Sepuluh Tempat Wajib Kunjung di Cirebon

Cirebon memang terkenal dengan batik Mega Mendungnya. Tapi, bukan berarti di Kota ini Anda tidak dapat menemukan tempat wisata menarik seperti halnya kota lainnya. Berikut ini adalah sepuluh tempat wajib kunjung saat Anda pergi ke Kota Cirebon.

Wanawisata Ciwaringin

Sumber: cireboninternet.com

Sumber: cireboninternet.com

Tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Ciwaringin. Anda bisa menikmati pemandangan wanawisata sambil berjalan kaki dan berfoto-foto di wilayah yang penuh dengan pepohonan rindang dan kayu putih. Tempat ini biasanya dikunjungi pada hari Minggu dan banyak dari pengunjung yang sengaja datang untuk memancing serta mengunjungi Danau Ciranca yang ada di dalamnya. Ikan yang sudah dipancing boleh dibawa ke rumah sebagai oleh-oleh. Selain itu, ada juga arena motor cross untuk Anda yang senang balap motor.

Wisata di Cirebon lainnya: “Mau Liburan? 10 Tempat Wisata Di Cirebon ini Bisa Menjadi Referensi Anda!

Desa Cikahalang

Sumber: pegipegi.com

Sumber: pegipegi.com

Desa wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang senang memancing dan berwisata kuliner. Tempat ini juga sangat pas untuk dijadikan destinasi liburan keluarga. Kuliner yang dapat dinikmati bersama keluarga adalah rumah makan dengan menu ikan bakar yang ikannya bisa Anda pancing sendiri di kolam yang sudah disediakan. Hal inilah yang membuat Desa Cikahalang banyak dikunjungi oleh para pecinta ikan segar. Desa Wisata ini terletak di Kecamatan Dukupuntang.

Situ Sedong

Sumber: kurniawaniadi.blogspot.com

Sumber: kurniawaniadi.blogspot.com

Situ Sedang adalah waduk buatan yang dijadikan sebagai tempat wisata Cirebon, Kecamatan Sedong. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan dan melakukan permainan bebek air bersama keluarga dan pasangan. Anda bisa mengunjungi Situ Sedong ini pada sore hari agar suasananya lebih nyaman.

WIsata edukasi lainnya: “Menjelajah Kawasan Satwa-satwa Liar Di Taman Safari Bogor Jawa Barat

Taman Ade Ima Suryani Nasution

Sumber: anekatempatwisata.com

Sumber: anekatempatwisata.com

Taman yang satu ini merupakan taman rekreasi terbesar yang terdapat di Kota Cirebon. Pada awalnya, taman ini dinamakan Traffic Garden Cirebon dan menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Namun pada tahun 1966, taman tersebut dinamakan Taman Ade Irma Nasution. Taman yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena terdapat tempat bermain anak dan kebun mini yang cocok untuk anak-anak. Lokasi taman ini berdekatan dengan Pelabuhan Cirebon sehingga datang ke sini dapat sekaligus menikmati keindahan pantai. Bukan hanya itu, di sini juga terdapat pertunjukan musik dan seni yang rutin setiap hari Minggu dan hari libur nasional.

Keraton Kasepuhan

Sumber: anekatempatwisata.com

Sumber: anekatempatwisata.com

Keraton Kasepuhan adalah keraton kesultanan pertama di Cirebon yang dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II pada tahun 1529. Selain itu, keraton ini juga memiliki arsitektur yang mewah dan terawat dengan baik dengan bangunan yang dikelilingi bata merah. Bnagunan utamanya berwarna putih dengan singgasana Sultan dan ruang tidur di dalamnya. Anda yang senang dengan wisata sejarah sangat cocok untuk datang ke sini karena terdapat benda-benda pusaka milik Sultan dan juga terdapat kereta Singa yang hanya dikeluarkan pada tanggal 1 Syawal Hijriyah. Benda-benda tersebut biasanya dimandikan dan disaksikan oleh para pengunjung.

Keraton Kanoman

Sumber: pejalansore.com

Sumber: pejalansore.com

Selain Keraton Kasepuhan, para pecinta wisata sejarah juga bisa mengunjungi Keraton Kanoman yang hanya berjarak 600 meter dari Keraton Kasepuhan. Keraton ini dibangun pada tahun 1588 oleh Sultan Badaruddin akibat perselisihan warisan. Untuk dapat mengunjungi Keraton Kanoman ini, Anda juga bisa sekalian lewat Pasar Tradisional yang menyediakan berbagai suvenir khas Kota Cirebon. Selain itu, di sini juga terdapat museum peninggalan sejarah dan barang-barang antik Eropa sebagai koleksi Sultan. Sampai saat ini, Keraton Kanoman ini masih menjadi tempat tinggal Raja Muhammad Emiruddin dan keluarganya selaku keturunan ke-12 Kesultanan.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Sumber: kompasiana.com

Sumber: kompasiana.com

Tidak jauh dari Keraton Kasepuhan dan Kanoman, terdapat Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang juga merupakan tempat ramai kunjung di Kota Cirebon. Di depan halaman masjid terdapat sumber air zam-zam yang dipercaya dapat menyembuhakn banyak penyakit jika digunakan sebagai air minum atau dicucikan ke wajah. Hal yang menarik dari Masjid Agung Cipta Rasa ini adalah pintu masuknya yang dibuat pendek sehingga setiap orang yang masuk harus membungkukkan tubuhnya. Secara filosofis, pintu tersebut dibuat demikian sebagai lambang penghormatan dan kesopanan saat memasuki rumah ibadah.

Masjid bersejarah lainnya: “Masjid Tionghoa – Masjid Bergaya Tionghoa di Bandung

Taman Sari Gua Sunyaragi

Sumber: pubinfo.id

Sumber: pubinfo.id

Sunyaragi merupakan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta, yakni “sunya” yang berarti sepi dan “ragi” yang berarti raga. Tempat ini pada awalnya digunakan oleh pihak raja dan keluarga sebagai tempat untuk mencari ketenangan. Di Taman ini terdapat dua bangunan, yakni pesanggrahan dengan ruang tidur dan ruang rias di dalamnya dan gua yang terlihat seperti candi dengan bagian dalam menyerupai gua berlorong banyak serupa labirin. Di sekitar taman juga terdapat banyak pohon rindang dengan saung-saung kecil yang menjual makanan dan suvenir khas Kota Cirebon.

Banyu Panas Palimanan

Sumber: obyekwisata.info

Sumber: obyekwisata.info

Tidak hanya pada hari libur, Banyu Panas Palimanan ini merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi di hari-hari biasa. Tempat ini terletak di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon yang berjarak tidak jauh dari pusat Kota Cirebon. Anda bisa menempuh perjalanan selama 25 sampai 30 menit untuk sampai ke tempat ini. Tempat ini banyak dikunjungi karena asumber air panasnya yang alami mengandung belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Kampung Batik Trusmi

Sumber: ebatiktrusmi.co.id

Sumber: ebatiktrusmi.co.id

Setelah berlibur di berbagai tempat wisata, Anda bisa mengunjungi Kampung Trusmi untuk berburu kain batik khas Cirebon. Kampung Batik ini terletak di Kecamatan Plered, Cirebon. Di sini terdapat banyak butik dengan batik yang bisa dibeli eceran maupun grosiran. Harga yang ditawarkan pun relatif lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan di pusat perbelanjaan.

Surga pakaian ada di: “Tempat Belanja Pakaian di Bandung – Surganya Pecinta Belanja

Jadi, jangan lupa kunjungi sepuluh tempat wisata ini saat Anda berkunjung ke Kota Cirebon, ya!