Little Venice Kota Bunga Cianjur, Tak Perlu Jauh-jauh ke Italia

17 Likes comments off
Little Venice Kota Bunga Cianjur

Little Venice Kota Bunga Cianjur seperti namanya merupakan objek wisata yang menyerupai Venice yang ada di Italia. Venesia, sebuah kota di Italia, dikenal dengan bangunan-bangunan eksotis yang mencerminkan karakter khas Eropa. Meski sudah berdiri sejak zaman dahulu, bangunan-bangunan kuno ini tetap tampak sangat kokoh, seolah-olah baru saja didirikan.

Tidak perlu pergi jauh-jauh ke Venesia, karena di Indonesia juga terdapat destinasi wisata yang menyerupai kota tersebut. Lokasinya berada di Kabupaten Cianjur dan dikenal dengan nama Little Venice.

Tempat wisata ini dinamakan Little Venice karena dibangun dengan konsep yang sangat mirip dengan kota aslinya. Segala sesuatu di kawasan ini didesain dengan detail untuk meniru Venesia. Menarik, bukan?

Alamat Lokasi Little Venice Kota Bunga

Lokasi tempat ini terletak di Jl. Hanjawar, Desa Pacet, Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Perlu diingat, daerah ini berada di Kabupaten Cipanas, bukan di Bogor. Beberapa mungkin mengira Cipanas hanya ada di Bogor, padahal tidak demikian.

Tempat ini berjarak sekitar 44 km dari pusat Kabupaten Cianjur, atau memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Bagi yang berangkat dari Jakarta, dapat memilih rute melalui Tol Jagorawi, kemudian melanjutkan perjalanan melalui Tol Gadog – Cisarua menuju arah Cianjur.

Setelah tiba di Puncak Pass, lanjutkan perjalanan lurus hingga melewati jembatan, kemudian di pertigaan akan terlihat papan penunjuk ke Taman Bunga Nusantara.

Belok ke kiri dan ikuti jalan tersebut sejauh kurang lebih 3 km. Ketika melihat gerbang masuk Kota Bunga, masuk melalui gerbang tersebut, lalu belok ke kiri dan lanjutkan perjalanan sekitar 1 km menuju lokasi.

Harga Tiket Masuk

Berbagai wahana dan aktivitas di Little Venice Kota Bunga Cianjur ini memiliki tarif yang bervariasi. Harga tiket masuk ditetapkan sebesar Rp 25.000, sementara tiket Fun seharga Rp 35.000.

Untuk menikmati gondola atau perahu, tarifnya adalah Rp 20.000 per orang dengan kapasitas maksimal 3 orang, sama seperti tarif untuk Kapal Mississippi.

Wahana perahu bebek kecil dikenakan biaya Rp 40.000 per orang untuk maksimal 4 orang, sedangkan perahu bebek besar seharga Rp 80.000 per orang untuk maksimal 8 orang.

Ada juga perahu bebek motor yang mematok tarif Rp 20.000 per orang dengan kapasitas maksimal 9 orang.

Sepeda air kecil dapat dinikmati dengan biaya Rp 20.000 per orang untuk maksimal 2 orang, sementara sepeda air besar seharga Rp 40.000 per orang untuk kapasitas 4 orang.

Bagi yang ingin bermain banana boat, tarifnya adalah Rp 25.000 per orang dengan maksimal 5 orang, dan perahu naga dikenakan biaya Rp 20.000 per orang untuk kapasitas maksimal 9 orang.

Selain itu, terdapat juga pilihan permainan lain seperti Battery Car dengan tarif Rp 15.000 per koin, Sniper dengan biaya Rp 15.000 untuk 40 butir peluru, dan permainan Brake the Plate, Rumah Midway, masing-masing seharga Rp 15.000 per token.

Untuk keperluan prewedding, harga sewanya mencapai Rp 1.500.000 untuk dua lokasi, dan untuk aktivitas shooting, tarifnya sebesar Rp 3.000.000 untuk dua lokasi.

Daya Tarik Wisata

Tentunya Little Venice Kota Bunga Cianjur memiliki daya tarik wisata yang khas. Untuk mengetahui beberapa diantaranya bisa simak ulasan berikut di bawah ini.

1. Spot Mendayung yang Sangat Mirip Dengan Kota Venice

Lokasi ini sangat ideal bagi sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta. Terutama dengan adanya spot mendayung perahu di sepanjang sungai sambil menikmati pemandangan bangunan-bangunan megah di sekitarnya. Rasanya seolah dunia hanya milik berdua.

2. Miniatur Kota-kota di Eropa

Di Little Venice, tidak hanya miniatur kota Venesia yang bisa dinikmati, tetapi juga beberapa miniatur kota lainnya dari Eropa dan Asia. Bahkan, miniatur Dufan juga hadir di tempat ini. Oleh karena itu, kawasan ini pernah dijuluki sebagai miniatur kota-kota dunia dengan suasana yang sangat mirip dengan aslinya.

3. Beragam Wahana

Di sini, tersedia berbagai wahana yang bisa dinikmati, seperti perahu, kapal, sepeda air, banana boat, gondola, perahu naga, buble ball, rubber boat, hingga kapal Mississippi.

Di antara semua wahana tersebut, gondola menjadi yang paling favorit. Dengan naik gondola, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Little Venice dari ketinggian yang memberikan sudut pandang yang menawan.

Nah demikianlah sedikit review Little Venice Kota Bunga Cianjur. Tempat ini berhasil meniru arsitektur dan bangunan megah khas negara lain. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke Italia jika di Indonesia sendiri sudah tersedia suasana yang serupa.

You might like