3 Tempat Wisata di Sumedang yang Spektakuler

www.sinarpaginews.com

Curug Cinulang, salah satu tempat wisata alam favorit Sumedang | Sumber: www.sinarpaginews.com

Apa saja tempat wisata di Sumedang yang Anda ketahui? Sumedang merupakan kota kabupaten yang terletak di antara 2 kota besar, yakni Cirebon dan Bandung. Sebagian orang mengenal Sumedang sebagai tempat singgah saat perjalanan dari Cirebon menuju Bandung, atau sebaliknya.

Sumedang sangat terkenal dengan makanan khasnya yakni tahu Sumedang, yang memiliki rasa unik dibanding dengan tahu pada umumnya. Namun, saat ini belum banyak orang mengetahui kalau Sumedang memiliki beberapa destinasi wisata yang cantik dan indah. Akan sangat menyenangkan jika sekali-sekali Anda mencoba berlibur ke tempat-tempat wisata di Sumedang. Berikut beberapa tempat wisata di Sumedang yang wajib Anda kunjungi.

Kampung Toga

www.pbase.com

Kolam renang Kampung Toga, salah satu fasilitas yang ditawarkan tempat wisata Kampung Toga. | Sumber: www.pbase.com

Kampung Toga merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang yang ramai dikunjungi. Nama Kampung Toga diambil dari istilah ‘Tanaman Obat Keluarga’. Ini karena tanaman-tanaman yang tumbuh di sana masing-masingnya memiliki banyak khasiat untuk pengobatan. Kampung Toga berada pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut. Jaraknya sekitar 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang.

Panorama ala Parahyangan sangat terasa di Kampung Toga. Di sana kita bisa melihat pemandangan hamparan sawah, sungai yang meliuk, serta udara yang sejuk. Selain itu, Kampung Toga juga memiliki banyak fasilitas wisata lainnya, seperti, kolam renang, arung jeram, gantole, outbond, kolam pancing, paint ball, serta masih banyak lagi.

Curug Cinulang

www.citizenmagz.com

Curug Cinulang dan pelangi | Sumber: www.citizenmagz.com

Curug Cinulang atau dikenal juga dengan Curug Sindulang merupakan wisata air terjun yang berada di perbatasan Sumedang dan Bandung. Tepatnya di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Namun, karena letaknya berada di perbatasan, banyak orang mengira kalau Curug Cinulang termasuk wilayah Kabupaten Bandung.

Curug Cinulang memiliki dua air terjun yang saling bersanding dengan ketinggian sekitar 40 meter. Air terjun yang curahannya lebih deras merupakan curug utama dari Curug Cinulang. Gemuruh air terjun yang dihasilkan akan memberikan efek rileks terhadap tubuh dan pikiran. Terutama bagi Anda yang kesehariannya disibukkan dengan pekerjaan.

Curug Cinulang berada sekitar 37 km dari Kota Bandung. Waktu tempuh menuju ke sana sekitar 90 menit. Bisa dituju dengan menggunakan motor, mobil pribadi, atau angkutan umum. Jalur yang dituju bisa melalui by pass Cicalengka ke arah Nagrek. Akses menuju Curug Cinulang berada di seberang kiri. Setelah terlihat plang petunjuk, belok kiri. Dari sana tinggal mengikuti jalan hingga sampai lokasi.

Gunung Tampomas

www.wisatawanalam.blogspot.com

Pemandangan Gunung Tampomas dari jauh | sumber: www.wisatawanalam.blogspot.com

Satu lagi tempat wisata di Sumedang yang sepktakuler adalah Gunung Tampomas. Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, Gunung Tampomas termasuk tempat yang direkomendasikan. Gunung Tampomas berada pada ketinggian 1.684 di atas permukaan laut dengan luas 1.250 hektare. Secara administratif, Gunung Tampomas berada di bagian utara kabupaten Sumedang. Beberapa kecamatan yang menjadi bagian Gunung Tampomas adalah Tanjungkerta, Cimalaka, Paseh, Conggeang, dan Buahdua.

Sebagai tempat wisata di Sumedang, Gunung Tampomas memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang variatif. Jenis binantang yang paling banyak ditemui di sana adalah lutung, babi hutan, beberapa jenis burung, dan kancil. Sedangkan tumbuhan yang mendominasi Gunung Tampomas di antaranya, saninten, rasmala, dan jamuju.

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Tampomas bisa melewati beberapa jalur. Hanya saja, yang paling sering digunakan adalah jalur Narimbang, Cibeureum, dan Buahdua. Jika Anda melewati jalur Narimbang, di perjalann nanti bisa menikmati keindahan Curug Ciputrawangi, yang juga temasuk tempat wisata di Sumedang.

dyateqon.blogspot.com

Potret Curug Ciputrawangi | Sumber: www.dyateqon.blogspot.com

Add Comment