Berjalan Kaki Sambil Berwisata Bersama Komunitas Aleut

Komunitas Aleut

Komunitas Aleut | Foto : www.lihat.co.id

Menikmati Kota Bandung tidak hanya dilakukan dengan berfoto, bersantai di pegunungan, atau berbelanja di Factory Outlet. Kita bisa juga berjalan kaki keliling kota untuk mengenang sejarah dan budaya Kota Bandung. Jika tertarik, Anda bisa bergabung dengan Komunitas Aleut. Komunitas yang berdiri sejak tahun 2006 ini berusaha memahami dan mengapresiasi budaya Bandung, dengan cara berjalan kaki.

Berjalan Kaki Sambil Berwisata Bersama Komunitas Aleut

Kota Bandung memang semakin padat dan ramai. Kepadatan ini membuat kota semakin tidak nyaman. Namun hal ini tidak menghalangi Komunitas Aleut untuk melakukan kegiatannya. Aleut sendiri berarti berjalan beriringan. Komunitas ini berusaha untuk memahami, mencatat, dan memublikasi apa yang mereka temukan dari Kota Bandung. Semua ini dimaksudkan agar warga Bandung teringat kembali sejarah dan budaya setempat dan semakin peduli. Kepedulian ini sangat penting agar Bandung bisa tetap nyaman dan aman untuk ditinggali.

Komunitas yang sudah berdiri delapan tahun ini telah memiliki anggota hingga 700 orang. Komunitas ini berusaha untuk menuangkan apa yang mereka temukan dalam media secara kritis. Aleut mengajak semua warga yang masih peduli untuk kembali menunjukkan perannya bagi perkembangan Kota Bandung. Apa saja permasalah yang ditemukan di kota akan dituangkan dan kemudian dipikirkan solusinya.

Kita memang tidak diwajibkan untuk secara kritis untuk menyorot ketimpangan kota. Kita bisa saja sekeda ikut menikmati dan memahami Kota Bandung. Kita bisa ikut berpetualang dengan Komunitas Aleut menelusuri Kota Bandung. Perjalanan ini biasanya dipandu oleh seseorang dari komunitas yang bercerita tentang sejarah dan mitos tempat yang dikunjungi. Kita bisa tahu apa saja yang pernah terjadi di jalanan yang kita lewati dan gedung yang kita masuki.

Komunitas yang telah berdiri sejak 2006 ini merupakan inisiatif dari beberapa mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah Universitas Padjadjaran (Unpad). Sekarang Aleut sendiri dipimpin oleh satu koordinator yang bertugas mengkoordinir pegiat. Para pegiat aktif Aleut juga turut membantu koordinator dalam menjalankan koordinasi antara koordinator dengan pegiat lainnya.

Untuk bergabung, kita hanya perlu mengeluarkan uang sepuluh ribu rupiah sebagai biaya pin dan SMS jarkom selama satu tahun. Kita bisa juga mengunjungi sekretariat komunitas ini di Jalan Sumur Bandung Nomor 4 atau mengunjungi laman facebook dengan nama “Komunitas Aleut”. Kita bisa turut untuk berpartisipasi sambil menikmati keindahan Kota Bandung. Jika bukan warga yang peduli, lantas siapa yang akan memperhatikan Kota Bandung?

Leave a Reply