Wisata Edukatif Kampung Batu Malakasari Bandung

Danau buatan Kampung Batu Malakasari Bandung

Danau buatan Kampung Batu Malakasari Bandung

Masih bingung mencari tempat wisata outbond yang edukatif? Anda sekeluarga kini bisa pergi ke Kampung Batu Malakasari Bandung. Di lokasi wisata ini Anda tak hanya sekadar menikmati pemandangan dan permainan. Tetapi juga, bisa mengajak anak Anda mengenal lebih jauh tentang wawasan alam. Ingin tahu infonya lebih lanjut? Simak artikel berikut.

Saung Adat Sunda

Saung Adat Sunda

Tempat wisata Kampung Batu Malakasari terletak di Jl. Raya Banjaran, Desa Malakasari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Jika Anda keluar dari tol M. Toha atau Buah Batu, jaraknya antara 6-7 km ke arah selatan. Lokasinya memang sedikit tersembunyi dan harus melewati beberapa pemukiman penduduk.

Pemandangan Kawasan Wisata Kampung Batu Malakasari Bandung

Pengunjung sedang flying fox di atas danau buatan

Awalnya, Kampung Batu Malakasari merupakan kawasan pertambangan batu yang tidak terurus. Area pertambangan itu kemudian dibeli oleh Ir. H. Waryo. Beliau bekerja sama dengan ahli geofisika bernama Ir. Bambang untuk kemudian membangun tempat tersebut menjadi kawasan wisata.

Di dalam kawasan seluas 50.000 meter persegi ini tersimpan bongkanan batuan metamorfik yang membentuk gunung lipatan. Tempat tersebut kemudian direklamasi dengan dibuatkan danau yang dikelilingi saung-saung adat Sunda.

Sebagai tempat wisata alam yang edukatif, ada beberapa objek yang bisa dinikmati di Kampung Batu Malakasari. Salah satunya adalah naik perahu di atas danau. Dari atas perahu anak-anak bisa melakukan pengamatan akan tentang proses geologi. Yakni, pembentukan bukit batu yang kemudian berhubungan dengan gempa tektonik. Hal ini nantinya akan dijelaskan oleh pemandu wisata.

Ada juga pesawahan dan perkebunan. Di sana anak Anda akan dikenalkan dengan tanaman hias, tanaman pertanian (seperti jagung, sayuran, buah-buahan, dan palawija), serta tanaman obat. Diajarkan juga tentang proses pembibitan dan praktik langsung di lapangan.

Selain area pesawahan dan perkebunan, ada juga area peternakan seperti peternakan hewan unggas, kelinci, marmot, sapi dan penangkaran rusa. Di sana Anak akan diajarkan tentang manfaat hewan ternak dan mengenalkan cara beternak yang baik.

Kolam renang untuk dewasa

Kolam renang untuk dewasa

Jangan lupa bawa baju ganti. Kampung Batu Malakasari juga menawarkan fasilitas lain yang sangat menghibur. Salah satunya adalah waterboom. Kolam rengannya cukup luas. Di sana Anda dan anak bisa berenang sepuasnya.

Waterboom/Kolam renang anak-anak

Waterboom/Kolam renang anak-anak

Masih di sekitar kolam renang waterboom, terdapat juga perosotan yang sangat cocok untuk bermain anak. Sistem keamanannya tergolong baik, jadi Anda tak perlu khawatir.

Permainan perosotan untuk Anak-anak

Permainan perosotan untuk Anak-anak

Selain water boom ada juga kolam berombak. Kolam ini memiliki area cukup luas dan dilengkapi oleh fasilitas ombak buatan. Ombak yang menderu dan pohon kelapa di sekeliling. Tentu saja hal ini memberi kesan seolah kita sedang berada di pantai sungguhan.

Pantai buatan di Kampung Batu

Pantai buatan di Kampung Batu

Bagi Anda yang memiliki anak kelewat lincah, jangan khawatir. Kampung Batu Malakasari sudah menyiapkan fasilitas yang cocok, yakni flying fox. Permainan ini akan melatih rasa percaya diri anak. Juga mengatasi rasa takut. Selain itu, ada juga fun games lainnya yang bisa dimainkan untuk membuat anak Anda senang.

Permainan outbond untuk anak-anak

Permainan outbond untuk anak-anak

Selain fasilitas-fasilitas yang disebut di atas, satu lagi area yang akan menghibur para pengunjung tempat wisata ini adalah adanya area pertunjukan atau teater. Biasanya tempat ini dipakai oleh rombongan pengunjung yang sudah menyiapkan acara sendiri.

Area pertunjukan Kampung Batu Malakasari Bandung

Area pertunjukan Kampung Batu Malakasari Bandung

Tak kalah penting, di Kampung Batu Malakasari juga terdapat food court. Jika Anda lapar, Anda bisa memesan aneka masakan khas Sunda, seperti ikan bakar, ayam goreng, ikan asin, dan lain-lain. Lauk yang disajikannya pun segar. Diolah saat itu juga.

Leave a Reply