Tempat Makan Minuman dan Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung | Foto : tourismnews.co.id

Bandung memiliki banyak tempat pilihan wisata kuliner. Berbagai wisata kuliner menawarkan cita rasa dan suasana yang khas dan menyenangkan. Salah satu pilihan menu kuliner yang digemari adalah minuman dan makanan khas Bandung. Berikut ini beberapa makanan dan minuman khas Bandung dan tempat kita bisa menikmatinya :

Tempat Makan Minuman dan Makanan Khas Bandung

1. Nasi Timbel

Nasi Timbel

Nasi Timbel | Foto : ariandriyana.com

Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Pengemasan nasi semacam ini merupakan khas Sunda, dan banyak ditemui di berbagai rumah makan di Bandung. Nasi ini biasanya dilengkapi dengan lauk lain seperti ikan goreng atau bakar, ayam bakar atau goreng, tahu dan tempe bakar, lalapan, sambal, dan sayur asem.

Beberapa tempat khas di Bandung yang menyediakan nasi timbel adalah Nasi Timbel Istiqomah. Tempat makan ini berada di Jalan Terusan Ciliwung No.4. Selain itu ada Nasi Timbel Mangga yang berada di Jalan Mangga. Nasi Timbel Bawean di Jalan Bawean juga menyediakan menu nasi timbel yang lezat. Selain itu ada Nasi Bakaw 15 di Jalan Cimandiri yang menyediakan paket nasi timbel bakar yang komplit.

2. Batagor

Batagor

Batagor | Foto : www.majalahkita.info

Batagor merupakan kependekan dari Baso Tahu Goreng. Menu ini sudah lekat dengan citra makanan khas Bandung. Menu batagor biasanya disandingkan dengan siomay. Kedua masakan yang berbahan dasar ikan dan sambal kacang ini memang sangat digemari. Salah satu tempat makan khas batagor adalah Batagor Riri di Jalan Burangrang No.41. Selain itu ada Batagor Kingsley di Jalan Veteran No.25. Batagor Yunus di Jalan Kopo No.68 dan Batagor Darto di Jalan Simpang Dago No.200 juga patut dicoba.

3. Martabak

Martabak Bandung

Martabak Bandung | Foto : bandung.panduanwisata.com

Martabak mungkin bukan benar-benar “asli” dari Bandung. Namun Bandung memiliki banyak inovasi martabak, baik yang manis atau yang asin.  Beberapa tempat martabak di Bandung adalah Martabak San Francisco di Jalan Burangrang No.42 dan Jalan Karapitan. Menu andalan dari tempat ini adalah martabak manis special campur dan martabak spesial daging sapi. Martabak lezat lainnya bisa kita temukan di Martabak Bolu Golden Bell, Jalan Dangdeur Indah II No.1 daerah SuryaSumantri. Martabak di tempat ini memiliki tekstur sangat lembut seperti kue bolu.

4. Bubur Ayam

Bubur Ayam Bandung

Bubur Ayam Bandung | Foto : berbagiresepmasakan.com

Bubur ayam merupakan menu sarapan favorit di Bandung. Kita bisa menemukan berbagai tempat di jalan-jalan Kota Bandung yang menyediakan bubur ayam di pagi hari. Salah satu tempat makan bubur ayam adalah di Bubur Ayam Pak Hamid di Jalan Padjajaran dan Jalan Arjuna. Kita bisa memilih banyak isis, sepertu ati, daging ayam, dan telur. Porsi bubur ayam di tempat ini juga sangat banyak.

5. Mie Kocok

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung | Foto : graciaarayana.blogspot.com

Mie kocok merupakan makanan khas Bandung yang terdiri dari mie rebus, dikocok dengan urat atau kikil sapi, taoge, baso, kaldu sapi, dan daun bawang. Salah satu tempat bersantap mie kocok adalah di Mie Kocok Mang Dadeng. Kikil di tempat ini sangat empuk. Mie Kocok Mang Dadeng berada di Jalan Banteng No.67.

6. Surabi dan Colenak

Colenak Bandung

Colenak Bandung | Foto : sajiansundasambara.blogspot.com

Surabi merupakan sejenis pancake yang terbuar dari tepung berasa dan santan kelapa. Berbeda dari surabi daerah lain yang rata-rata manis, surabi Bandung ada juga yang bercita rasa gurih dengan campuran isi oncom, daging, atau sosis. Salah satu yang terkenal adalah Surabi Enhai, Jalan Setiabudhi dekat kampus NHI. Tempat ini selalu penuh terutama akhir pekan. Di seberang Surabi Enhai juga ada Surabi Imut yang tidak kalah enaknya. Di kedua tempat makan ini ada juga menu colenak, peuyeum bakar yang dicampur gula merah dan parutan kelapa. Menu khas ini juga layak dicoba.

7. Lotek

Lotek Bandung

Lotek Bandung | Foto : www.kaskus.co.id

Lotek merupakan sayuran rebus yang disiram dengan saus kacang. Lotek biasa dimakan dengan lontong dan kerupuk. Menu lotek yang enak di Bandung bisa kita temui di Lotek Herry Thea di Jalan Buah Batu No.147. Tempat makan lotek lain yang tidak kalah enaknya ada di Lotek Ceu O’om Jalan Alkateri, Lotek Jalan Macan, Lotek Jalan Mahmud, Lotek Jalan Kalipah Apo, Lotek Parandi di Jalan Cilentah No.4, dan Rumah Makan Lotek Jalan Astiona No.17.

Itulah delapan makanan khas Bandung beserta sebagian tempat rekomendasi untuk menikmatinya. Selain delapan menu di atas, masih banyak makanan khas Bandung lainnya yang perlu kita cicipi.

Leave a Reply