Mengenal Seni Bela Diri Tarung Derajat

Seni Bela Diri Tarung Derajat

Seni Bela Diri Tarung Derajat | Foto : kepolisian.wordpress.com

Tarung Derajat merupakan salah satu seni bela diri asli Indonesia. Bela diri ini diciptakan oleh Acmad Dradjat. Dia mengembangkan teknik pertarungan ini lewat pengalamannya bertarung di jalanan, pada era 1960-an di Bandung. Seni bela diri ini sangat terkenal di Bandung dan dijadikan pelatihan dasar di TNI Angkatan Darat. Olahraga yang sering disebut dengan julukan “Boxer” ini bahkan sering menyelenggarakan kejuaraan berskala internasional dan menjadi nomor tetap di Pekan Olahraga Nasional.

Mengenal Seni Bela Diri Tarung Derajat

Tarung Derajat berfokus pada agresivitas serangan dalam menendang dan memukul. Selain itu, bela diri ini melengkapi orang dengan berbagai teknik seperti kuncian, bantingan, serta sapuan kaki. Tarung Derajat dideklarasikan di Bandung oleh Achmad Dradjat pada tanggal 18 Juli 1972. Pendiri yang sering dijuluki Aa Boxer ini memaksudkan Tarung Derajat sebagai ilmu bela diri untuk membela kemanusiaan.

Maksud ini jelas berhubungan dengan pengalaman hidup Aa Boxer. Dia kerap terlibat pertarungan jalanan pada masa remaja dengan berbagai preman, perampok, dan kelompok pemuda. Karena memiliki postur tubuh yang kecil, maka Aa Boxer mengembangkan seni bela diri yang bisa menunjang posturnya. Menemukan teknik yang benar ini sangat penting karena dengan postur kecil maka akan lebih mudah untuk dikalahkan dalam pertarungan.

Setelah melewati berbagai pertarungan dan pengeroyokan yang brutal serta latihan, maka ditemukanlah berbagai jurus untuk bertahan dan memang dalam perkelahian. Berbagai jurus ini ditempa lagi lewat serangkaian pengujian di jalanan. Kekuatan fisik dan mental jelas diperlukan untuk menemukan dan membentuk rangkaian teknik bela diri.

Tarung Derajat melatih seseorang untuk kuat secara fisik dan mental serta memiliki gerak reflek yang baik untuk melindungi diri. Tarung Derajat mengajak manusia untuk menjadi diri sendiri dalam setiap pertarungan serta tidak sombong jika sudah menguasai ilmu bela diri.

Tarung Derajat kemudian diakui menjadi ilmu seni bela diri yang mumpuni setelah terbukti dalam sekian banyak pertarungan jalanan. Hal ini membuat Aa Boxer diminta untuk menularkan kemampuan bela diri kepada rekan-rekannya. Semua ini dimaksudkan dalam rangka kemanusiaan untuk mencegah seseorang menjadi korban dalam tindak kekerasan.

Tarung Derajat kemudian diajarkan di berbagai pelosok negeri, bahkan sampai ke manca negara. Olahraga seni bela diri ini juga sempat dipertandingkan dalam SEA GAMES tahun 2011 di Jakarta-Palembang. Sampai sekarang olahraga ini masih digemari oleh berbagai lapisan masyarakat di Bandung khususnya.

One Response

  1. Yusuf September 15, 2015

Leave a Reply