4 Tempat Wisata Kopi Di Bandung yang Wajib Dikunjungi Oleh Pecinta Kopi

Wisata Kopi Di Bandung

Wisata Kopi Di Bandung | Foto : 7-themes(dot)com

Wisata kopi di Bandung, kiranya akan menjadi kegiatan yang menarik bagi para penikmat kopi. Minuman yang berasal dari biji berwarna gelap dan berasa pahit ini, sudah menjadi minuman yang banyak digemari oleh banyak masyarakat dunia. Sejak ditemukan berabad-abad yang lalu, pengolahan kopi pun telah berkembang hingga melahirkan berbagai produk turunan dari kopi hitam yang sekarang ini sudah terkenal diberbagai kalangan masyarakat dunia.

Dari segi usaha, kopi ternyata memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya tempat yang menawarkan kopi, mulai dari kedai kopi tradisional, warung pinggir jalan hingga restoran dan cafe yang lebih bersifat komersil. Untuk mengenal seperti apa tempat penjualan kopi, berikut adalah beberapa tempat wisata Kopi di Bandung yang wajib dikunjungi.

1. Paberik Kopi Aroma

Paberik Kopi Aroma

Paberik Kopi Aroma | Foto : www(dot)thetravelapartment(dot)com

Siapa yang tidak mengenal Paberik Kopi Aroma? Pabrik kopi di Bandung merupakan tempat pengolahan kopi. Pengunjung bisa melihat bagaimana kopi diolah dari biji hingga proses penggilingan. Tempat yang telah berdiri sejak tahun 1936 ini, sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata kopi. Di tempat ini, pengunjung bisa lebih mengenal sejarah dan seluk beluk kopi, terutama dari sudut pandang produksi. Dari mulai informasi macam-macam biji kopi, hingga pengolahan kopi bisa didapat ditempat ini.

2. Gerobak Kopi Djenggo

Gerobak Kopi Jenggo Bandung

Gerobak Kopi Jenggo Bandung | rosgol(dot)blogspot(dot)com

Sesuai dengan namanya, kopi ini dijual dengan menggunakan gerobak. Konsepnya, tak jauh berbeda dengan warung angkringan di Jogja. Namun demikian, citarasa kopi di tempat ini bisa dikatakan sangat berkelas. Hal itu berkaitan dengan latar belakang pemiliknya yang pernah berprofesi sebagai barista.

Target pengunjung bagi Gerobak Kopi Djenggo ini adalah kalangan mahasiswa. Tidak heran jika gerobak kopi ini ber lokasi di tempat nongkrong yang berdekatan dengan kampus-kampus di Bandung, semisal Unpad Dipati Ukur dan Jatinangor, Universitas Maranatha, dan kampus-kampus beken di Bandung lainnya.

3. Kopitiam Oey atau Kopi Oey

Kopitiam Oey

Kopitiam Oey | Foto : travelawan(dot)com

Tempat ngopi yang berada di Jalan Braga no. 45 ini menyuguhkan berbagai macam kopi lokal dengan harga yang terjangkau. Pemilik dari kafe ini adalah Pak Bondan yang terkenal sebagai salah satu pelopor masakan Nusantara yang ada di acara salah satu stasiun televisi. Suasana di tempat ini berkesan tempo dulu, namun demikian citarasa dan harga kopi di tempat ini sangat luar biasa.

4. Two Hands Full Coffee

Kedai Kopi Di Bandung

Two Hands Full Coffee | Foto : www(dot)cikopi(dot)com

Berbeda dengan tempat ngopi lainnya, Two Hands Full Coffe hadir dengan membawa konsep baru bagi pecinta kopi di Bandung. Tidak hanya menyajikan kopi yang lezat dan menarik untuk dicoba, Two Hands Full Coffe juga memberikan informasi lebih kepada pengunjungnya yang mencicipi kopi khas yang ada di sana. Pemilik dari kafe ini adalah seorang Q Grader atau seorang pencicip rasa kopi kelas Internasional yang memberikan informasi mengenai rasa kopi yang dihidangkan dio kafe tersebut.

Wisata kopi di Bandung hanyalah satu dari sekian banyak wisata unik di kota yang berjuluk Kota Kembang tersebut. Kegiatan wisata ini tentunya tak bisa melepaskan diri dari sejarah panjang kopi di Kota Bandung sendiri. Jauh sebelum Bandung menjadi kota yang berkembang seperti sekarang ini, pemerintah Belanda melalui kongsi dagang VOC telah mengadakan pemetaan wilayah yang dikenal sebagai Hindia-Belanda, salah satunya Bandung. Dari sinilah kemudian lahir banyaknya jenis-jenis kopi yang bisa dinikmati di berbagai tempat di Bandung.

Pengolahan Kopi

Pengolahan Kopi | Foto : www(dot)kulinerbdg(dot)com

Selain empat tempat di atas, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata kopi di Bandung yang bisa dikunjungi. Namun demikian, keempat tempat di atas, kiranya mampu mewakili beberapa kategori tempat ngopi di Bandung.

Baca juga : Tempat Wisata Outdoor di Bandung – Menikmati Sensasi Main di Alam Bandung!

Add Comment