One Day Trip 4 Lokasi Wisata Murah di Bandung Barat

Jalan-jalan tidak selalu harus jauh dengan biaya yang mahal, lho. Sekarang ini, beberapa wisata alam justru banyak dikunjungi karena selain dekat dengan domisili, biaya yang diperlukan juga tidak terbilang mahal. Bagi Anda yang tinggal di wilayah Bandung Barat, liburan murah dan menyenangkan bisa juga didapat dengan mengunjungi tempat-tempat berikut ini.

Kawasan Objek Wisata Stone Garden

Sumber: instagram @fairyandfunny

Sumber: instagram @fairyandfunny

Kawasan wisata Stone Garden terletak di Puncak Gunung Pawon, tepatnya di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Berjarak sekitar 5 kilometer dari pintu keluar tol Padalarang, Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke tujuan wisata. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan beroda empat, dapat keluar dari Tol Padalarang menuju arah Cianjur dengan melewati Pasar Padalarang, Ciburuy, dan Cipatat untuk kemudian dilanjutkan ke arah Desa Gunung Masigit.

Wisata lainnya di Bandung Barat: “BALITSA Lembang – Tempat Wisata Alam di Bandung Barat yang Menyenangkan dan Menambah Wawasan

Kawasan wisata Stone Garden sendiri merupakan gunung kapur yang menjadi peninggalan sejarah berupa situs purbakala Danau Purba Bandung yang mengering sampai akhirnya menjadi daratan. Dulunya, Kawasan Stone Garden ini dikenal dengan sebutan Pasir Pawon. Hal ini disebabkan oleh letaknya yang tepat berada di atas puncak Gunung Pawon.

Di kawasan seluas 2 hektar ini banyak ditemukan batuan andesit dan marmer. Kawasan yang berada di ketinggian 709 di atas permukaan air laut ini menawarkan keindahan alam yang eksotis, batuan dan rerumputan yang memanjakan mata para wisatawan, serta keindahan matahari tenggelam yang bisa dinikmati dengan mata telanjang pada sore hari.

Untuk dapat menikmati keindahan objek wisata Stone Garden ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar empat ribu rupiah karena kawasan ini dikelola oleh masyarakat setempat. Arsitektur alam yang indah di sini bisa membuat para pecinta fotografi menjadikannya sebagai objek fotografi. Selain itu, Stone Garden juga dapat dijadikan alternatif destinasi liburan keluarga sekaligus memberi pengetahuan kepada anak mengenai jenis bebatuan yang ada di sana serta sejarah Danau Purba.

Kawasan Objek Wisata Situs Guha Pawon

Situs Guha Pawon

Sumber: www.gendhiss.com

Tidak jauh dari objek wisata Stone Garden, terdapat pula objek wisata Guha Pawon yang bisa Anda kunjungi dalam waktu yang bersamaan. Setelah melihat bagaimana keindahan alam dengan hamparan batu di Stone Garden, kini saatnya Anda dan keluarga untuk bertualang memasuki gua-gua yang ada di Guha Pawon. Kawasan wisata ini terletak di bawah objek wisata Stone Garden. Anda bisa melewatinya dengan kendaraan, keluar terlebih dahulu ke jalan utama lalu melanjutkan perjalanan ke arah Cinajur dan hanya dengan waktu 10 menit saja bisa sampai di kawasan wisata Guha Pawon.

Sama seperti halnya Stone Garden, di kawasan ini pemandangan batuan akan menjadi topik utama dalam perjalanan wisata Anda. Yang membedakannya adalah di lokasi wisata Guha Pawon ini terdapat sebuah situs bersejarah yang berkaitan dengan legenda Sangkuriang. Di tempat ini, Anda bisa menemukan fosil manusia yang oleh masyarakat setempat dipercaya sebagai fosil Dayang Sumbi. Tempat fosil tersebut dipercaya sebagai dapur Dayang Sumbi.

Selain ditemukannya fosil manusia, terdapat pula beberapa artefak memasak yang ada di sana. Meskipun tidak seluas Stone Garden, namun Anda bisa menikmati wisata dengan memasuki beberapa gua yang ada di Guha Pawon ini dan masuk ke celah-celah bebatuan dengan pemandangan berupa banyaknya kelelawar yang tinggal di gua-gua tersebut. Harga tiket yang harus Anda bayar hanya sebesar lima ribu rupiah saja.

Kawasan Objek Wisata Situ Ciburuy

Sumber: instagram @fairyandfunny

Sumber: instagram @fairyandfunny

Situ Ciburuy merupakan danau yang berada di Padalarang, tepatnya di Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Lokasi wisata yang tidak jauh dari jalan raya tersebut menawarkan kegiatan air di tengah kota. Dari mulai bermain perahu bebek sampai dengan perahu biasa. Wisatawan dapat menikmati keindahan danau dengan udara Bandung yang relatif dingin. Di lokasi ini, wisatawan dapat mengunjungi pulau yang ada di tengah-tengah situ. Di pulau tersebut terdapat rumah makan yang menawarkan menu ayam bakar dan ayam goreng yang ayamnya harus ditangkap terlebih dahulu oleh pembeli. Jika pembeli berhasil menangkap ayam tersebut, barulah pihak rumah makan mengolahnya menjadi hidangan yang lezat.

Wisata air lainnya: “Ini Dia Beberapa Objek Wisata Air Terjun Di Bandung

Untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini, Anda hanya perlu waktu sedikit karena letaknya yang cukup strategis dan mudah untuk ditempuh membuat Situ Ciburuy menjadi salah satu destinasi wisata akhir pekan bagi masyarakat Bandung Barat. Objek wisata ini juga dulunya merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di era tahun 80 dan 90-an.

Kawasan Objek Wisata Tebing Citatah 125

Tebing Citatah

Sumber: instagram @fairyandfunny

Banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan tebing yang berada di pinggir Jalan Raya Padalarang tersebut. Tebing tersebut berada setelah Situ Ciburuy sebelah kiri bila akan menuju Cianjur. Wisata Tebing Citatah ini menawarkan kegiatan wisata yang memacu adrenalin dengan kegiatan yang ditawarkan berupa olahraga panjat tebing. Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dari puncak tebing, pemandangan Danau Purba Bandung tempo dulu, dan pemandangan seru lainnya.

Kuliner Bandung Barat di: “Wajit Cililin Bandung – Si Manis Legit dari Bandung Barat

Bagi Anda yang senang dengan kegiatan fotografi juga bisa mendapatkan banyak objek fotografi yang menarik di sini. Mulai dari tebing-tebing yang curam, matahari yang timbul dan tenggelam, serta wilayah Danau Purba yang tampak luas dari atas Tebing Citatah.

Jadi, bagi Anda yang sedang ingin berlibur di akhir pekan tanpa harus merogoh kocek yang banyak, tinggal kunjungi saja keempat objek wisata ini dalam satu hari dan nikmati keindahan alam dan suasana khas Bandung Barat di tempat-tempat tersebut. Selamat menikmati!