Pasar Palasari, Surga Pencari Buku di Kota Bandung

Pasar Palasari Bandung

Pasar Palasari Bandung | Foto : pesona-bandung.blogspot.com

Pasar Palasari merupakan lokasi yang cukup terkenal bagi pecinta buku di kota Bandung. Kawasan ini terletak di Jalan Palasari. Sudah ada ratusan kios kecil di kawasan ini yang menyediakan berbagai buku bekas dan buku baru. Kita bisa mencari beragam buku, novel, komik, atau majalah di pasar buku ini. Pasar buku Palasari sudah ada di Jalan Palasari sejak tahun 1980.

Pasar Palasari, Surga Pencari Buku di Kota Bandung

Banyaknya pedagang buku di Pasar Palasari identik dengan buku. Kebanyakan orang yang berdagang di lokasi ini berasal dari Padang. Salah satu toko buku cukup besar di Palasari adalah Bandung Book Centre (BBC). Toko ini sudah cukup besar dan canggih dibandingkan kios lain di sekitarnya. Kita bisa mencari judul yang kita inginkan lewat komputer yang memuat data berbagai buku yang dijual di tempat ini. Kita juga menerima penyampulan buku dengan plastik, jika telah membeli di BBC.

Palasari menyediakan buku-buku yang relatif murah dibandingkan yang dijual di toko buku lain. Buku di Palasari sebagian merupakan buku bekas atau bajakan. Walau begitu, kita tetap bisa mendapatkan buku yang memang asli diproduksi oleh penerbit resmi. Lokasi buku bekas lain di kota Bandung yang sempat terkenal sebelum Pasar Palasari adalah di Jalan Cikapundung dan Jalan Dewi Sartika. Namun ketika Pemerintah Kota memberlakukan zona merah pelarangan pedagang kaki lima, maka Palasari menjadi lokasi toko buku bekas terbesar di Bandung.

Kita bisa melakukan tawar menawar pada buku yang kita inginkan, terutama ketika di kios-kios. Banyak buku bekas yang bisa kita beli dengan harga sangat murah. Buku bajakan yang sudah tidak terbit lagi juga masih bisa kita jumpai di Palasari. Kita harus rajin berkeliling kios jika buku yang kita inginkan ternyata susah ditemukan. Kita bisa saja tidak perlu terlalu repot menjelajah Palasari jika ingin memakai jasa calo. Tentu saja jika memakai jasa calo, maka harga buku menjadi lebih mahal.

Palasari sudah terkenal, tidak hanya di kota Bandung, bahkan bagi para wisatawan asing. Banyak orang luar negeri yang berburu buku lama di Palasari. Berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen, guru, pelajar, hingga ibu rumah tangga berkunjung ke Palasari setiap harinya. Di Pasar Palasari juga tersedia berbagai warung makan sehingga pengunjung bisa melepaskan rasa dahaga atau mengisi perut setelah berkeliling Palasari.

Leave a Reply