Tempat Wisata di Bandung Barat yang Punya Keunikan

Tempat Wisata di Bandung Barat

Tempat Wisata di Bandung Barat | Foto : katalogwisata(dot)com

Tidak hanya di Bandung Utara yang terdapat banyak tempat wisata. Tempat wisata di Bandung Barat juga tidak kalah banyak. Seperti yang akan dibahas di artikel ini mengenai tempat-tempat wisata disana.

1. Situ Ciburuy

Situ Ciburuy

Situ Ciburuy | Foto : exspresiku(dot)blogspot(dot)com

Situ ini adalah danau alami yang cukup terkenal. Bahkan diangkat menjadi tema lagu tradisional Sunda yang diberi judul sama. Situ ini tidak jauh dari Padalarang (salah satu kota di Bandung barat).

Luas situ ini adalah sekitar 25 hektar. Ditengah-tengahnya terdapat pulau rindang. Untuk tiba sampai tengah danau para pengunjung dapat menyewa perahu dengan biaya 15.000 rupiah. Kini Situ Ciburut telah tertata rapi, jalan masuk ke tepi danaunya sudah baik.

Situ Ciburuy Bandung

Situ Ciburuy Bandung | Foto : bandung(dot)panduanwisata(dot)id

Juga telah ada kedai buah-buahan, minuman, makanan, cenderamata, rumah makan, pentas kesenian juga fasilitas untuk menaiki perahu.

2. Curug Malela

Curug Malela

Curug Malela | Foto : tempatwisatadibandung(dot)info

Ketinggian curug ini adalah 60 sampai 70 meter serta lebar 50 meter. Hulu sungai curug ini asalnya dari lereng bagian utara Gunung Kendeng. Nantinya akan mengalir dengan membentuk sebuah jaringan Sungai Cidadap. Air curug ini deras sekali. Jika Anda beruntung maka bisa menyaksikan monyet ekor panjang yang sedang minum di bawah Curug Malela. Jumlahnya ada ratusan.

Curug Malela Bandung

Curug Malela Bandung | Foto : www(dot)flickr(dot)com

Curug ini adalah air terjun yang teratas dibandingkan rangkaian air terjun yang panjangnya 1 km. Pertama adalah Curug Malela lalu Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir lalu Pameungpeuk. Semuanya ada di Desa Cicadas Kabupaten Bandung Barat.

3. Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung Lembang

Taman Bunga Cihideung Lembang | Foto : eleva(dot)co

Di salah satu tempat wisata di Bandung Barat ini ada banyak tanaman bunga yang dapat Anda temui. Ada tanaman hias sampai tanaman potong. Tanaman hias dipakai jadi pengindah taman sementara tanaman potong digunakan untuk dekorasi.

Tanaman Di Taman Bunga Cihideung

Tanaman Di Taman Bunga Cihideung | Foto : karyawangiparongpong(dot)blogspot(dot)com

Sebanyak lebih dari 80 persen warga desa ini punya pekerjaan sebagai petani bunga. Sebanyak 30 persennya adalah petani bunga potong sementara 50 persennya bunga hias.

4. Goa Pawon

Goa Pawon

Goa Pawon | Foto : www(dot)tempo(dot)co

Selama ini Goa Pawon dianggap bukan tempat yang istimewa. Letaknya ada di lokasi penambangan dengan banyak jenis batu. Tempat ini tadinya hanya dijadikan tempat bernaung para penambang juga jadi tempat untuk anak-anak bermain.

Penemuan Fosil Di Goa Pawon

Penemuan Fosil Di Goa Pawon | Foto : regional(dot)kompas(dot)com

Akan tetapi ternyata didalamnya terdapat misteri kehidupan masa lalu. Telah ditemukan sebanyak 20.250 tulang belulang serta serpihan batu berjumlah 4.050 buah. Kira-kira usia penemuan tersebut adalah 10.000 tahun.

Itulah beberapa tempat wisata di Bandung Barat yang tidak biasa. Ada yang indah ada juga yang menyimpan misteri. Semuanya adalah tempat menyenangkan untuk dijadikan tempat liburan. Pilih salah satu dari tempat wisata yang telah disebutkan diatas untuk mengisi liburan Anda.

Leave a Reply