5 Tempat Wisata Di Jawa Barat ini Bisa Bikin Eksis Seperti Taman Bunga Amarillys

Jawa Barat

Jawa Barat | Foto : corongnews. com

Beberapa waktu lalu, netizen diramaikan dengan keindahan taman bunga Amarillys di Jogjakarta yang rusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Bunga yang hanya tumbuh setahun sekali ini dirusak oleh orang-orang “kekinian” yang ingin eksis di dunia maya. Tentu hal tersebut sangatlah disayangkan. Mengingat, keindahan alam yang seharusnya kita jaga, bisa begitu mudah dirusak dengan alasan yang “tidak penting”.

Terlepas dari hal tersebut, taman bunga Amarillys di Jogjakarta bukan hanya satu-satunya tempat wisata yang ada di Indonesia. Banyak tempat wisata di Bandung, Jawa Barat, dari Sabang sampai Merauke yang juga harus dijaga keasriannya. Jangan sampai hanya karena alasan ingin eksis di dunia maya dan menunjukkan bahwa tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah dengan luar negeri bisa dirusak dengan mudah begitu saja.

Wisata Di Jawa Barat

Wisata Di Jawa Barat | Foto: baraya-pasundan. blogspot. com

Sebut saja tempat wisata di Jawa Barat. Ada beribu-ribu tempat wisata yang indah yang tentunya sangat sayang dilewatkan. Bahkan, banyak tempat wisata di Jawa Barat yang mirip dengan tempat wisata terkenal di dunia. Apa saja itu? Berikut uraian selengkapnya;

1. Cukang Taneuh, Grand Canyon-nya Jawa Barat

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh | Foto : www. disparbud. jabarprov. go. id

Siapa yang tidak tahu dengan Grand Canyon? Tempat wisata andalan Amerika serikat ini ternyata memiliki duplikasinya di Jawa Barat. Tempat wisata berupa lembah berbatu dengan fromasi tebing unik seperti lego berwarna ini ternyata ada juga di kawasan Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Pangandaran ada duplikasi Grand Canyon Amerika bernama Cukang Taneuh. Grand Canyon-nya Jawa Barat ini memiliki pemandangan alam layaknya Grand Canyon asli lho!

Green Canyon Ciamis

Grand Canyon Jawa Barat | Foto : anekatempatwisata. com

Grand Canyon yang berupa tebing, sungai, dan formasi tebing batu yang cantik ini juga tersedia di Cukang Taneuh Jabar. Bedanya hanya sedikit, jika di Amerika sana Grand Canyon-nya sedikit kering. Justru di Grand Canyon Jabar alias Cukang Taneuh ini tebing-tebing bebatuannya hijau lengkap dengan air sungainya yang jernih, bersih, dan dingin. Tentu, lebih menarik Cukan Taneuh, bukan?

2. Bukit Tunggul di Film Alice in Wonderland

Dunia Taman Alice Wonderland ala Bukit Tunggul

Dunia Taman Alice Wonderland ala Bukit Tunggul | Foto : ridwanderful. wordpress. com

Semua pasti tahu dilm Alice in Wonderland bukan? Film keluaran Walt Disney Pictures ini menyuguhkan film dengan latar tempat yang indah dan menyenangkan. Tidak disangka, ternyata tempat yang digambarkan di film Alice in Wonderland ini ada juga di Bandung, tepatnya di Bandung Timur.

Situ Sangkuriang Di Bukit Tunggul

Situ Sangkuriang Di Bukit Tunggul | Foto : www. kaskus. co. id

Tempat yang mirip dengan latar film Alice in Wonderland ini bernama lengkap WIsata Kebun Kina Bukit Tunggul, atau yang biasa disebut dengan Bukit Tunggul. Sesuai namanya, tempat ini memiliki banyak pohon kina dan juga tidak jauh dari tempat wisatanya terdapat sebuah pabrik pengolahan kina.

Bukit Tunggul

Bukit Tunggul | Foto : tjuputography. blogspot. com

Jika diperhatikan, keindahan Bukit Tunggul ini mirip dengan dunia ajaib yang terdapat dalam film Alice in Wonderland. Dunia ajaib yang ditemukan oleh Alice sebagai tokoh utama di film ini digambarkan sebagai alam yang indah, kaya akan bunga warna-warni, bunga-bunga kecil dipinggir sungai yang hijau kebiruan lengkap dengan airnya yang jernih. Semua keindahan alam tersebut kemudian dikelilingi oleh pepohonan hijau nan menyejukkan mata.

Tidak percaya? Segera kunjungi tempat wisata yang satu ini. Lokasi tepatnya di belakang Maribaya, percis di dalam PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII).

3. GeoPark Ciletuh Sukabumi yang Menawarkan Wisata All in One

Kawasan GeoPark Ciletuh Sukabumi

Kawasan GeoPark Ciletuh Sukabumi | Foto : ivacanza. co

GeoPark Ciletuh Sukabumi merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang saat ini tengah menjadi satu perbincangan hangat dikalangan wisatawan pecinta alam dan wisata. Pasalnya, GeoPark Ciletuh Sukabumi ini menyajikan wisata alam yang amat sangat menarik perhatian. Bagaimana tidak, dalam satu kawasan,  yaitu kawasan GeoPark Ciletuh ini terdapat banyak tempat wisata alam yang mengasyikan.

GeoPark Ciletuh Sukabumi

GeoPark Ciletuh Sukabumi | Foto : ciletuh. com

Mulai dari offroad, beberapa curug yang berada dalam satu kawasan, pantai, laut, tebing, hingga tempat ketinggian yang bisa memberikan gambaran akan maha karya Tuhan di bumi pertiwi ini. Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi sekaligus dalam kawasan GeoPark Ciletuh ini di antaranya adalah Curug Sodong, Pantai Palangpang, Curug Cimarinju, Puncak Darma, Panenjoan, dan Curug Awang.

4. Tanjung Lesung Banten Rasa Bali

Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung | Foto : tanjunglesungvilla. com

Tanjung Lesung Banten merupakan satu dari banyaknya pantai yang indah. Bahkan keindahannya bisa disandingkan dengan keindahan pantai di Bali yang terkenal hingga pelosok dunia. Dengan air laut yang berwarna hijau kebiruan serta pasir putih layaknya permadani lembut, membuat siapa saja akan merasa berada di surga ketika mengunjungi Tanjung Lesung Banten.

Sepanjang Jalan Menuju Tanjung Lesung

Sepanjang Jalan Menuju Tanjung Lesung | Foto : marischkaprudence. blogspot. com

Tanjung Lesung merupakan pantai yang bisa dikatakan masih “perawan” di wilayah Banten. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat sayang dilewatkan. Tidak hanya pantainya yang indah, kawasan di sekitar pantai ini juga memiliki keindahan yang tiada duanya. Seperti pada perjalanan yang membawa pengunjung ke pantai. Ada satu jalan yang disampingnya terdapat jajaran pohon sejuk nan hijau. Hal tersebut menambah keasrian alam di sekitar Tanjung Lesung Banten.

5. Padang Rumput Savana Di Cihideung Bandung

Gurun Savana New Zealand

Gurun Savana New Zealand | Foto : www bioexpedition. com

Tentu semua orang mengetahui keindahan Gurun Savana di New Zealand yang luar biasa menyenangkan mata. Satu tempat terindah di dunia ini ternyata memiliki kembaran di Kota Bandung, tepatnya di Cihideung, Lembang. Layaknya di New Zealand, padang rumput Savana ala Bandung ini juga tentunya sangat indah dan menyejukkan mata, hati, pikiran setiap pengunjungnya.

Padang Rumput Cihideung

Padang Rumput Cihideung | Foto : elypra. blogspot. com

Pada rumput hijau di Cihideung ini sebenarnya merupakan lahan kosong yang tidak diketahui fungsi utamanya. Yang jelas, hijau rumput yang tumbuh di lahan luas ini begitu alamiah dan menarik perhatian siapa saja yang mengunjunginya.

Untuk bisa mengunjungi Gurun Savana ala Bandung ini, pengunjung membutuhkan waktu dan persiapan fisik yang cukup. Dari pusat kota, lokasi Gurun Savana Bandung ini cukup jauh dan melewati jalanan yang tidak cukup baik. Lokasinya yang berada di kawasan PT. Perkebunan Nusantara, membuat siapa saja bisa mengunjunginya.

Keindahan Tempat Wisata Jawa Barat

Keindahan Tempat Wisata Jawa Barat | Foto : www. pulautidungpaket. com

Indonesia memang terbukti mempunyai banyak tempat keren layaknya di luar negeri. 5 tempat wisata di Jawa Barat diatas hanya sebagian kecil keindahan Indonesia yang baru terekspose dan bisa membuat semua orang ngehits. Tentunya, alasan supaya eksis di media social juga bukan alasan yang tepat untuk para wisatawan bebas merusak keindahan alam yang Tuhan ciptakan ini. Kecuali ingin habis-habisan dibully seperti yang terjadi pada oknum-oknum perusak taman bunga Amarillys di Jogjakarta pekan lalu itu.

Baca juga : Sejarah Cirebon dari Mulai Hanya Menjadi Desa Kecil Hingga Masa Awal Kesultanan

One Response

Add Comment