Maknyosss! 8 Kuliner Cirebon Ini Bikin Lidah Bergoyang

Kuliner-Cirebon

Kuliner Cirebon yang Maknyos | Foto: www(dot)justtryandtaste(dot)com

Indonesia adalah sebuah negara dengan keragaman adat dan budayanya. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki adat dan budaya yang berbeda. Tempat wisata dan wisata kulinernya pun membentang dari Sabang hingga Merauke.

Mencicipi kuliner dari berbagai daerah di Indonesia memberikan sensasi yang luar biasa. Makanan khas Indonesia dengan cita rasa yang berbeda bisa kita temukan di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

8 Kuliner Cirebon yang Bikin Ketagihan!

Salah satu daerah yang memiliki banyak makanan khas yang lezat adalah Cirebon. Mungkin bagi Anda yang sering berkunjung ke Cirebon sudah tak asing lagi dengan makanan-makanan khasnya. Menikmati wisata kuliner Cirebon memang menjadi pengalaman yang menarik. Makanan khasnya terkenal dengan rasanya yang sangat gurih.

Lantas apa saja kuliner Cirebon yang wajib kita cicipi? Berikut ini adalah daftar kuliner khas kota Cirebon yang sayang jika Anda lewatkan;

1. Nasi Jamblang

Nasi-Jamblang

Nasi Jamblang Khas Cirebon | Foto: masakancirebon(dot)blogspot(dot)com

Kuliner Cirebon pertama yang harus Anda cicipi adalah Nasi Jamblang atau yang biasa disebut Sega Jamblang. Dahulu, pertama kali dibuat Nasi Jamblang merupakan makanan khusus untuk para pekerja paksa zaman penjajahan Belanda.

Nasi jamblang merupakan salah satu kuliner Cirebon yang paling mudah dikenali, karena memiliki ciri-ciri khusus. Ciri khas Nasi Jamblang yang paling mudah dikenali adalah penggunaan daun jati sebagai bungkusnya.

Nasi-Jamblang-2

Deretan Lauk Nasi Jamblang | Foto: kabarkuliner(dot)com

Penyajian Nasi Jamblang sendiri dibuat prasmanan dengan menggunakan meja rendah. Anda bisa memilih lauk sendiri sesuai dengan keinginan. Nasi Jamblang sangat cocok disajikan dengan sayur tahu, sambal goreng, semur, ikan asin, tahu dan tempe. Setelah makan nasi jamblang dijamin Anda bakalan ketagihan.

Tempat yang menjajakan Nasi Jamblang pun bisa kita temukan hampir diseluruh sudut kota Cirebon. Selain rasanya yang nikmat, harganya pun tak menguras kantong.

2. Nasi Lengko

Nasi-Lengko

Nasi Lengko Kuliner Cirebon yang Harus di Coba| Foto: bhq(dot)web(dot)id

Kuliner khas Cirebon selanjutnya adalah Nasi Lengko. Makanan khas yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Nasi Lengko adalah nasi yang dicampur dengan irisan tahu, tempe, mentimun, tauge, dan daun seledri.

Campuran nasi lengko tersebut kemudian ditaburi bawang goreng dan disiram bumbu kacang yang khas. Menyantap nasi lengko lebih lezat jika dimakan beserta kerupuk.

Nasi-Lengko-2

Nasi Lengko banyak dijual di pinggir jalan | Foto: cireboninternet(dot)com

Nasi lengko biasanya dijual di warung-warung pinggir jalan yang tersebar di kota Cirebon. Makanan khas yang sederhana, namun lezat dan menggoyang lidah. Bukan hanya itu, salah satu kuliner Cirebon ini juga harganya sangat terjangkau.

3. Empal Gentong

Empal-Gentong

Empal Gentong Cirebon | Foto: masakanlezat(dot)com

Kuliner Cirebon yang sangat terkenal dan disukai banyak orang adalah Empal Gentong. Empal Gentong merupakan soto gulai daging yang dimasak menggunakan sebuah gentong besar yang dibuat dari tanah liat. Karena hal inilah makanan khas Cirebon ini diesebut Empal Gentong.

Makanan khas Kota Cirebon ini memiliki dua jenis empal, yaitu Empal Gentong dengan kuah bersantan dan Empal Asem. Jenis empal yang satu ini biasanya ditaburi kucai yang nikmat. Sedangkan Empal Asem, kuahnya berwarna bening dan memiliki citarasa asam belimbing wuluh yang khas.

Empal-Gentong-2

Penjual Empal Gentong di Cirebon | Foto: anekainfounik(dot)net

Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke Cirebon untuk sekedar menikmati kuliner yang satu ini langsung dari kota asalnya. Makanan khas Cirebon ini bisa kita temui dimana saja, baik itu di luar maupun di dalam Kota Cirebon.

Namun, jika Anda ingin menikmati kuliner Cirebon yang satu ini dengan citarasa yang sangat lezat, Anda bisa berkunjung ke daerah Plered, kabupaten Cirebon. Daerah ini memang terkenal dengan Empal Gentongnya yang enak.

Sepanjang Jalan Djuanda, Battembat hingga ke Plered, terdapat puluhan lapak yang menjajakan Empal Gentong. Jalanan ini adalah jalan raya besar dari arah kota Cirebon menuju kota Bandung. Battembat sendiri merupakan suatu wilayah yang disebut-sebut sebagai tempat kelahiran Empal Gentong.

4. Docang

Docang

Docang Kuliner Khas Cirebon | Foto: www(dot)tokomesin(dot)com

Docang! Mungkin Sebagian besar masyarakat Indonesia masih asing dengan kuliner Cirebon yang satu ini. Nama Docang sendiri merupakan singkatan dari dua kata, yaitu Bodo dan Kacang Hijau. Bodo merupakan olahan makanan yang berasal dari oncom dage. Nah, kacang hijau pada makanan ini diubah menjadi toge.

Makanan khas Cirebon ini dipadukan dengan potongan lontong, daun saingkong, dan kerupuk, yang menambah kelezatannya. Semua itu dikolaborasikan dengan kuah sayur oncom dage yang berasal dari ampas tahu dan tidak lupa dicampur bungkil kacang tanah.

Makanan ini memiliki rasa khas gurih dan lezat. Kuliner Cirebon yang satu ini paling pas disantap dalam keadaan panas. Harga sepiring Docang pun tak akan membuat kantong Anda terkuras.

LIHAT 4 DAFTAR SELANJUTNYA…

Add Comment