9 Masjid Di Bandung Ini Dijamin Bisa Menjadi Destinasi Favorit Anda!

Masjid Di Bandung

Masjid Di Bandung | Foto : commons(dot)wikimedia(dot)org

Bandung tidak hanya memiliki beragam macam tempat wisata, alam, belanja, atau wisata sejarah yang sangat mengagumkan. Bandung juga memiliki beragam masjid yang tentunya tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya dijadikan sebagai sarana ibadah, ragam masjid di Bandung ini juga kini juga sering dijadikan tempat berkumpul, bersilarturahmi, hingga berselfie ria.

Berikut ini beberapa masjid yang ada di Kota Bandung yang kini banyak dikunjungi di antaranya adalah sebagai berikut;

1. Masjid Agung Bandung

Masjid Agung Bandung

Masjid Agung Bandung | Foto : twitter(dot)com

Masjid yang terletak di pusat kota, tepatnya di Jl. Asia Afrika tersebut saat ini memang menjadi salah satu tujuan wisata warga Bandung hingga wisatawan dari luar kota. Dulunya, masjid yang satu ini terlihat kumuh dengan banyaknya pedagang kaki lima yang berjajar disekeliling masjid tersebut. Namun, setelah dilakukan renovasi masjid ini memiliki wajah baru yang banyak disukai pengunjung. Renovasi yang dilakukan pada kawasan Masjid Agung Bandung, membuat masjid tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Masjid Agung Bandung ini memiliki menara kembar yang masing-masing dibangun dengan ketinggian 99 meter. Di dalam masjid, suasana sejuk, asri, dan dingin khas Bandung begitu terasa, sehingga membuat betah siapa saja yang diam dan beribadah disana. Hal ii ditambah dengan adanya alun-alun Bandung yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Bandung.

2. Masjid Salman ITB

Masjid Salman Bandung

Masjid Salman Bandung | Foto : www.tempo. (co)

Masjid yang berada di kawasan Kampus ITB Jl. Taman Sari Bandung ini memang sangat dikenal oleh khalayak luas. Tidak hanya mahasiswa atau karyawan di ITB saja yang mengunjungi masjid yang satu ini. Banyak juga masyarakat umum yang  mengunjungi atau sekadar menjadikan masjid ini sebagai tempat ibadah wajib maupun sunah.

Sebagai salah satu masjid di Bandung yang terkenal, Masjid Salman ini tidak hanya digunakan untuk menjalankan ibadah sholat. Disini juga sering dilakukan berbagai kegiatan yang masih berkaitan dengan kegiatan Islami lainnya, seperti talkshow dengan tokoh-tokoh nasional, pameran buku, perkumpulan komunitas agamis di Bandung, dan lain sebagainya.

3. Masjid PUSDAI

Masjid Pusdai Bandung

Masjid Pusdai Bandung | Foto : bandungtraveler(dot)com

Masjid PUSDAI atau Pusat Dakwah Islam merupakan masjid terbesar yang ada di Kota Bandung. setiap harinya, masjid yang satu ini sering dipenuhi oleh jamaah-jamaah dari berbagai kalangan. Letaknya yang strategis membuat masjid ini begitu terkenal di Kota Bandung.

Selain menjadi tempat beribadah, Masjid PUSDAI ini juga sering dijadikan tempat berkumpulnya para jamaah yang melakukan kegiatan agamis, seperti bersilaturahmi, berkumpul, berkegiatan social, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, masjid yang memiliki aula yang cukup besar ini juga sering dijadikan tempat untuk melangsungkan resepsi pernikahan atau pesta sejenisnya.

4. Masjid Al-Ukhuwah

Masjid Al-Ukhuwah

Masjid Al-Ukhuwah | Foto : tomatcoklat(dot)wordpress(dot)com

Sekilas, masjid yang berlokasi sebelah kiri kantor Balai Kota Bandung ini tidak nampak keistimewaan. Pada pintu masuk masjid, hanya kesejukan dan keasrian yang dapat dirasakan. Namun, ketika memasuki area masjid bagian dalam, kemegahan nampak pada interior dan desain yang terpancar pada rangka besi dan dinding yang bertuliskan Asmaul Husna.

Rangka Besi Pengganti Tiang Masjid Al-Ukhuwwah

Rangka Besi Pengganti Tiang Masjid Al-Ukhuwwah | Foto : www(dot)youtube(dot)com

Yang mempesona pada masjid yang satu ini adalah kerangka besi yang menjadi penopang masjid yang menggantikan peranan tiang. Disini, tiang-tiang yang biasa ada di masjid digantikan dengan rangka besi yang berada di langit-langit. Hal inilah yang menjadi keistimewaan dari masjid di bilangan Jl. Wastukencana tersebut.

Banyak kegiatan yang biasanya dilaksanakan oleh pihak pengelola Masji Al-Ukhuwah ini. Pada bulan Ramadhan, masjid ini sering mengadakan pesantren kilat untuk umum dan untuk siswa-siswa sekolah. Sering juga tabligh akbar dilaksanakan di masjid yang diprakarsai oleh pihak Pemkot Bandung. Tidak heran, masjid yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

5. Masjid Agung Trans Studio Bandung

Masjid Agung Trans Studio Bandung

Masjid Agung Trans Studio Bandung | Foto : news(dot)detik(dot)com

Masjid yang berada di kawasan terpadu Trans Studio Bandung ini memiliki arsitektur yang terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah. Dibangun di atas tanah seluas 1800 meter persegi, bangunan masjid ini dibangun dalam dua lantai, yaitu lantai dasar dan mezzanine. Besarnya bangunan masjid tersebut bahkan dapat menampung sekitar 1500 hingga 2000 jamaah.

Yang paling mencolok dari masjid yang satu ini adalah kubah yang benar-benar dilapisi emas murni dan diberi lapisan kaca dipuncaknya. Dikubah masjid juga diberi hiasan kaligrafi dari ayat-ayat suci Al-quran. Seluruh lantai dilapisi dengan marmer yang mengkilat dan bersih. Hampir diseluruh bagian masjid ini dibuat dengan nuansa keemasan. Tidak heran jika banyak orang akhirnya kagum dengan kemegahan dan keindahan masjid yang satu ini.

6. Masjid Junudurrahman

Masjid Junudurrahman

Masjid Junudurrahman| Foto : infobandung(dot)co(dot)id

Dari namanya, Masjid Junudurrahman memang tidak begitu terkenal dikalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan, nama masjid ini lebih dikenal dengan sebutan masjid ganteng. Mengapa demikian? Karena konon kebanyakan laki-laki atau anak muda yang sholat dan beribadah di masjid ini berparas tampan.

Masjid di Jl. Aceh ini berada di lingkungan TNI yang tentunya sangat nyaman dan sejuk. Banyak masyarakat umum yang sengaja datang ke masjid tersebut untuk beribadah atau sekadar melepas lelah, berbincang santai, hingga berselfie ria di masjid yang memang asri ini.

7. Masjid Istiqomah

Masjid Istiqomah Bandung

Masjid Istiqomah Bandung | Foto : infobandung(dot)co(dot)id

Masjid Istiqomah yang terletak di Jl. Citarum ini berada dekat dengan SMA Negeri 20 Bandung. berada di kawasan komplek perumaha serta sekolah, masjid ini tentu memiliki jamaah yang cukup sering berkunjung ke masjid tersebut. Meskipun begitu, banyak juga masyarakat umum yang sengaja berkunjung ke tempat tersebut.

Banyak kegiatan yang biasa diselenggarakan oleh pihak pengelola Masjid Istiqomah ini. Di Hari Jumat, biasanya salah satu masjid di Bandung yang terkenal ini dipenuhi oleh siswa-siswa sekolah, masyarakat umum, dan tentunya masyarakat setempat masjid tersebut. Dan sebagai kegiatan rutin di bulan Ramadhan, pihak pengelola sering menyediakan tajil dan pesantern kilat bagi warga setempat.

8. Masjid Habiburrahman

Masjid Habiburrahman Bandung

Masjid Habiburrahman Bandung | Foto : yahdisiradj(dot)blogspot(dot)com

Masjid Habiburrahman terletak di kawasan PT. Dirgantara Indonesia, tepatnya di Jl. Pajajaran No. 154 Bandung. Masjid ini dibangun atas gagasan mantan Presiden RI B. J Habibie pada tahun 1998. Tidak hanya digunakan sebagai tempat sholat, baik sunah maupun wajib. Masjid ini secara rutin mengadakan agenda I’tikaf bersama sebagai kegiatan rutin mengisi 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan.

Agenda rutin yang diselenggarakan di Masjid Habiburrahman ini mengundang banyak masyarakat luas untuk mengikuti kegiatan I’tikaf yang tentunya sangat bermanfaat dan bernilai ibadah besar bagi kaum muslimin. Yang menarik dari kegiatan ini adalah, setiap peserta yang mengikuti I’tikaf biasanya mendirikan tenda-tenda yang dibawa sendiri untuk bermalam dan beraktifitas bersama keluarga di lingkungan masjid tersebut.

9. Masjid Al-Lathiif

Masjid AL-Lathiif Bandung

Masjid AL-Lathiif Bandung | Foto : news(dot)detik(dot)com

Masjid yang berada di Jl. Saninten No. 2 Bandung atau percisnya disamping Lapangan Futsal Supratman dan Taman Pramuka ini bisa dikatakan sebagai markas para pemuda hijrah. Tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah, seperti sholat, Qiyamul Lail, dan lain sebagainya. Disini juga setiap harinya diselenggarakan tausiah yang kebanyakan pesertanya dari kalangan muda. Maka tidak heran, jika masjid ini disebut sebagai markas para pemuda hijrah.

Setiap harinya, sering diadakan tausiah yang disampaikan dengan gaya, bahasa, dan pembahasan yang kekinian. Oleh karena itu, banyak kaum muda yang akhirnya datang dan menjadi pengunjung setia di masjid yang satu ini. Setiap agenda dan acara yang terselenggara di masjid yang satu ini dapat diikuti oleh khalayak umum dan gratis. Selain dapat beribadah, di masjid ini juga pengunjung bisa menambah ilmu agama dan bersilaturahmi dengan saudara seagama lainnya.

Masjid Di Kota Bandung

Masjid Di Kota Bandung | Foto : bandung(dot)co

Itulah beberapa masjid di Bandung yang bisa Anda kunjungi, tidak hanya untuk dijadikan tempat beribadah, bersilaturahmi, atau menambah ilmu agama. Masjid-masjid ini juga bisa menjadi tempat wisata rohani Anda.

Baca juga : Cerita Dibalik Peninggalan-peninggalan Sejarah Karawang Dari Masa Ke Masa

Add Comment