Tiga Kampus Ini Bisa Dijadikan Wisata Bernilai Edukasi, Lho!

10 Likes Comment
Unpad Salah Satu Universitas Dengan Banyak Kampus

Rata-rata orang menghabiskan waktu berllibur dengan berwisata ke tempat-tempat yang seru dan mengasyikan, seperti wahana ataupun wisata alam. Namun ternyata tempat-tempat lain pun bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Untuk itu, kita bisa mencobanya untuk mendatangi kampus-kampus di Bandung sebagai wisata bernilai edukasi.

Kampus? Bukannya itu merupakan tempat untuk menimba ilmu? Ya, memang benar. Namun meskipun begitu banyak kampus yang memiliki nilai wisata dan Bandung memilikinya. Berikut ini ada tiga kampus yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata bernilai edukasi.

1. ITB

Siapa yang tidak mengetahui dengan kampus ini? ITB merupakan kampus terbaik di Bandung dan Indonesia. Banyak lulusannya yang telah menjadi orang penting di negeri ini, salah satunya adalah presiden pertama Indonesia, Soekarno. Meskipun ITB merupakan kawasan pendidikan, namun di sana mempunyai banyak sisi bernilai wisata yang bisa dikunjungi.

Kawasan kampus ITB yang terletak di Jalan Ganesha ini berada dalam area yang luas dan rindang dengan pepohonan. Selain itu, beberapa bangunannya juga mempunyai sisi yang menarik untuk dilihat.

Di sana dapat dilihat ada sebuah prasasti yang menandakan peresmian kampus ini. Tidak hanya itu, juga terdapat replika-replika yang berhubungan dengan pendidikan di kampus tersebut. ITB sendiri merupakan kampus dengan pendidikan teknik, jadi banyak fakultas yang mempunyai benda replika untuk dipajang di dekat fakultas tersebut. Sebut saja dengan tempat duduk unik yang terbuat dari semen di depan fakultas teknik arsitek.

2. UNPAD

UNPAD merupakan salah satu kampus negeri yang tergolong terbaik di negeri ini. Kampus ini mempunyai tiga cabang, yakni di Jatinangor, Dipatiukur, dan Dago. Dari ketiga lokasi tersebut, rasanya kampus UNPAD yang berada di Jatinangorlah yang bisa bisa dijadikan sebagai wisata bernilai edukasi.

Hal itu memang sangat beralasan karena di cabang itu, kampus UNPAD memiliki paling banyak fakultas. Selain itu, dengan adanya taman Arboretum sebagai taman botani yang bisa dijadikan titik terindah di kawasan kampus.

Juga masih ada gedung rektorat yang memiliki bangunan bundar nan unik. Dengan adanya bangunan tersebut, tentunya kawasan UNPAD memiliki sesuatu yang patut dibanggakan, selain kualitas pendidikannya.

3. UPI

Dahulu nama UPI masih dikenal dengan IKIP Bandung. Namun sejak tahun 1999 dengan adanya peraturan Keputusan Presiden No. 124 tahun 1999, nama UPI mulai digunakan untuk menggantikan nama IKIP.

UPI yang identik dengan kampusnya para guru ini ternyata memiliki beberapa sisi wisatanya. Satu yang paling kesohor adalah bangunan bernama Isola. Bangunan ini dahulunya merupakan sebuah vila milik Dominique Willem Berretty, seorang hartawan asal Belanda. Bangunan yang dibangun pada 1933 itu kini berfungsi sebagai gedung rektorat. Sentuhan Art Deco dari bangunan tersebut bisa menjadi sisi yang menarik untuk wisata bernilai edukasi.

Nah, itulah tiga kampus yang bisa dijadikan sebagai wisata bernilai edukasi. Selamat berlibur.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *