Tujuan Wisata Bandung yang Tak Pernah Bosan Diburu Oleh Wisatawan

Tujuan Wisata Bandung

Tujuan Wisata Bandung | Foto : www(dot)explorejabar(dot)com

Belanja dan kuliner, mungkin menjadi tujuan wisata Bandung paling utama saat ini. Banyak yang mengatakan bahwa citra tujuan wisata tersebut baru muncul di akhir tahun 90’an, terutama setelah merebaknya fenomena Factory outlete, distro dan kebangkitan jajanan tradisional di Bandung. Pernyataan tersebut sama sekali tidak salah, mengingat sejak dahulu Bandung memang dikenal sebagai pusat kota yang banyak ditinggali oleh orang asing sejak pertama berdirinya.

Fakta yang tak bisa dipungkiri adalah keberadaan Jalan Braga yang di masa lalu menjadi wilayah perdagangan dan hiburan utama di kota Bandung. Kepopuleran Jalan Braga ini bukan hanya terkenal di kota Bandung, tetapi di seluruh wilayah Hindia-Belanda pada masa penjajahan dahulu. Sisa-sisa ketenaran Braga di masa lalu, masih dapat dilihat dari bangunan tua yang masih terawat dan dialihfungsikan di sepanjang jalur Braga. Bagaimana pun, sejarah tak akan berhenti hanya pada satu masa.

Wisata Di Bandung

Wisata Di Bandung | Foto : lafasahotel(dot)blogspot(dot)com

Seiring berjalannya waktu, Bandung berkembang sedemikian rupa hingga maju seperti sekarang ini. Di bidang kepariwisataan, beberapa wilayah pun ikut berkembang dan dikembangkan sebagai objek wisata. Meski masih dalam tahap pengembangan, kepariwisataan di Bandung mulai dikembangkan di hampir semua wilayah Bandung. Tujuannya tentu saja untuk menjadikan Bandung sebagai tujuan wisata terbesar dan termegah di Jawa Barat.

Apa saja tujuan wisata di Kota Bandung? Berikut adalah 4 tujuan Wisata di Kota Bandung yang paling banyak diminati wisatawan;

1. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Di Bandung

Wisata Kuliner Di Bandung | Foto : nginepmana(dot)com

Wisata Kuliner di Kota Bandung bisa dikatakan sebagai kegiatan wisata yang tak ada habisnya. Sebab kegiatan kuliner bisa didapat kapan saja dan dimana saja. Bahkan, kuliner-kuliner yang ada di Bandung saat ini terus berkembang hingga mampu menciptakan tempat wisata kuliner baru dan disukai oleh para wisatawan.

Pusat kegiatan kuliner di Bandung kebanyakan berada di wilayah kota dan Bandung Utara. Di wilayah ini, wisatawan bisa menemukan beragam kuliner khas Bandung mulai dari jajanan tradisional hingga makanan berkelas yang dijajakan di café-café atau restoran. Wilayah yang banyak menjajakan kuliner khas Bandung, baik itu kaki lima hingga restoran berada di wilayah Dago hingga Dago Pakar, Sekitaran Dago dan Jalan Riau, Dipati Ukur, Cihideung, Lembang.

2. Wisata Belanja

Tempat Wisata Belanja di Bandung

Tempat Wisata Belanja di Bandung | Foto : www(dot)groupon(dot)my

Selain kuliner yang menjadi tujuan wisata Bandung, tempat wisata belanja di Bandung pun banyak difavoritkan oleh para wisatawan. Sama seperti wisata kuliner yang ada di Bandung, tempat wisata belanja pun tersebar di berbagai wilayah di Bandung. beberapa tempat wisata belanja bisa didapat di wilayah Dago-Riau dan sekitarnya.

Tempat-tempat wisata belanja di kawasan Bandung tersebut berupa factory outlete, boutique dan distro. Selain kawasan tersebut, beberapa wilayah yang juga menyediakan wisata belanja adalah wilayah Setiabudi, Cihampelas, Pasar Baru dan Alun-alun. Ada juga tempat wisata belanja di Bandung lainnya yang sayang untuk dilewatkan, seperti sentra industri dan sentra kain pun kerap menjadi tujuan wisata belanja yang tak kalah menarik.

3. Wisata Alam

Wisata Alam Di Bandung

Wisata Alam Di Bandung | Foto : www(dot)ragamtempatwisata(dot)com

Wisata alam di Bandung menjadi salah satu magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke kota berjuluk Paris Van Java tersebut. Banyak wilayah di Bandung yang menawarkan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Wisata alam di Bandung bisa didapat hampir di semua wilayah Bandung yang meliputi Bandung Utara, Selatan, Timur, Barat dan Bandung Tengah.

Di berbagai wilayah tersebut, pemandangan alam, hamparan hijau dari kebun teh, sejuknya hutan pinus, hingga menikmati alam dari ketinggian bisa didapatkan. Beberapa tempat wisata alam di Bandung di antaranya adalah, kebun teh Pangalengan Bandung, Tebing Keraton, Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Hutan Pinus Lembang, hingga Bukit Bintang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata alam di Bandung.

4. Wisata Sejarah dan Edukasi

Wisata Sejarah dan Edukasi

Wisata Sejarah dan Edukasi | Foto : www(dot)wisatamuseum(dot)com

Wisata sejarah dan edukasi di Bandung sangatlah banyak. Kebanyakan wisata ini lebih merujuk pada bangunan-bangunan tua sebagai aset sejarah dan potensi wisata yang tersebar di Bandung tengah atau Bandung Kota. Ada juga beberapa tempat wisata yang memang dirancang sebagai sarana edukasi yang kebanyakan ditujukan untuk anak dan keluarga, seperti Jendela Alam, Alam Sutra, dan lain sebagainya.

Penasaran dengan berbagai tujuan wisata Bandung tersebut? Kunjungi Bandung segera!

Baca juga : Tempat Wisata Outdoor di Bandung – Menikmati Sensasi Main di Alam Bandung!

Add Comment