13 Tempat Wisata Di Bogor Dari Wisata Alam Hingga Wisata Keluarga

Wisata Di Bogor

Wisata Di Bogor | Foto : nrmnews(dot)com

Sebagai kota yang dekat dengan ibukota, Bogor memiliki banyak tempat wisata yang diburu oleh wisatawan. Tidak hanya wisatawan dari kota-kota terdekat, seperti Jakarta dan sekitarnya, tempat wisata di Bogor juga banyak dikunjungi oleh wisatawan luarkota lainnya hingga wisatawan asing.

Banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi di kota berjuluk kota hujan ini. Ingin tahu dimana saja tempat wisata di Kota Bogor yang mengasyikan? Berikut uraiannya;

1. Taman Safari Cisarua Bogor

Taman Safari Cisarua Bogor

Taman Safari Cisarua Bogor | Foto : www(dot)kiostix(dot)com

Salah satu tempat wisata di Kota Bogor yang banyakdikunjungi wisatawan adalah Taman Safari Cisarua Bogor. Taman Safari Cisarua Bogor ini merupakan kebun binatang terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya yang tidak jauh dari pintu Tol Jagorawi membuat tempat wisata yang satu ini sangat digemari oleh pengunjung.

Koleksi satwa yang lengkap dan wahana liburan keluarga yang banyak juga membuat Taman safari sering dijadikan destinasi wisata bagi keluarga di Indonesia. Tidak hanya itu, disekitar tempat wisata ini juga banyak penginapan dan juga hotel terbaik bagi pengunjung yang ingin menikmati tempat wisata yang satu ini.

2. Kebun Teh Gunung Mas

Kebun Teh Gunung Mas Bogor

Kebun Teh Gunung Mas Bogor | Foto : 1hal(dot)com

Kebun teh Gunung Mas merupakan wisata alam dengan pesona yang mampu menyejukkan pengunjungnya. Tidak jauh berbeda dengan kebun the yang ada di kawasan Lembang Bandung, kawasan kebun the Gunung Mas ini juga menyediakan keindahan perkebunan hijau di Bogor yang sangat mengagumkan. Pengunjung bisa menikmati sejuknya kawasan hijau serta menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat untuk berfoto ria.

3. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari Bogor

Taman Wisata Matahari Bogor | Foto : www(dot)tamanwisatamataharipuncak(dot)com

Taman Wisata Matahari merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang dapat dibilang cukup murah dan cocok untuk keluarga. Terdapat beberapa wahana menarik yang bisa dicoba ditempat ini, seperti wahana outbpund, arung jeram, games keluarga, mincing, dan lain sebagainya. Letaknya juga cukup murah dijangkau, tepat disebrang pintu masuk Taman Safari, taman wisata yang satu ini bisa langsung Anda ketahui.

4. Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga Warna | Foto : fotowinara(dot)com

Telaga Warna merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Bogor dengan pemandangan alam yang sangat mengagumkan. Lokasinya yang berada di perbatasan Puncak dan Cianjur membuatnya sangat dikenal dikalangan wisatawan. Telaga Warna merupakan sebuah telaga yang warna airnya dihasilkan oleh pantulan cahaya matahari yang menembus warna hijau dari pepohonan sekitarnya.

5. Curug Kembar

Curug Kembar Bogor

Curug Kembar Bogor | Foto : www(dot)manjaw(dot)com

Curug atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan air terjun di Bogor jumlahnya sangat banyak. Salah satu air terjun yang terkenal di kota hujan ini adalah Curug Kembar. Curug yang terletak di Desa Batulayang Bogor ini sebenarnya ada lima. Namun, dua dari kelima cuurg ini berada berdekatan, sehingga banyak orang menyebutnya sebagai curug kembar.

6. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung Bogor

Taman Riung Gunung Bogor | Foto : www(dot)wisatapuncak(dot)net

Taman Riung Gunung terletak di Puncak yang khas dengan kebun tehnya. Selain pemandangan alam yang hijau, disini juga terdapat fasilitas kolam renang dan taman bermain anak-anak yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Adapula bumi perkemahan bagi pengunjung yang ingin berkemah dikawasan tersebut. Harganya cukup terjangkau, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

7. Istana Presiden

Istana Presiden

Istana Presiden | Foto : www(dot)rmol(dot)co

Istana Presiden merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang banyak dikunjungi wisatawan. Istana Presiden ini terletak di daerah Cipanas Bogor. Istana Presiden sendiri sebenarnya kawasan tertutup untuk umum. Namun, pengunjung bisa melihatnya secara langsung dan lebih dekat dari Kebun Raya Bogor. Ya, Kebun Raya Bogor dan Istana Presiden ini berada dalam satu kawasan yang sama.

Di kawasan Istana Presiden ini, pengunjung bisa menikmati keindahan dari berbagai macam tanaman yang tumbuh dilingkungan tersebut. Ada juga kawanan rusa yang bisa pengunjung beri makan yang berlarian dikawasan Istana Presiden dan Kebun Raya Bogor tersebut.

8. Warso Farm

Warso Farm Bogor

Warso Farm Bogor | Foto : lokasi(dot)nyarinyari(dot)com

Warso Farm merupakan tempat wisata berupa perkebunan durian yang luasnya mencapai 8,5 Ha. Perkebunan durian ini menjadi pelopor agrowisata durian di Indonesia untuk pertama kalinya. Terdapat sekitar 900 pohon durian dengan varietas beragam yang ada di perkebunan ini. Pengunjung tidak diperkenankan untuk memetik buah durian langsung dari pohonnya. Namun, disini disediakan tempat untuk menikmati penganan dari buah durian, buah duriannya sendiri, bahkan bisa membawa buah durian sebagai oleh-oleh.

9. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang | Foto : wisatajawa(dot)com

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan tempat wisata budaya yang ada di Kota Bogor. Konon, tempat wisata budaya ini sudah ada sejak abad ke-12 dan merupakan tempat tinggal salah satu isteri Prabu Siliwangi. Disini, ada banyak wisata budaya, berupa pertunjukan kesenian tradisional hingga pengetahuan tentang kasepuhan Sunda di masa lampau.

10. Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis Bogor

Prasasti Batu Tulis Bogor | Foto : www(dot)merdeka(dot)com

Wisata di Bogor lain yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Prasasti Batu Tulis. Prasasti Batu Tulis bisa dikatakan sebagai wisata sejarah yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Pajajaran. Prasasti ini dibuat pada pemerintahan Surawisesa tahun 1521-1535. Surawisesa sendiri merupakan salah satu putra Prabu Siliwangi.

Selain batu prasasti yang menerangkan tentang kebesaran Prabu Siliwangi ketika mempimpin kerajaan, dikawasan ini juga terdapat satu objek wisata yang juga ramai dikunjungi, yaitu Batu tapak. Batu tapak ini merupakan batu dengan adanya tanda bekas telapak kaki Prabu Surawisesa. Ada juga beberapa benda pusaka yang ada disana, seperti meja batu bekas sesajen, batu sandaran bekas raja yang dilantik, lima buah tonggak batu yang merupakan punkawan (pengiring-penjaga-emban), dan batu lingga.

11. The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure | Foto : www(dot)kompasiana(dot)com

The Jungle Water Adventure adalah salah satu tempat rekreasi keluarga yang terkenal di Kota Bogor. Jungle Water Adventure ini dibangun disebuah lahan dengan latar pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango. Disini, tersedia berbagai wahana air yang menarik untuk dicoba, seperti slide pool, racer slide, kiddie pool, tube slide, spiral slide, dan masih banyak lagi.

12. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort

The Highland Park Resort | Foto : meetrip(dot)to

Berbeda dengan tempat wisata di Bogor lainnya, The highland Park Resort merupakan penginapan dengan konsep seperti resort yang ada di Mongolia. Resort ini menyediakan tempat penginapan berbentuk tenda-tenda jika dilihat dari luar. Namun, begitu masuk ke dalam, fasilitas resort tersebut sangatlah lengkap. Mulai dari lantai keramik yang indah dan bersih, fasilitas pendingin ruangan (AC), tempat tidur yang nyaman, sofa empuk, shower, wastafel, hingga toilet permanan nan nyaman layaknya di hotel.

Selain menawarkan penginapan yang menraik, disini juga tersedia berbagai kegiatan wisata outbound yang lengkap dan aman, seperti flying fox, futsal, dan lain sebagainya. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan Gunung Salak yang menjadi latar tempat resort yang satu ini.

13. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari | Foto : anekatempatwisata(dot)com

Sebagai tempat wisata berkonsep konservasi, reboisasi, sdukasi, dan rekreasi, Taman Wisata Mekarsari memang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Dilahan seluas 264 Ha, taman buah terbesar di Indonesia ini memiliki koleksi sekitar 1470 varietas tanaman buah dan juga 100.000 pohon yang tumbuh dilahannya.

Selain bisa menikmati buah-buah segar langsung dari pohonnya, disini pengunjung juga bisa mengelilingi kebun buah dengan kereta keliling yang disediakan oleh pengelola. Ada juga beberapa wahana rekreasi yang bisa dicoba oleh pengunjung, seperti angsa air, banana boat, aqua bike, hingga floating donut. Selain itu, ada juga kegiatan outbound yang bisa dilakukan bersama keluarga. Tersedia juga paket-paket kegiatan menarik disini, seperti Family Camp atau Family Biking Camp.

Itulah beberapa tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Masih banyak tempat wisata di kota hujan ini yang sayang untuk dilewatkan, seperti Gunung Pancar, Air Terjun Bidadari, Taman Budaya Sentul, Air Panas Ciparay, dan masih banyak lagi. Selamat berlibur!

Add Comment