Berwisata sambil Belajar Musik di Saung Angklung Udjo

Wisata Saung Angklung Udjo

Wisata Saung Angklung Udjo | Foto : kotawisataindonesia.com

Saung Angklung Udjo merupakan salah satu tempat utama tujuan wisata di Bandung. Saung ini merupakan tempat berbagai pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bahan bambu, serta pusat belajar instruman yang terbuat dari bambu. Saung Angklung Udjo merupakan pusat untuk belajar dan memelihara budaya khas Sunda, khususnya alat musik angklung.

Berwisata sambil Belajar Musik di Saung Angklung Udjo

Saung ini didirikan oleh pasangan Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati pada tahun 1966. Saung ini didirikan dengan maksud untuk melestarikan budaya dan seni tradisional khas Sunda. Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka No.118, sebelah timur Bandung. Walaupun berusaha memberikan kajian dan informasi seputar budaya Sunda secara umum, Saung Angklung Udjo lebih terkenal sebagai pusat alat musik angklung.

Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini memang menjadi perhatian utama dari Mang Udjo. Alat musik yang menghasilkan bebunyian dengan cara digetarkan ini memang perlu dipertahankan dari serbuan alat musik modern. Angklung biasa dimainkan dengan bersama-sama. Setiap angklung memang menyajikan nada yang berbeda dan sering dibedakan berdasarkan ukuran. Kebersamaan dan kerja sama yang diperlukan saat memainkan angklung ini memang sesuai dengan budaya tradisional Sunda yang senantiasa gotong royong dan harmonis.

Suasana Saung Angklung Udjo sangat asri dengan tumbuhan bambu di sekitarnya. Biasanya ada pertunjukan angklung setiap sore hari. Pertunjukan ini tidak hanya diadakan di Saung ini saja. Saung Angklung Udjo telah melakukan berbagai pertunjukan di berbagai tempat di dalam dan luar negeri. Saung Angklung Udjo juga sering mengajak warga untuk bermain angklung bersama.

Saung Angklung Udjo bersama warga juga memecahkan rekor jumlah orang yang memainkan angklung secara bersamaan. Selain bersama warga, Mang Udjo juga sering juga berkolaborasi dengan berbagai seniman nusantara. Kiprah Saung Angklung Udjo ini kemudian dilanjutkan oleh anak-anak dari Mang Udjo.

Selain pusat pembelajaran dan pertunjukan, Saung Angklung Udjo juga menyediakan berbagai produk alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Beberapa alat musik yang dibuat dan dijual di tempat ini adalah angklung, calung, arumba, dan suling. Kita bisa juga bisa belajar memainkan alat-alat musik itu di tempat ini.

Saung Angklung Udjo dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Sebelum Terminal Cicaheum dari arah kota akan ada papan petunjuk ke Jalan Padasuka. Kita bisa menemukan Saung Angklung Udjo setelah menelusuri jalan ini.

Leave a Reply