6 Tempat Wisata di Garut yang Garut Banget Pokoknya!

Tempat Wisata di Garut yang Garut Banget

Tempat Wisata di Garut yang Garut Banget | Foto : www(dot)flickr(dot)com

Ada berapa banyak tempat wisata di Garut? Sudah sejak lama Garut terkenal dengan keragaman wisatanya yang sangat populer seperti wisata pemandian air panas Cipanas atau wisata kuliner khas Garut, yaitu dodol Garut.

Apa lagi wisata menarik di Garut yang tak bisa dijumpai di daerah lainnya di Jawa Barat atau bahkan di seluruh Indonesia? Pernah menyaksikan wisata domba dan wisata fashion jaket kulit domba? Hanya di Garut Anda bisa menemukannya.

Nah, berikut ini adalah destinasi wisata di Garut yang Garut banget pokoknya.

1. Pemandian Air Panas di Cipanas

Pemandian Air Panas di Cipanas

Pemandian Air Panas di Cipanas | Foto : anekatempatwisata(dot)com

Inilah tempat wisata di Garut yang melambangkan Kota Garut, apalagi kalau bukan Cipanas. Kawasan wisata berupa pemandian air panas ini merupakan tempat wisata Garut yang terpopuler.

Hal ini terlihat dengan sangat ramainya tempat ini setiap hari libur, sehingga tak heran jika di Cipanas ada banyak sekali penginapan, mulai dari hotel sampai bungalow.

Yang membuat Cipanas lebih istimewa adalah letaknya yang tak jauh dari pusat Kota Garut, yaitu hanya berjarak kurang lebih 6km atau menempuh perjalanan hanya 15 menit dari Kota Garut.

Air panas yang disediakan di Cipanas ini adalah air alami dari gunung dan mengandung banyak mineral sehingga saat menyehatkan tubuh sekaligus bisa juga mengobati berbagai penyakit. Adapun suhu air panasnya adalah sekitar 37 – 46 derajat Celcius.

Untuk tempatnya pun, banyak pilihannya dan yang paling terkenal adalah Sabda Alam serta banyak lagi yang lainnya.

Dengan berendam di air panas di Cipanas ini, Anda tak hanya sekadar berwisata air, tetapi juga bisa menyegarkan kembali kebugaran tubuh karena otot-otot yang kaku jadi mengendur sekaligus bisa untuk relaksasi.

Sisi lain dari Cipanas adalah Anda bisa juga mencoba olahraga hiking dan paralayang di sekitar Gunung Guntur Cipanas Garut.

2. Wisata Domba Garut

Adu Domba Garut

Adu Domba Garut | Foto : udadias(dot)blogspot(dot)com

Pernah menyaksikan wisata domba? Inilah tempat wisata di Garut yang Garut banget pokoknya.

Mungkin sebagian orang masih aneh mendengar wisata domba di Garut. Garut terkenal dengan keunikan wisatanya sehingga membuat penasaran banyak orang, salah satunya wisata domba.

Kota kecil di Jawa Barat ini memang terkenal dengan domba garutnya, sehingga banyak juga para turis, baik itu lokal maupun mancanegara, sengaja datang ke Garut hanya untuk menyaksikan domba garut.

Di mana kita bisa menyaksikan domba garut saat berlibur ke Garut? Wisata domba di Garut sangat banyak dan mudah ditemukan, salah satunya di Desa Rancabango yang bisa ditempuh dengan sangat mudah bersama keluarga Anda.

Di desa ini, banyak orang yang sengaja untuk melihat domba khas Kota Garut yang memang berbeda dengan domba-domba dari daerah lainnya di Jawa Barat.

Domba garut bertubuh lebih besar dengan tanduk berbentuk unik dan lebih besar. Inilah yang membuat banyak orang ingin melihatnya secara langsung.

Selain itu, yang lebih menarik lagi adalah permainan adu domba yang rutin dilakukan, perawatan domba, memandikan domba, dan lain sebagainya.

Jadi, saat berlibur ke Garut, sempatkan pula untuk menyaksikan wisata domba garut yang sangat unik dan menarik pastinya.

3. Kawah Putih Talaga Bodas Kembaran Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Talaga Bodas

Kawah Putih Talaga Bodas | Foto : cendikianews(dot)com

Bila menginginkan tempat wisata di Garut yang menyajikan keindahan alam, Kawah Putih Talaga Bodas adalah jawabannya.

Di Talaga Bodas yang artinya ‘danau putih’ ini kita semua bisa measakan kesejukan udara pegunungan dan menikmati perbukitan hijau yang sangat memesona. Jika dibandingkan Kawah Putih Ciwidey, keindahan di Kawah Talaga Bodas ini beda-beda tipis.

Selain menikmati keindahan alam, di sini juga Anda bisa berendam air panas sama seperti di Cipanas, karena memang tersedia juga beberapa bak berendam air panas yang bisa dinikmati.

Air panas yang mengandung belerang di kawah ini tentu saja berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti misalnya memperlancar peredaran darah dan rematik.

Kalau boleh disimpulkan, Kawah Putih Talaga Bodas merupakan destinasi wisata yang sangat menarik di Kabupaten Garut.

4. Wisata Kuliner Dodol Picnic

Toko Oleh-oleh Dodol Picnic

Toko Oleh-oleh Dodol Picnic | Foto : www(dot0kapuas(dot)info

Belum lengkap rasanya berlibur ke Garut jika tidak membeli dodol Garut di pabrik dodol yang sangat melegenda. Saat membahas tentang dodol Garut, pikiran kita pasti akan tertuju pada sebuah kemasan kotak warna merah jambu yang berisi tulisan “Dodol Picnic”.

Ya, saat berlibur ke Garut, cobalah datang ke pabrik Dodol Picnic yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Di pabrik dodol ini, kita bisa secara langsung melihat proses pengolahan dodol, mulai pengadukan sampai pembungkusan dodol.

Tak hanya itu, kita pun boleh mencoba untuk mengaduk dodol yang semakin lama diaduk akan semakin terasa liat.

Nah, setelah menyaksikan pembuatan dodol, kini saatnya mencoba menikmati kelezatan Dodol Picnic, mulai rasa original, berbagai rasa buah, sampai rasa jahe dan wijen. Terakhir adalah belanja dodol untuk oleh-oleh pastinya.

Bagi yang ingin berwisata kuliner Dodol Picnic di Garut, silakan datang langsung ke pabriknya di Jalan Pasundan Nomor 102 Garut.

5. Wisata Kuliner Chocodot, Cokelat Isi Dodol

Wisata Kuliner Chocodot

Wisata Kuliner Chocodot | Foto : bandung(dot0bisnis(dot)com

Selain Dodol Picnic, tempat wisata di Garut yang serupa dan menyajikan dodol adalah toko Chocodot, toko makanan yang menjual cokelat isi dodol atau lebih dikenal dengan chocodot.

Selain Dodol Picnic, kini hadir inovasi baru pengolahan dodol yang disebut chocodot. Chocodot atau cokelat isi dodol kini semakin terkenal ke seluruh Indonesia karena kerajinan si pembuat chocodot, Kiki Gumelar, memperkenalkan produknya di berbagai pameran, termasuk di Jakarta.

Tak hanya cokelat isi dodol, untuk lebih memuaskan para penggemar dodol, Kiki pun berinovasi dengan membuat cokelat dodol rasa buah serta cokelat isi abon daging.

Chocodot pun membuat inovasi baru berupa cokelat dengan gula rendah kalori serta cokelat edisi humor.

Kenapa chocodot ini banyak penggemarnya? Jawabannya karena rasa cokelatnya tak begitu manis ditambah perpaduan sempurna dengan dodol khas Garut. Sekali digigit, dijamin Anda akan ketagihan.

Jadi, wajib bagi para wisatawan berwisata kuliner ke toko Chocodot ini. Selain membeli untuk oleh-oleh, Anda pun bisa ikut kelas membuat chocodot atau hanya sekadar melihat-lihat demo bagaimana pembuatan cokelat isi dodol ini.

Di mana alamat toko Chocodot ini? Langsung saja Anda datang ke toko Chocodot yang terletak di Jalan Otto Iskandardinata Nomor 2, Pasawahan, Garut.

6. Wisata Fashion Jaket Kulit Domba

Toko Jaket Kulit Domba di Garut

Toko Jaket Kulit Domba di Garut | Foto : besttown(dot)co(dot)id

Busana atau pakaian yang dibuat dari kulit asli memang cukup mahal harganya seperti jaket kulit dari kulit sapi. Nah, Kota Garut pun memiliki tempat wisata belanja berupa produk-produk dari kulit domba dan yang paling terkenal adalah jaket kulitnya dengan harga yang pasti lebih mahal.

Tapi, harga jaket kulit Garut ini dijamin sepadan dengan kualitasnya dan gak akan rugi beli jaket kulit di Garut.

Kenapa berkualitas? Karena teksturnya lembut sekali serta tidak kaku seperti kulit sapi. Ketika dipegang pun, terasa sangat halus di tangan. Adapun domba garut yang dimanfaatkan kulitnya untuk membuat jaket kulit ini biasanya adalah domba berumur 1 tahun.

Bila ingin berwisata belanja jaket kulit di Garut, Anda bisa mengunjungi sepanjang Jalan Ahmad Yani, sebab di jalan tersebut menjamur toko busana dari kulit domba.

Salah satu toko yang terkenal dan paling direkomendasikan adalah Toko Astiga milik Yunus Sopian. Di toko ini, kita dapat belanja produk-produk dari kulit domba, mulai jaket, sepatu, sandal, sampai tas.

Bagaimana harganya? Untuk jaket, harga yang ditawarkan mulai 500 ribu ke atas, walaupun cukup mahal, tetapi kualitas tak akan menipu.

Nah, salah satu produk jaket kulit yang ditawarkan di sini adalah jaket kulit domba dengan perpaduan tenun Sumbawa.

Tak hanya sekadar beberlanja, di Toko Astiga ini pun kita dapat menyaksikan proses pembuatan jaket kulit dan produk lainnya.

Wah, sangat unik dan menarik bukan 6 tempat wisata di Garut tersebut? Selamat berlibur di Garut! Jangan lupa belanja jaket kulit dan nikmati dodol khas Garut ya!

Add Comment