Ragam Musisi Asal Kota Kembang – Bukti Bandung sebagai Kota Kreatif

Kreativitas Kota Bandung

Kreativitas Kota Bandung | Foto : sewavirtualofficebandung(dot)blogspot(dot)com

Kota Bandung memang dikenal sebagai kota kreatif yang hingga saat ini banyak melahirkan musisi-musisi terkenal di Indonesia atau bahkan luar negeri. Banyak musisi-musisi terkenal di tanah air diisi dengan anak muda yang berasal dari Bandung. Nama-nama musisi, dari mulai band, grup, hingga penyanyi solo tanah air merupakan warga asli Bandung.

Berikut ini adalah grup musik papan atas di tanah air, yang berasal dari Kota Bandung;

Pas Band

Pas Band

Pas Band | Foto : gudang-lagump3(dot)heck(dot)in

Pas Band merupakan satu dari sekian banyak musisi asal Bandung yang terkenal di Indonesia. Grup band ini mencampurkan warna music rock, hip hop, dan punk. Grup band yang digawangi oleh Yukie sebagai vokalis, Trisno sebagai pemain bass, Bengbeng pada gitar, dan Sandy sebagai penggebuk drum.

Grup band ini mulai meniti karir dari panggung-panggung underground sejak tahun 1989. Namun, peresmian terbentuknya grup band yang satu ini berdiri pada tahun 1990. Sebagai grup band dengan aliran yang masih asing kala itu, Pas Band memang belum bisa merangkul semua kalangan untuk bisa menikmati aliran musik yang diusungnya. Meskipun begitu, Pas Band mampu membangun basis masa yang cukup banyak dan setia dengan aliran musiknya.

Pas Band Ft Tere

Pas Band Ft Tere | Foto : datab(dot)us

Single yang cukup meledak dan membuat group band ini terkenal dikalangan penikmat music, Pas Band menggandeng penyanyi solo Tere dengan lagu berjudul Kesepian Kita. Lagu tersebut dapat diterima oleh semua kalangan penikmat music. Lagu tersebut memang dibuat tidak terlalu idealis seperti aliran music yang diusung oleh grup band tersebut. Tidak hanya single tersebut, lagu-lagu lain pun mampu menerbangkan grup band asal kota kreatif Bandung tersebut ke ranah music Indonesia.

/Rif

Rif Band

Rif Band | Foto : www(dot)rif-band(dot)com

/Rif merupakan sekelompok grup band yang didirikan pada tahun 1992. Pada awal berdirinya, grup band ini bernama Badai. Lalu, setahun kemudian, barulah band ini dikenal dengan nama /Rif. /Rif sendiri merupakan singkatan dari rhythm in freedom.

Di awal karirnya, grup band yang satu ini memulainya dengan menjadi pengisi music di kafe-kafe di Bandung. Setelah menjalani karir sebagai musisi kafe, grup band ini pun resmi menggunakan nama /Rif sebagai nama panggung mereka di tahun 1995.

Rif Band - Radja

Rif Band – Radja | Foto : www(dot)youtube(dot)com

Pada tahun 1997, grup band /Rif merambah dunia rekaman yang menghasilkan album bertajuk Raja dengan single pertama berjudul sama. Lagu inilah yang kemudian berhasil membawa grup band yang digawangi oleh Andy sebagai vocal, Jikun pada gitar, Maggi pada drum, Ovy sebagai gitaris, dan Tedyy pada bass.

Project Pop

Project Pop

Project Pop | Foto : www(dot)kapanlagi(dot)com

Project pop merupakan sebuah grup vocal yang terkenal dengan lirik jenaka. Anggota grup vocal ini pada awalnya merupakan anggota grup komedi Padhyangan yang berasal dari Bandung. Grup vocal yang anggotanya berasal dari anggota komedi ini dibentuk pada tanggal 4 Desember 1982. Tujuan awal dibentuknya grup vocal ini adalah untuk menyalurkan seluruh ide-ide gila dari para anggotanya yang berhubungan dengan bidang seni.

Noah

Noah

Noah | Foto : www(dot)noah-site(dot)com

noah. Grup band yang sebelumnya memiliki nama Peterpan ini sempat menjadi grup band paling hits di Indonesia. Grup band ini sempat menduduki puncak musik di Indonesia dengan lagu-lagu hitsnya, seperti Topeng, Ada Apa Denganmu, Bintang Di Surga, dan masih banyak lagi.

Noah - Separuh Aku

Noah – Separuh Aku | Foto : www(dot)youtube(dot)com

Namun, di perjalanan karirnya, grup band Peterpan mengalami perpecahan. Dari perpecahan ini, lahirlah Noah yang digawangi oleh Ariel, Lukman, Uki, dan David. Noah ternyata tidak kehilangan popularitasnya. Dengan single awal berjudul Separuh Aku, Noah mampu membangkitkan kepopulerannya.

Seurieus Band

Seurieus Band

Seurieus Band | Foto : asunacep(dot)blogspot(dot)com

Grup band yang berawal dari sekumpulan anak mahasiswa seni rupa ini terbentuk karena alasan ingin mengekspresikan kegilaan yang ada pada diri anggotanya dalam bermusik. Kecintaan para anggota band Seurieus ini awalnya merupakan pelarian dari mata kuliahnya sebagai mahasiswa seni rupa yang dinilainya cukup pusing.
Terbentuk sekitar akhir tahun 1994, grup band ini memulai karirnya dari panging-panggung kecil di sekitar Bandung dan sekitarnya.

Personil Seurieus Band

Personil Seurieus Band | Foto : m(dot)tvguide(dot)co(dot)id

Dengan konsep entertaining the audience, grup band ini menampilkan sajian music yang polos, lugu, total, penuh aksi, namun tetap menghibur. Hal inilah yang kemudian melahirkan aliran musik “sendiri” mereka, yaitu Hepi Metal (happy Metal). Hepi Metal ini berasal dari kata Heavy Metal yang diucapkan dengan logat Sunda.

Masih banyak musisi-musisi yang berasal dari kota kreatif Bandung lainnya, yang masih eksis di blantika music Indonesia. Beberapa musisi asal Bandung yang kini telah banyak dikenal, seperti Pure Saturday, Burgerkill, The Sigit, dan masih banyak lagi. Sebagian musisi di Bandung ini juga ada yang terkenal hingga mancanegara. Siapa sajakah itu? Tunggu kelanjutan bahasannya.

Baca juga : Tempat Wisata Eksotis di Bandung – Wisata Eksotis yang Tidak Biasa

Add Comment