Liburan Seru di Banten, Kunjungi 8 Tempat Ini

Banten adalah provinsi yang dapat dikatakan memiliki perkembangan yang cukup maju, apalagi daerah ini merupakan sentra industri yang ada di Pulau Jawa. Namun, meskipun menjadi sentra industri, bukan berarti tidak ada tempat yang bisa dijadikan tempat wisata. Bahkan, Banten menjadi salah satu Kota yang dijadikan sebagai tujuan wisata oleh masyarakat yang ada di Jakarta dan Jawa Barat. Untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu libur akhir pekan atau libur panjang di Kota Banten, yuk kita kunjungi beberapa tempat berikut ini.

Wisata Pantai Tanjung Lesung

Sumber: anyar.info

Sumber: anyar.info

Banyak orang yang ingin datang ke Pantai Tanjung Lesung karena keindahan pantainya yang menakjubkan, serta pasir pantainya yang telrihat bersih dan putih sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Lokasinya memang cukup jauh, yakni 108 km dari Kota Jakarta. Namun, Anda tidak akan menyesal telah datang ke tempat ini.

Wisata lainnya: “Berburu Tempat Wisata di Tasikmalaya

Sumber: bandung.panduanwisata.id

Sumber: bandung.panduanwisata.id

Di Pantai Tanjung Lesung ini Anda dapat bermain pasir, diving, olahraga air, memancing, dan tentu saja menginap. Namun, sebaiknya Anda tidak datang ke sini pada saat musim hujan karena ombaknya cukup besar di musim tersebut.

Gunung Krakatau

Sumber: humaspdg.wordpress.com

Sumber: humaspdg.wordpress.com

Tujuan wisata berikutnya yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal adalah Gunung Krakatau. Jika Anda termasuk orang yang senang mendaki gunung, Gunung Krakatau merupakan destinasi wisata yang pas untuk menghabiskan akhir pekan dengan sangat menyenangkan. Selain menikmati alamnya, Anda juga dapat bertanya-tanya pada masyarakat sekitar tentang sejarahnya yang cukup panjang, serta bagaimana gunung tersebut pernah meletus dan mengakibatkan bencana alam yang cukup mencengangkan pada masa itu. Efek letusannya tidak hanya mengguncang Indonesia, tapi juga mancanegara.

Wisata yang murah lainnya: “One Day Trip 4 Lokasi Wisata Murah di Bandung Barat

Kampung Adat Baduy

Sumber: kebudayaanindonesia.net

Sumber: kebudayaanindonesia.net

Anda yang senang melakukan perjalanan budaya sangat cocok untuk datang ke Kampung Adat Suku Baduy ini. Mungkin nama Suku Baduy sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun, belum lengkap rasanya kalau Anda tidak datang langsung ke kampung adat yang satu ini dan berbincang-bincang dnegan masyarakat adat di sana mengenai sejarah dan kebudayaan masyarakat tersebut.

Sumber: pegipegi.com

Sumber: pegipegi.com

Di Desa ini, terdapat delapan ribu jiwa yang menjadi masyarakatnya, baik Baduy Dalam maupun Baduy Luar. Keduanya memiliki prinsip hidup yang hampir sama. Hanya saja, Suku Baduy Dalam sama sekali tidak menerima intervensi peradaban dan modernitas seperti halnya Suku Baduy Luar.

Wisata seru lainnya: “9 Tempat Wisata di Sukabumi yang Membuat Liburan Semakin Menyenangkan

Wisata Pantai Sawarna

Sumber: anekatempatwisata.com

Sumber: anekatempatwisata.com

Selain Pantai Tanjung Lesung, pantai lain di Banten yang digadang-gadang sebagai pantai menakjubkan adalah Pantai Sawarna. Pantai yang satu ini dikenal karena masih alami dan belum tercemar dengan lingkungan kota sehingga Anda masih dapat melihat airnya yang bening dengan pasirnya yang putih. Lokasinya terletak kurang lebih 150 km dari Rangkasbitung, Banten. Olahraga yang paling sering dilakukan di sini adalah selancar.

Pulau Umang

Sumber: infotujuanwisata.com

Sumber: infotujuanwisata.com

Pulau yang satu ini dikenal sebagai pulau kecil yang membuat Anda tenang dan nyaman berlibur tanpa gangguan. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Tanjung Lesung. Pulau ini mempunyai luas sebesar 5 Hektar dengan banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati berupa penginapan, kolam renang, tempat karaoke, sarana olahraga, permainan air, dan lain-lain.

Sungai Ciberang

Sumber: inspirasimuda.com

Sumber: inspirasimuda.com

Nah, buat Anda yang senang bermain arung jeram, jangan lewatkan liburan di Sungai Ciberang Banten karena kondisi pegunungannya masih sangat asri dan hijau sehingga perjalanan menuju akses arung jeram akan terasa sangat menyenangkan. Sungai di pegunungan ini juga sangat deras saat musim hujan. Namun saat musim hujan, air sungainya akan menjadi kering sehingga Anda harus terlebih dahulu melakukan survei atau setidaknya memiliki koneksi terhadap penjaga sungai atau wilayah Sungai Ciberang ini untuk mengetahui kondisi sungainya. Untuk mencapai wilayah arung jeram ini, Anda perlu melalui jalan berliku sehingga jangan lupa sarapan dan membawa bekal saat ke sini.

Masjid Agung Banten

Sumber: warasfarm.wordpress.com

Sumber: warasfarm.wordpress.com

Wisata religi juga menjadi salah satu pilihan perjalanan wisata yang tidak bisa dilewatkan. Untuk melakukan perjalanan religi ini, Anda hanya perlu datang dan berkunjung ke Masjid Agung Banten yang didirikans ejak tahun 1569 sebagai masjid dengan bangunan bergaya Hindu, Cina, Jawa, dan Eropa yang diakulturasikan.

Wisata religi di masjid lainnya: “Masjid Agung Al-Ukhuwwah – Tempat Ibadah Megah dan Mewah Di Bandung

Sumber: skyscrapercity.com

Sumber: skyscrapercity.com

Bukan hanya masjid, Anda juga dapat menemukan beberapa peninggalan bersejarah Kerajaan Islam yang pernah ada di Banten, seperti makam tokoh pejuang kerajaan dan penyebaran Islam di Banten.

Pulau Burung

Sumber: jayanjayan.com

Sumber: jayanjayan.com

Tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah Pulau Burung, yakni pulau yang memiliki cagar alam seluas 30 hektar dengan banyak rumah dan jenis burung di dalamnya. Untuk dapat melihat berbagai macam burung, Anda harus berkunjung pada Bulan April karena burung-burung yang bermigrasi tersebut akan terbang ke tempat asalnya.