generasi muda lebih kenal dengan laut, utamanya laut di wilayah Indonesia.

Demikian artikel tentang Lebih Kenal Indonesia Dalam Buku “1001 Fakta Unik Laut”. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Leave a Reply