Kawasan Ciwidey – Tempat Wisata Alam Di Bandung yang Dingin dan Menyegarkan

Tempat Wisata Alam Di Ciwidey Bandung

Tempat Wisata Alam Di Ciwidey Bandung | Foto : anekatempatwisata(dot)com

Bandung terkenal dengan tempat wisata alamnya yang sangat indah. Beberapa tempat di Bandung menawarkan wisata alam menarik dan juga berbeda dari tempat wisata alam lainnya. Salah satu tempat wisata alam di Bandung yang hingga saat ini tidak pernah sepi pengunjung adalah kawasan Ciwidey.

Kawasan Ciwidey sejak dulu memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah serta suasanya yang menyejukkan mata. Disini, pengunjung bisa menikmati hamparan hijau dari kebun teh, lading hijau, hingga bukit-bukit pegunungan yang tidak dapat ditemukan ditempat lain.

Beberapa tempat di Kawasan Ciwidey yang bisa menjadi referensi tempat wisata di akhir pekan ini di antaranya adalah sebagai berikut;

Penangkaran Rusa Di Ranca Upas, Ciwidey

Penangkaran Rusa Di Ranca Upas

Penangkaran Rusa Di Ranca Upas | Foto : id(dot)geoview(dot)info

Salah satu daya tarik dari wisata alam di kawasan Ciwidey adalah Wana Wisata Kampung Cai Ranca Upas. Disini pengunjung tidak hanya bisa melihat rusa-rusa yang berkumpul, tetapi juga bisa secara langsung berinteraksi dengan rusa-rusa tersebut, seperti member makan, bermain, hingga memegang rusa secara langsung.

Pengunjung tidak perlu khawatir, rusa-rusa di tempat penangkaran ini sudah jinak dan terbiasa dengan kehadiran manusia-manusia. Dengan begitu, dapat dipastikan rusa-rusa disini aman bagi pengunjung. untuk bisa member makan rusa, pengunjung diharuskan membeli pakan rusa. Pakan rusa disini berupa sayur-sayuran segar yang dihargai Rp 5.000 per kantongnya. Rusa-rusa disini memiliki jadwal makan 3 kali sehari.

Wisata Di Penangkaran Rusa Ranca Upas CIwidey

Wisatawan yang Memberi Pakan pada Rusa | Foto travelling-ciwidey-karinfauziah(dot)blogspot(dot)com

Jadwal makan rusa disini di antaranya pagi pada pukul 09.00, siang pada pukul 14.00, dan malam hari sekitar pukul 19.00. Rusa-rusa ini aktif mengonsumsi makanan pada malam hari. Namun, jika ada pengunjung yang membawa makanan ke tempat penangkaran, rusa tetap menerima, bahkan akan tersu mendekat.

Rusa yang ada di tepat penangkaran rusa Ciwidey ini kebanyakan berjenis Cervus Timorensis. Cervus Timorensis ini merupakan jenis rusa dari Timor. Konon, jenis rusa ini disebarkan di wilayah Jawa dan Sumatera.

Wana Wisata Kampung Cai Ranca Upas

Wana Wisata Kampung Cai Ranca Upas | Foto : klikhotel(dot)com

Tidak hanya menawarkan tempat penangkaran rusa, tempat ini juga memberikan nuansa alam yang sangat kaya. Dikelilingi bukit-bukit hijau yang masih alami, serta hamparan ladang hijau yang menyegarkan mata, membuat tempat ini banyak dijadikan sebagai referensi tempat wisata yang menyenangkan, atau bahkan sebagai tempat pre weding yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Terbang dengan Balon Udara Di Ciwidey Bandung

Balon Udara Rancabali Ciwidey

Balon Udara Rancabali Ciwidey | Foto : www(dot)bandungnewsphoto(dot)com

Masih berhubungan dengan tempat wisata alam di Bandung, khususnya di kawasan Ciwidey. Referensi tempat wisata yang bisa memberikan sensasi berbeda lainnya adalah balon udara di Rancabali , Ciwidey. Disini, pengunjung bisa mencoba sensasi terbang dengan balon udara yang masih sangat jarang di tempat-tempat wisata di Indonesia.

Terbang dengan balon udara ini menawarkan sensasi panorama alam di sekitar Ciwidey Kabupaten Bandung, hamparan hijau kebun the, dan sejuknya suasana pegunungan yang khas di kawasan ini. para pecinta wisata alam disini akan dibawa terbang hingga ketinggian kurang lebih 100 meter.

Wahana balon udara ini diharapkan mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jawa Barat, khususnya di Ciwidey kabupaten Bandung. Untuk bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk dan menyegarkan dari atas balon udara ini, pengunjung diharuskan membayar sebesar Rp 100.000 per orang. Sekali terbang, pengunjung dibawa ke atas permukaan tanah selama 15 menit.

Kawah Putih, Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung | Foto : kawahputihciwidey(dot)com

Satu yang paling populer sebagai tempat wisata di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung ini, yaitu Kawah Putih. Kawah Putih ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di kawasan Bandung Selatan. Sejak dulu, Kawah Putih ini banyak dikunjungi oleh kalangan wisatawan, baik lokal maupun asing. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang menjadikan Kawah Putih ini sebagai latar tempat untuk melakukan potho pre weding.

Prewedding Di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Prewedding Di Kawah Putih Ciwidey Bandung | Foto : d3pe(dot)wordpress(dot)com

Kawah Putih ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha sekitar abad ke-10. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kawah Putih ini diharapkan mempersiapkan diri, seperti menggunakan pakaian tebal. Suhu disini sangat dingin, terutama pada Bulan Juli-Agustus, suhu di Kawa Putih ini bisa mencapai 10 derajat Celcius.

Suasana di Kawah Putih

Suasana di Kawah Putih | Foto : pariwisata4indonesia(dot)wordpress(dot)com

Selain pemandangannya yang luar biasa indahnya, air danau yang berada di Kawah Putih ini bisa berubah warna. Perubahan warna air danau ini bergantung pada kondisi cuaca alam disekitar dan juga kandungan mineral yang ada pada air danau tersebut.

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung Ke Kawah Putih

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung Ke Kawah Putih | Foto : www(dot)initempatwisata(dot)com

Sekedar tips bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey ini. Kawah Putih ini sebaiknya dikunjungi sekitar pukul 7 hingga 10 pagi. Di jam-jam tersebut pemandangan alam Kawah Putih sangatlah indah. Matahari terbit, embun pagi, dan suasana alam di sekitar Kawah Putih ini sangat indah untuk menyambut kedatangan wisatawan-wisatawan yang datang. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam di Kawah Putih, disini juga terdapat Goa Belanda. Goa Belanda ini dulunya merupakan tempat penambangan belerang pada masa penjajahan.

Objek Wisata Kawah Putih

Berkunjung Ke Kawah Putih | Foto : kawahputihciwidey. (com)

Tempat wisata Kawah Putih ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00. Pengunjung bisa memasuki kawasan wisata alam ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 18.000 per orang. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan, harus membayar biaya sebesar Rp 150.00 per mobil. Dan bagi pengunjung yang melakukan photo pre wedding dikenakan biaya sebesar Rp 500.000.

Bandrek Abah, Ciwidey

Bandrek Abah, Ciwidey

Bandrek Abah, Ciwidey | Foto : familyciwidey(dot)blogspot(dot)com

Suhu udara di Ciwidey yang rendah, membuat wisatawan yang berkunjung ke daerah ini membutuhkan penganan atau minuman yang hangat-hangat. Salah satu penganan hangat yang cocok dinikmati di kawasan Ciwidey ini adalah Bandrek Abah. Bandrek Abah ini letaknya tidak jauh dari Kawah Putih, sehingga ketika berkunjung ke Kawah Putih, pengunjung bisa mampir ke Bandrek Abah tersebut.

Kedai Bandrek Abah Ciwidey Bandung

Kedai Bandrek Abah Ciwidey Bandung | Foto : www(dot)youtube(dot)com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bandrek Abah berada di kawasan Ciwidey yang dingin. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Ciwidey – Rancabali Km 13, Cimanggu Ciwidey. Bandrek Abah ini menyediakan minuman khas tradisional bandrek yang berkhasiat menghangatkan badan.

Bandrek Abah sendiri sudah ada sejak tahun 1982. Bandrek yang dijajakan disini terbuat dari 100% bahan alami, yang terdiri atas cabe areuy, gula merah, dan jahe. Bandrek Abah ini juga tidak mengandung bahan pengawet. Namun, jika pengunjung membeli bandrek dalam kemasan botolan, bandrek ini bisa tahan hingga mencapai 1 tahun.

Kemasan Bandrek Abah

Kemasan Bandrek Abah | Foto : bandrekabah(dot)com

Bagi pengunjung yang datang ke Bandrek Abah ini, bisa memesan bandrek yang disajikan dalam gelas ditambah kelapa muda didalamnya. Bandrek Abah ini sangat cocok diminuam selagi panas untuk menghanagtkan badan dan juga bisa memberikan efek baik di badan. Pengunjung juga bisa membeli Bandrek Abah ini sebagai buah tangan. Ada dua kemasan Bandrek Abah yang bisa dijadikan oleh-oleh pengunjung, kemasan botol kecil yang dibandrol dengan harga Rp. 16.000 dan botol besar seharga Rp 27.000.

Penasaran dengan keempat tempat wisata alam di Bandung kawasan Ciwidey ini? segera berkunjung ke Ciwidey.

Baca juga : Menyapa Alam Sekitar Tempat Wisata di Bandung Selatan

Add Comment