9 Tempat Wisata di Sukabumi yang Membuat Liburan Semakin Menyenangkan

Menghabiskan akhir pekan tentu menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi jika Anda termasuk tipe karyawan yang sehari-hari berkutat dengan rutinitas pekerjaan. Nah, bagi Anda yang tinggal di Bandung dan Jakarta sepertinya bisa memilih Sukabumi sebagai tempat berlibur di akhir pekan. Lantas, tempat apa saja yang wajib Anda tuju sesampainya di Sukabumi? Ini dia pilihan tempat wisata yang dapat membuat liburan akhir pekan Anda jadi lebih menyenangkan.

Pantai Cibangban

Sumber: jelajahsukabumi.com

Sumber: jelajahsukabumi.com

Pantai yang satu ini terletak sepuluh kilometer dari Pelabuhan Ratu dengan jalur yang dapat diambil melalui Cisolok. Dari Pelabuhan Ratu, Anda hanya perlu satu jam untuk sampai ke tempat ini. Karakteristik ombak yang lebih tenang dibandingkan dengan Pelabuhan Ratu membuat suasana liburan di pantai jadi lebih menenangkan. Untuk tempat penginapan, Anda bisa menemukan beberapa cottage di sana.

Surga yang tersembunyi: “7 “Hidden Paradise” di Pantai Sawarna Banten dan Sensasi Jembatan Gantungnya

Sungai Citarik

Sumber: lokasi.nyarinyari.com

Sumber: lokasi.nyarinyari.com

Bagi Anda pecinta wisata arung jeram, flying fox, paint ball, team building, dan permainan jenis tersebut, maka jangan lewatkan liburan di Sukabumi tanpa mengunjungi Sungai Citarik. Di sini, biasanya digunakan pula sebagai tempat gathering beberapa perusahaan asal Bogor, Bandung, dan Jakarta.

Goa Buniayu

goa buniayu

Anda yang senang dengan kegiatan caving atau menelusuri goa, bisa juga datang ke Goa Buniayu yang merupakan goa besar dan dalam dengan waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar lima jam. Namun, jangan lupa untuk mempersiapkan stamina karena saat menelusuri goa, Anda akan dihadapkan pada medan yang tidak terduga.

 

Pantai Ujung Genteng

Sumber: lokasi.nyarinyari.com

Sumber: lokasi.nyarinyari.com

Pantai yang satu ini menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Sukabumi. Banyak yang ingin menikmati pantai dengan penangkaran penyu hijau yang satu ini karena suasana alamnya yang masih asri dan membuat hati serta pikiran menjadi tenang. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Jakarta adalah sebanyak 220 kilometer. Cukup jauh, ya? Tapi, Anda akan mendapatkan kemewahan dan kepuasan saat berada di pantai ini.

Pantai Cimaja

Sumber: indonesiakaya.com

Sumber: indonesiakaya.com

Pantai yang satu ini biasanya banyak dikunjungi pada saat akhir tahun. Pantai ini terletak di Desa Cimaja, yakni sekitar sepuluh kilometer dari arah Pelabuhan Ratu. Anda yang senang dengan olahraga selancar akan sangat menikmati ombak di laut ini.

Pantai yang indah lainnya: “Tanjung Lesung Banten – Pantai Di Banten Bernuansa Bali

Taman Rekreasi Selabintana

Sumber: hotelselabintana.com

Sumber: hotelselabintana.com

Taman rekreasi yang satu ini cukup besar. Berada dekat dengan kaki Gunung Pangrango membuat Anda bisa melihat Gunung tersebut dari arah dekat. Berbagai macam fasilitas wisata keluarga bisa Anda temukan di tempat rekreasi yang satu ini, mulai dari tempat makan, kolam renang, tempat berkemah, aneka permainan, sampai tempat piknik.

Situ Gunung

Sumber: anekatempatwisata.com

Sumber: anekatempatwisata.com

Tempat wisata yang satu ini berada di Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Masih berada dekat dengan Taman Rekreasi Selabintana dengan keindahan danau yang membuat Anda betah berlama-lama di sana. Di sini juga merupakan lokasi yang sering dipergunakan untuk gathering, foto prewedding, latihan kepemimpinan, dan lain sebagainya. Selain itu, banyak juga para fotografer yang sengaja datang ke Situ Gunung untuk mendapatkan pemandangan yang indah.

Kampung Adat Ciptagelar

Sumber: disparbudporakabsukabumi.co.id

Sumber: disparbudporakabsukabumi.co.id

Kampung yang satu ini terletak di Kecamatan Cisolok. Kampung adat ini memiliki usia sekitar 650 tahun dengan adat yang secara turun temurun masih berlanjut hingga saat ini. Sama halnya seperti adat Baduy yang terdapat di Banten, Kampung Ciptagelar juga penuh dengan aturan kebudayaan yang tidak boleh dilanggar oleh masyarakatnya sehingga dengan mengunjungi kampung adat ini, maka Anda tidak akan kehabisan cerita dan pengalaman menakjubkan.

Wisata lainnya di Sukabumi: “Bukti GeoPark Ciletuh Sukabumi Layak Dijadikan Tempat Wisata Alam Number One!

Kawah Ratu

Sumber: ekowisata.org

Sumber: ekowisata.org

Kawah Ratu merupakan salah satu tempat wisata yang berada di lereng Gunung Salak. Kawah ini masih dinyatakan aktif dan mengeluarkan uap panas sehingga sering dikunjungi oleh para pecinta alam. Namun, untuk mencapainya, Anda perlu melewati jalan setapak selama tiga jam. Oleh sebab itu, para pendaki pemula sebaiknya tidak melakukan pendakian pada malam hari agar keselamatan tetap terjaga.

Nah, dari semua destinasi wisata alam Sukabumi di atas, mana yang paling ingin Anda kunjungi?