7 Band Indie Terkenal asal Bandung yang Masih Eksis

Band Indie Bandung

Band Indie Bandung | Foto : charsiva.blogspot.com

Bandung merupakan tempatnya musik-musik indie dan alternatif. Ada banyak musisi indie yang bermunculan di Bandung dan kemudian terkenal di Indonesia. Banyak dari mereka yang tetap mengusung label indie dan tidak mengubah ciri musiknya menjadi selera major label. Berikut ini band-band indie terkenal dari Bandung yang masih mempertahankan ciri khasnya :

7 Band Indie Terkenal asal Bandung yang Masih Eksis

1. Pas Band

Pas Band

Pas Band | Foto : egoisindustries.com

Pas Band merupakan salah satu pelopor musik indie di Bandung. Mereka membuat rekaman “swadaya” dalam bentuk kaset waktu itu dan habis terjual. Banyak yang menganggap hal ini merupakan salah satu penanda kekuatan musik dan komunitas indie Bandung. Band yang selalu mengusung musik cadas ini selalu ditunggu penampilannya hingga saat ini. Band ini sudah sangat terkenal di pelosok Indonesia, sehingga rajin melakukan konser berskala besar di penjuru nusantara.

2. Burgerkill

Burgerkill

Burgerkill | Foto : www.kaskus.co.id

Burgerkill merupakan nama band indie cadas terkenal dari Bandung. Band ini terbentuk pada tahun 1995, dan menjadi salah satu simbol komunitas underground Bandung. Nama band ini diambil dari nama restoran siap saji asal Amerika. Band ini pernah menjadi pengisi dalam acara Soundwave di Australia pada tahun 2009. Burgekill masih menjadi ikon musik cadas dan selalu ditunggu penampilannya oleh para penggemar setia.

3. Mocca

Mocca

Mocca | Foto : livansa.blogspot.com

Mocca merupakan salah satu band yang menjadi ikon musik indie nusantara, khususnya dari Bandung. Band ini terbentuk pada tahun 1999 yang mengusung aliran pop indie alternatif, jazz, bossa nova, dan swing. Band ini sudah sering manggung di luar negeri, terutama di negara-negara Asia Timur, seperti Korea Selatan. Tidak heran, banyak lagu-lagu dari Mocca yang menjadi soundtrack drama dan film Korea Selatan. Band yang sempat vakum ini kembali menghibur pecintanya dengan musik-musik yang romantis dan jenaka.

4. Pure Saturday

Pure Saturday

Pure Saturday | Foto : plus.google.com

Band yang terbentuk pada tahun 1994 ini merupakan salah satu sesepuh indie kota Bandung. Musik dari band ini termasuk sederhana namun nyaman di telinga. Band ini sempat vakum dan kembali berkarya pada tahun 2005. Penampilan band ini masih ditunggu oleh pecintanya. Banyak konser dari Pure Saturday yang selalu penuh walau tanpa promosi berlebihan.

5. Bottlesmoker

Bottlesmoker

Bottlesmoker | Foto : musicneverflat.blogspot.com

Band ini terkenal dengan gengan kreativitasnya. Tidak hanya digemari di Kota Bandung, band ini sering juga manggung di luar negeri. Bahkan, selain di Bandung, sambutan penonton luar negeri seringkali lebih meriah. Akhirnya alih-alih melebarkan sayap di nusantara, Bottlesmoker memilih untuk banyak menghibur di luar negeri.

6. The Sigit

The Sigit

The Sigit | Foto : sesilfajar.blogspot.com

The Sigit (The Super Insurgent Group of Intemperance Talent), merupakan salah satu band indie yang mengusung genre rock’n roll dan garage rock. Band ini sudah mengundang perhatian publik Bandung khususnya sejak muncul pada tahun 2005. Band ini sempat menggelar konser di Australia dan Amerika Serikat.

7. Rocket Rockers

Rocket Rockers

Rocket Rockers | Foto : avianrinandhi.wordpress.com

Band ini mengusung melodic, yang menjadi sub-genre dalam musik Punk-Rock. Band ini berdiri pada tahun 1998 dan masih memakai nama Immorality President. Band ini memiliki label sendiri yang bernama Reach & Rich Records. Pada tahun 2006, band ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam film dokumenter punk yang berjudul “PUNK’S NOT DEAD THE MOVIE: A Revolution 30 Years In the Making” yang dibuat oleh Susan Dynner.

Itulah tujuh band indie terkenal dari Bandung yang masih eksis hingga saat ini. Aksi mereka di panggung selalu ditunggu oleh penggemar, terutama ketika diadakan di Kota Bandung dan sekitarnya.


One Response

  1. jaelani

Add Comment