Berburu Tempat Wisata di Tasikmalaya

Tasikmalaya memang identik dengan nuansa tradisional Jawa Barat. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa Tasikmalaya tidak memiliki daya tarik sebagai tempat destinasi wisata. Siapa bilang? Anda justru bisa berburu tempat wisata di Tasikmalaya dengan mengunjungi tempat-tempat berikut ini.

Pemandian Air Panas Ciawi

Sumber: jalurmudik.com

Sumber: jalurmudik.com

Pemandian Air Panas Ciawi ini terletak di daerah pertigaan Nagreg. Tempat ini menjadi alternatif wisata yang bisa dikunjungi saat Anda melakukan perjalanan menuju Tasikmalaya atau Garut melalui jalur Nagreg. Di kolam ini terdapat dua kolam, yakni kolam air panas dan kolam air dingin. Kalau lapar setelah berendam, Anda tidak perlu khawatir karena di wilayah ini terdapat restoran yang bisa membuat perut kenyang tanpa menguras kantong.

Gunung Galunggung

gunung galunggung

Gunung Galunggung merupakan gunung yang sangat terkenal di Tasikmalaya karena secara historis, gunung ini meletus pada tahun 1980-an dan menyisakan kawah yang kemudian menjadi destinasi wisata dan historis. Selain terdapat kawah panas, di sini juga terdapat pemandian air panas.

Wisata yang murah: “Sepuluh Objek Wisata Murah Meriah di Cianjur

Pantai Cipatujah

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id

Di Tasikmalaya juga terdapat satu pantai yang sangat eksotis, yakni Pantai Cipatujah. Untuk dapat sampai ke pantai yang satu ini, Anda harus melewati Kawalu, Surakarta, Cibalong, dan Karang Nunggal. Kawasan Pantai Cipatujah ini letaknya sangat berdekatan dengan Pantai Sindangkerta, Pamayang, Batu Pacakop, dan Batu Karas.

Kampung Naga

Sumber: http://anekatempatwisata.com/

Sumber: http://anekatempatwisata.com/

Nah, jika Anda termasuk orang yang senang dengan wisata budaya dan historis, maka salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib dikunjungi adalah Kampung Naga. Kampung yang masih memberlakukan hukum adat dengan wilayah yang secara menyeluruh masih bersifat tradisional ini akan membuat Anda merasa betah berlama-lama tinggal di sana.

Wisata di daerah lainnya: “Ragam Tempat Wisata Di Sukabumi yang Legit Seperti Moci

Situ Gede

Sumber: rikiridwana.blogspot.com

Sumber: rikiridwana.blogspot.com

Situ Gede merupakan danau besar yang memiliki luas 47 hektar dan merupakan salah satu ikon destinasi wisata Tasikmalaya, seperti halnya Situ Gunung di Sukabumi. Berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati jika ke sini antara lain adalah jogging track, wahana bermain, tempat memancing, dan perahu air. Di sini juga Anda bisa memesan tempat untuk melakukan acara keluarga maupun gathering perusahaan.

Masjid Agung Manonjaya

Sumber: www.skyscrapercity.com

Sumber: www.skyscrapercity.com

Di Tasikmalaya terdapat sebuah Masjid Agung Manonjaya yang dianggap sebagai ikon sejarah dan peradaban Tasikmalaya. Masjid ini dibangun sejak tahun 1832 saat Kerajaan Sukapura masih dipegang oleh Raden Tumenggung Danuningrat. Masjid ini dianggap pula sebagai awal mula berdirinya Tasikmalaya.

Teejay Waterpark

Sumber: pipiknikan.blogspot.com

Sumber: pipiknikan.blogspot.com

Waterpark tidak hanya ada di kota-kota besar saja. Tasikmalaya juga punya waterpark Teejay tempat liburan keluarga menjadi lebih menarik. Namun, Anda sebaiknya tidak datang di hari-hari besar karena akan sangat banyak pengunjung yang datang sehingga Anda akan kesulitan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan dalam keadaan ramai. Fasilitas yang ada di tempat ini antara lain adalah kolam ombak, kolam arus, gazebo, tube slider, dan tempat makan.

Taman Mangkubumi Indah

Sumber: oldsunday.blogspot.com

Sumber: oldsunday.blogspot.com

Berbeda dengan waterpark Teejay, wahana air Taman Mangkubumi Indah ini terkesan lebih natural sehingga Anda bisa merasakan kenyamanan bermain air dengan nuansa perbukitan di sekitarnya. Fasilitas yang bisa Anda nikmati di Taman Mangkubumi Indah ini antara lain adalah hotel, flying fox, sepeda air, gazebo, dan gedung khusus untuk acara meeting maupun gathering.

Water Splash Indihiang

Sumber: watersplashpark.wordpress.com

Sumber: watersplashpark.wordpress.com

Tidak hanya satu tempat saja yang menyediakan wahana air di Tasikmalaya, ada juga Water Splash Indihiang yang bisa Anda kunjungi di daerah Jalan Brigjen Wasita Kusuma, Indihiang. Waterpark yang sudah ada sejak tahun 2009 ini memiliki berbagai macam fasilitas seperti kolam arus, kolam khusus balita, whirl pool, gazebo, wahana flying fox, trampolin, ember tumpah, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memainkan ATV dan point ball di sana.

Water boom seru di: “Waterboom Sabda Alam Garut – Waterboom Air Panas yang Seru dan Menyenangkan

Waterboom Maarif Garden

Sumber: oldsunday.blogspot.com

Sumber: oldsunday.blogspot.com

Satu lagi wahana bermain air yang terdapat di Tasikmalaya, yakni Waterboom Maarif Garden yang berdiri sejak tahun 2008. Tempat wisata bermain yang satu ini menyediakan berbagai macam fasilitas seperti halnya waterpark lain yang sudah disebutkan di atas. Namun, ada tambahan lainnya seperti fasilitas becak mini, terapi ikan atau fish spa, dan beberapa stand kuliner khas Tasikmalaya.

Wisata air lainnya: “Wisata Hutan Dan Air Hangat di Keheningan Punceling Bandung