10 Lokasi dan Bangunan Bersejarah Di Bandung

Bangunan Gedung Sate Bandung

Bangunan Gedung Sate Bandung | Foto : rakyatdemokrasi.wordpress.com

Bandung merupakan kota bersejarah yang pernah menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda. Tidak heran banyak lokasi dan bangunan bersejarah di kota ini. Sebagian bangunan sudah rusak atau tidak terawat, namun masih ada beberapa yang masih layak untuk dikunjungi. Berikut ini sepuluh lokasi dan bangunan bersejarah di Bandung yang sering menjadi objek wisata :

10 Lokasi dan Bangunan Bersejarah Di Bandung

1. Jalan Asia-Afrika

Jalan ini merupakan salah satu yang tertua di Bandung. Jalan ini menjadi saksi bisu perkembangan dan pergolakan yang terjadi do Kota Bandung. Beberapa bangunan bersejarah di jalan ini adalah Gedung Merdeka, Masjid Raya, Alun-Alun, dan Hotel Savoyy Homann. Selain itu masih banyak bangunan kuno lain di tempat ini yang diperuntukkan berbagai kegiatan.

2. Kilometer 0

Kilometer 0 Bandung

Kilometer 0 Bandung | Foto : twicsy.com

Kilometer 0 merupakan patok penanda pusat kota Bandung di Jalan Asia-Afrika. Pusat kota ini ditetapkan saat Daendels membuat jalan Anyer-Panarukan yang melewati Bandung. Pada saat itu, pusat kota Bandung berada di wilayah Dayeuh Kolot. Baru pada saat ada patok ini, Kota Bandung mulai terbentuk seperti sekarang ini.

3. Alun-Alun

Alun-Alun Bandung juga berada di Jalan Asia-Afrika. Tempat ini tadinya merupakan pusat berkumpul rakyat untuk berkegiatan. Sekarang ini kita bisa menjumpai banyak pedagang makanan dan asesoris di tempat ini. Alun-alun dikelilingi berbagai tempat belanja seperti di Jalan Dalem Kaum, Jalan Dewi Sartika, Jalan Otto Iskandardinata, atau Jalan Sudirman.

4. Masjid Agung

Masjid Agung Bandung

Masjid Agung Bandung | Foto : escaped-traveler.blogspot.com

Masjid yang terletak di sebelah Alun-Alun ini telah dibangun sejak tahun 1812. Masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi sehingga nampak seperti sekarang ini. Masjid Agung memiliki ciri khas menara yang menjulang.

5. Gubernuran

Gubernuran disebut juga dengan nama Gedung Pakuan. Gedung ini adalah kediaman dari Residen Priangan pertama dan berdidi sejak tahun 1864. Gedung ini masih dipakai sebagai rumah dinas gubernus Jawa Barat hingga saat ini.

6. Stasiun Pusat Kereta Api Bandung

Stasiun Pusat Kereta Api Bandung

Stasiun Pusat Kereta Api Bandung | Foto : semboyan35.com

Jalur kereta api dari Batavia mulai masik ke Bandung pada tahun 1884. Pembangunan ini membuat Bandung semakin ramai dan terkenal karena keindahannya. Jalur transportasi ini masih ada dan terletak di pusat kota Bandung. Rel kereta Bandung memisahkan wilayah utara Bandung yang asri dan sejuk dan wilayah selatan Bandung yang lebih urban.

7. Villa Isola

Bangunan ini terletak di dalam Universitas Pendidikan Indonesia. Gedung ini dirancang oleh C.P. Wolff Schoemaker. Villa Isola memang nampak indah dan asri. Gedung yang sempat menjadi hotel ini dijadikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru apda tahun 1953 oleh Kementrian Pendidikan.

8. Jalan Braga

Jalan Braga

Jalan Braga | Foto : www.indonesia.travel

Jalan ini mulai terkenal pada era 1920-an hingga 1930-an. Ada banyak gedung dan bangunan kuno bersejarah sepanjang jalan ini. Gedung ini masih menjadi tempat belanja dan berwisata di tempat ini. Jalan ini pernah diberi gelar “The Most Fashionable Street in The East Indies”. Masih banyak bangunan bersejarah di tempat ini, walau sebagian diantaranya kurang terawat lagi.

9. Gedung Merdeka

Gedung ini terletak di Jalan Asia-Afrika dan pernah menjadi tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Gedung ini menjadi museum dan bisa dikunjungi saat buka. Bangunan ini sangat indah dan menjadi tempat kunjungan banyak wisatawan luar kota.

10. Gedung Konvensi Landmark

Gedung Konvensi Landmark Bandung

Gedung Konvensi Landmark Bandung | Foto : info.pikiran-rakyat.com

Gedung ini terletak di Jalan Braga. Pada awalnya gedung ini merupakan toko buku dan percetakan bernama Van Dorp. Saat ini Gedung Landmark menjadi tempat berbagai kegiatan seperti pameran atau bazaar. Ada juga berbagai tempat hiburan yang buka di area gedung ini.

Itulah sepuluh bangunan dan lokasi bangunan bersejarah yang ada di Bandung. Bangunan dan lokasi itu masih bertahan sekarang ini dan menjadi aset budaya yang perlu dirawat dan dilestarikan.

Add Comment