10 Makanan Khas Cirebon Ini Bisa Bikin Kamu Mabuk Kepayang

Makanan Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon | Foto : www(dot)tomiorentalmobilcirebon(dot)com

Cirebon terkenal sebagai kota udang dan kota wali. Disini terdapat banyak budaya yang bersatu, sehingga menghasilkan adat, budaya, dan bahasa tersendiri. Mulai dari adat Sunda, Jawa, hingga Eropa dan Cina berbaur di Kota ini yang kemudian melahirkan keunikan-keunikan tersendiri. Tidak heran jika dari mulai makanan khas Cirebon hingga budaya di kota ini pun memiliki keanekaragaman.

Kuliner Khas Cirebon

Kuliner Khas Cirebon | Foto : cirebontren(dot)blogspot(dot)com

Berbicara mengenai makanan, kota Cirebon memang memiliki beberapa makanan yang khas. Makanan yang khas dari Kota Udang ini memang bercitarasa unik dan tidak bisa ditemui diwilayah manapun. Berikut ini beberapa makanan khas dari Kota Cirebon yang bisa membuat Anda ketagihan;

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang | Foto : www(dot)satujam(dot)com

Nasi Jamblang atau masyarakat biasa menyebutnya Sega Jamblang merupakan menu makanan yang berasal dari Desa Jamblang, salah satu nama daerah di Kota Cirebon. Dulunya, Nasi Jamblang ini dibagikan pada pekerja pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan yang melewati Cirebon.

Bahan-bahan Nasi Jamblang

Bahan-bahan Nasi Jamblang | Foto : www(dot)flickr(dot)com

Nasi Jamblang ini berupa sajian nasi putih hangat dengan menu pelengkap yang banyak. Menu pelengkap Nasi Jamblang ini di antaranya sambal goreng, sate kentang, paru, semur daging, ikan asin, semur ikan, telur dadar, tahu, tempe, perkedel, tahu sayur, dan telur goreng.

Biasanya, Nasi Jamblang ini dibungkus dengan daun jati agar bisa menjaga kualitas nasi dan isinya agar tetap pulen ketika dinikmati.

2. Nasi Lengko

Nasi Lengko Khas Cirebon

Nasi Lengko Khas Cirebon | Foto : www(dot)satujam(dot)com

Makanan khas Cirebon lainnya adalah nasi lengko. Nasi lengko ini merupakan makanan khas yang cukup sederhana. Dengan nasi panas yang dilengkapi dengan tempe, tahu, taoge, dan mentimun kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap yang menambah kelezatan makanan khas kota udang ini. Untuk melengkapi menu tersebut, Anda dapat menambahkan kerupuk atau emping ketika menyantap nasi lengko ini.

3. Tahu Gejrot

Penganan Tahu Gejrot Khas Cirebon

Penganan Tahu Gejrot Khas Cirebon | Foto : wisnuwidiarta(dot)wordpress(dot)com

Makanan khas dari Kota Cirebon ini sudah tidak asing lagi ditelinga. Di berbagai wilayah di Pulau Jawa, banyak pedagang Tahu Gejrot menjajakan makanan khas yang satu ini. Tahu gejrot ini biasanya disajikan diatas piring kecil dari tanah liat. Dipiring khas tersebut disajikan tahu lamping atau tahu Sumedang, cairan bumbu yang terdiri atas air masak, gula merah, cabai, bawang merah, bawang putih yang kemudian diulek dan disiramkan diatas potongan tahu.

4. Empal Gentong

Empal Gentong Khas Cirebon

Empal Gentong Khas Cirebon | Foto : www(dot)mimunmedia(dot)com

Siapa yang tidak tahu empal gentong? Empal gentong merupakan olahan daging yang dimasak seperti layaknya gulai. Yang membedakannya dengan gulai adalah bumbu dan juga cara memasaknya. Empal genting khas Cirebon ini dimasak dengan menggunakan gentong yang terbuat dari kayu pohon asam yang dimasak selama lima jam. Daging yang digunakan pun daging kerbau muda yang tentunya memiliki cita rasa yang khas.

5. Docang

Docang

Docang | Foto : ceritaanda(dot)viva(dot)co(dot)id

Docang merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang biasa dihidangkan untuk sarapan pagi. Docang ini terdiri dari lontong yang ditambah dengan daun singkong, tauge, tempe atau bisa juga diganti dengan sayur dage yang ditaburi dengan kelapa muda. Sajian Docang ini kemudian disiram dengan kuah yang gurih dan lezat. Harganya yang terjangkau membuat semua orang menyukai menu makanan yang satu ini.

6. Bubur Sop

Bubur Sop khas Cirebon

Bubur Sop khas Cirebon | Foto : www(dot)satujam(dot)com

Bubur sop merupakan menu kombinasi antara bubur ayam dan sop. Seperti namanya, bubur sop ini terdiri atas bubur dari nasi putih seperti biasa yang ditambah dengan irisan kol, daun bawang, seledri, tauco, suwiran daging ayam yang selanjutnya disiram dengan kuah sop. Bagi Anda yang penasaran dengan menu makanan khas kota udang ini, bisa menemukannya di kawasan ramai Kota Cirebon malam hari. Karena kebanyakan penjual bubur sop ini mulai berjualan pada malam hari.

7. Mie Koclok

Mie Koclok Khas Cirebon

Mie Koclok Khas Cirebon | Foto : www(dot)satujam(dot)com

Satu lagi makanan khas kota udang yang terkenal dengan kenikmatannya. Menu makanan khas ini dikenal dengan nama mie koclok. Mie koclok ini terdiri atas mie kuning yang ditaburi irisan kol, suwiran daging ayam, dan potongan telur. Kemudian mie koclok ini disiram dengan kuah santan yang panas. Biasanya sajian mie koclok panas ini akan semakin nikmat dengan kerupuk khas Cirebon atau emping yang renyah.

8. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat khas Cirebon

Kerupuk Melarat khas Cirebon | Foto : top6akpermdn(dot)wordpress(dot)com

Cemilan khas Cirebon ini sangat unik dan gurih. Uniknya adalah cara memasaknya yang menggunakan pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu kemudian diayak dan dipanaskan. Warna dari kerupuk ini pun beragam, merah muda, putih, kuning, hingga hijau. Tidak usah khawatir dengan rasa. Kerupuk ini memiliki cita rasa yang gurih dan juga sehat, karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia dalam pembuatannya.

9. Sate Kalong

Sate Kalong khas Cirebon

Sate Kalong khas Cirebon | Foto : id(dot)openrice(dot)com

Jangan berpikir jika sate ini terbuat dari sate kalong atau kelelawar ya! Sate ini sebenarnya terbuat dari daging kerbau yang diolah dan dibumbui seperti halnya sate daging biasa. Yang membedakannya adalah sate kalong khas Cirebon ini dijual pada malam hari dan cara berjualannya pun menggunakan klonongan. Klonongan ini berupa benda yang biasa digantungkan dileher kerbau yang bisa mengeluarkan suara yang khas.

10. Teh Poci

Teh Poci khas Cirebon

Teh Poci khas Cirebon | Foto : www(dot)kaskus(dot)co(dot)id

Teh poci merupakan satu dari sekian banyaknya minuman khas Cirebon. Teh poci ini merupakan sajian teh hijau melati segar yang diseduh didalam teko atau poci yang terbuat dari tanah liat. Kealamian dari teh yang dihidangkan teko tanah liat ini semakin alami dengan tambahan gula batu yang memaniskan rasa teh tersebut. Biasanya teh poci ini dihidangkan pada pagi dan sore hari sebagai penyambut hari dan merelaksasikan diri.

Nah, itulah 10 dari sekian banyaknya makanan khas Cirebon yang bisa membuat ketagihan. Jika Anda yang berada diluar Cirebon, segera coba makanan khas kota udang tersebut dan rasakan kelezatannya.

Baca juga : Liburan Jangan Hanya Bermain! Belajar di Tempat Wisata Edukasi di Bandung

Leave a Reply