Bukti GeoPark Ciletuh Sukabumi Layak Dijadikan Tempat Wisata Alam Number One!

GeoPark Ciletuh Sukabumi

GeoPark Ciletuh Sukabumi | Foto : ciletuh(dot)com

Berwisata alam memang selalu menyenangkan. Menikmati keindahan ciptaan Tuhan, mensyukuri atas segala nikmat yang telah Tuhan berikan, dan menyatu dengan alam merupakan hal-hal yang bisa didapat dengan berwisata alam. Banyak tempat wisata alam yang sangat mengagumkan. Di wilayah Jawa Barat misalnya, tempat wisata alam berada di hampir seluruh wilayahnya, salah satunya di Sukabumi.

GeoPark Ciletuh

GeoPark Ciletuh | Foto : www(dot)kompasiana(dot)com

Baru-baru ini Sukabumi diramaikan dengan adanya Geopark Ciletuh. Memang, bukan hal baru jika kawasan Ciletuh Sukabumi memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Bahkan, sebelum dijadikan sebagai kawasan geopark seperti sekarang ini, kawasan Ciletuh sudah banyak menarik perhatian wisatawan. Geoprak Ciletuh sendiri merupakan kawasan alam yang menjadi destinasi wisata di Sukabumi yang mengutamakan konversi alam dan juga pemberdayaan social budaya yang terbentuk disana.

Kawasan GeoPark Ciletuh Sukabumi

Kawasan GeoPark Ciletuh Sukabumi | Foto : ivacanza(dot)co

Seperti yang sudah banyak diketahui, kawasan Ciletuh Sukabumi memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik perhatian. Beberapa di antaranya bahkan sudah menjadi destinasi wisata bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah. Meskipun perjalanan menuju Ciletuh ini bisa dikatakan tidak mudah, namun tidak menyurutkan niat wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Berikut ini beberapa tempat wisata alam di Ciletuh yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, Jawa Barat;

1. Curug Sodong

Curug Sodong

Curug Sodong | Foto : plus(dot)google(dot)com

Curug Sodong merupakan salah satu curug atau air terjun yang berada di kawasan Geopark Ciletuh. Curug Sodong inibia dikatakan sebagai salah satu curug yang tersembunyi di Sukabumi. Namanya sendiri terkesan asing ditelinga. Meskipun begitu, tidak sedikit para pecinta alam yang jauh-jauh datang ke Curug Sodong untuk melihat sebagian kecil ciptaan Tuhan yang indah tiada tara.

Curug Sodong - GeoPark Ciletuh Sukabumi

Curug Sodong – GeoPark Ciletuh Sukabumi | Foto : ciletuh(dot)com

Berada di kawasan Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Curug Sodong ini juga dikenal dengan nama Curug Pengantin oleh warga setempat. Mengapa demikian? Karena, Curug Sodong ini memiliki dua aliran air sejajar yang menyerupai sepasang pengantin. Aliran air yang deras dengan suara gemuruh air yang menerjang membuat siapa saja akan terpana dan ingin menikmati air terjun tersebut dengan cara berendam dan berenang.

Ceruk Di Curug Sodong

Ceruk Di Curug Sodong | Foto : www(dot)panoramio(dot)com

Keindahan Curug Sodong ini tidak hanya sampai pada aliran air terjun, bagian bawah air terjun yang menyerupai kolam penampungan air dari Curug Sodong ini begitu memukau mata. Ditambah dengan adanya ceruk dibelakang air tejun yang bisa dijelajahi wisatawan. Bentuk ceruk yang melengkung, aliran air yang menyerupai tirai, ditambah hembusan aingin segar menambah nikmat karunia Tuhan melalui wisata ala mini.

2. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang | Foto : dyaiganov(dot)com

Setelah puas menikmati Curug Sodong yang mengagumkan, tujuan wisata alam di Sukabumi selanjutnya adalah Pantai Palangpang. Pantai Palangpang merupakan pantai yang berada di kawasan Geopark Ciletuh dengan garis pantai yang panjang dan berbentuk tapal kuda. Bentuk tapal kuda ini mengikuti kontur kawasan Geopark Ciletuh yang dibatasi dengan adanya bukit-bukit dan hijaunya pesawahan disekitar. Bahkan, bentuk tapal kuda di Pantai Palangpang ini disebut-sebut terluas didunia dengan benteng berupa banyaknya bukit-bukit yang tegak tinggi.

Pemandangan Disekitar Pantai Palangpang

Pemandangan Disekitar Pantai Palangpang | Foto : www(dot)panoramio(dot)com

Tidak hanya Pantai Palangpang-nya yang begitu menawan dan menarik perhatian. Wilayah disekeliling pantai pun menjadi incaran para pengunjung. mulai dari bibir pantai yang indah, perbukitan hijau yang menenangkan, hingga balai-balai yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati keindahan disekitar Pantai Palangpang.

3. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung | Foto : www(dot)inisukabumi(dot)com

Selain Curug Sodong, di kawasan Geopark Ciletuh juga terdapat curug lain yang tidak kalah indahnya. Tidak jauh dari Pantai Palangpang, terdapat Curug Cimarinjung yang memiliki pemandangan indah dan mengagumkan meski dari kejauhan. Dari Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung ini sudah terlihat jelas dengan dikepung oleh lahan pesawahan, dinding bebatuan tua, dan bukit-bukit yang menjadi latar curug tersebut.

Bebatuan Diskitar Curug Cimarinjung

Bebatuan Diskitar Curug Cimarinjung | Foto : www(dot)cumilebay(dot)com

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Cimarinjung secara langsung, dibutuhkan perjalanan yang cukup sulit untuk bisa sampai ke langsung ke Curug Cimarinjung tersebut. Pengunjung harus melewati jalan setapak dan meyusup di antara bebatuan yang menjadi pagar dari curug tersebut. Disekitar curug banyak bebatuan tua yang diperkirakan berasal dari era jurasik. Selain indah, Curug Cimarinjung inipun nampak mempesona.

4. Puncak Darma

Puncak Darma

Puncak Darma | Foto : tukangjalanid(dot)blogspot(dot)com

Dari Curug Cimarinjung, tempat yang tidak boleh luput di kawasan Geopark Ciletuh adalah Puncak Darma. Puncak Darma ini merupakan salah satu titik tertinggi di Geopark Ciletuh. Dari Curug Cimarinjung, jalan menuju Puncak Darma sangat terjal. Untuk bisa sampai ke Puncak Darma dibutuhkanw aktu sekitar 1 jam.

Pemandangan Disekitar Puncak Darma

Pemandangan Disekitar Puncak Darma | Foto : www(dot)nusantaride(dot)com

Dari Puncak Darma, bentang alam Pantai Palangpang dan kawasan Geopark Ciletuh dapat terlihat dengan jelas. Bahkan, di akhir hari Puncak Darma ini sangat cocok dikunjungi untuk menikmati sajian senja yang dihadirkan alam ciptaan Tuhan.

5. Panenjoan

Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan | Foto : www(dot)pikavia(dot)com

Kawasan Geopark Ciletuh merupakan kawasan bebatuan tertua di Jawa Barat maka tidak heran jika kawasan tersebut dikelilingi oleh wilayah bebatuan yang menjulang tinggi. Selain Puncak Darma, kawasan tertinggi lainnya di Geopark Ciletuh adalah Panenjoan. Panenjoan atau yang biasa disebuat sebagai Bukit Panenjoan merupakan bukit yang tersusun dari bebatuan tua di sekitar Ciletuh.

Bukit Panenjoan GeoPark Ciletuh

Bukit Panenjoan GeoPark Ciletuh | Foto : ciletuh(dot)com

Konon, dahulu kala wilayah Panenjoan ini merupakan wilayah lautan yang mengalami pengangkatan, sehingga wilayah Panenjoan ini menjadi wilayah daratan dan menjadi perbukitan. Hingga saat ini, Bukit Panenjoan tersebut menjadi titik paling populer di kawasan Geopark Ciletuh. Fasilitas umum, seperti tempat parkir, tempat makan, mushola, wc umum tersedia disini, sehingga banyak pengunjung yang betah berlama-lama di Bukit Panenjoan. Berbagai aktivitas bisa dilakukan disini, seperti berfoto, menikmati kawasan Geopark Ciletuh, dan tentunya melihat kehebatan Sang Maha Pencipta.

6. Curug Awang

Curug Awang

Curug Awang | Foto : www(dot)jejakadventure(dot)info

Curug Awang merupakan curug lainnya di Geopark Ciletuh selain Curug Sodong dan Curug Cimarinjung. Curug Awang ini mirip Niagara di Kanada dengan air terjunnya yang lebar dan juga deras. Struktur di kawasan Curug Awang ini dipenuhi oleh bebatuan tua. Jika dilihat dari kejauhan, Curug Awang ini terlihat seperti dinding bebatuan raksasa yang sangat elegan.

Pemandangan Disekitar Curug Awang

Pemandangan Disekitar Curug Awang | Foto : efenerr(dot)com

Posisi Curug Awang yang lebih tinggi dari dataran membuat Curug Awang ini seperti hampir menyentuh awan. Mungkin itulah yang menjadi alasan mengapa curug ini dinamakan Awang. Tebing-tebing bebatuan yang berada di sekitar Curug Awang ini dapat dijelajahi oleh pengunjung. aliran air terjun serta perubahan alam yang berubah membuat bebatuan disekitar air terjun membentuk seperti tangga yang bisa dilewati.

Kawasan GeoPark Ciletuh

Kawasan GeoPark Ciletuh | Foto : efenerr.com

Curug Awang ini menjadi tempat petualangan terakhir di tempat wisata alam kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, Jawa Barat. Dengan panorama alam yang membentang, menawan, dan menantang, tidak salah jika kawasan Ciletuh ini menjadi favorit bagi wisatawan.

Baca juga : 5 Kuliner Sukabumi Ini Mampu Menggoyang Lidah Anda Siang Hingga Malam!

One Response

Add Comment