Yuk Intip Universitas di Bandung Paling Terkenal Saat Ini!

Universitas di Bandung

Universitas di Bandung | Foto : www(dot)ayobekasi(dot)com

Sebagai salah satu kota pusat pendidikan di Indonesia, banyak sekali universitas di Bandung yang namanya sudah sangat terkenal bahkan hingga manca negara terutama di kawasan Asia. Dan yang lebih membanggakan lagi yaitu, beberapa diantaranya berhasil masuk dalam daftar universitas ternama tingkat dunia. Berikut ini adalah daftar universitas dan perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam daftar tersebut.

Institut Teknologi Bandung

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB | Foto : segitiga(dot)net

Institut Teknologi Bandung atau ITB merupakan perguruan tinggi negeri dari Indonesia yang berhasil menempatkan diri sebagai universitas terbaik nomor dua di tingkat Asean dan nomor 15 pada tingkat Asia. Sementara di tingkat dunia, menurut versi Webometrics perguruan yang salah satu almuninya adalah Presiden Soekarno tersebut berada pada peringkat 568.

Perguruan ini berdiri sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda tahun 1920. Oleh sebab itu universitas atau perguruan tinggi ini juga termasuk salah satu yang tertua di Indonesia. Hanya saja pada sisi yang lain, agar bisa masuk ke kampus yang memiliki simbol patung ganesha ini dibutuhkan perjuangan yang tidak begitu mudah karena tingkat persaingannya juga tinggi.

Unpad atau Universitas Padjadjaran

UNPAD Bandung

UNPAD Bandung | Foto : bandung(dot)panduanwisata(dot)id

Universitas Padjadjaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Unpad juga merupakan salah satu perguruan tinggi yang dapat masuk dalam peringkat sepuluh besar tingkat nasional versi 4icu dan peringkat nomor 264 untuk kawasan Asia. Sedangkan di tingkat dunia sukses duduk di peringkat nomor 1036.

Perguruan Tinggi Negeri ini berlokasi di dua tempat dan yang pertama berada di Dipatiukur, sedang yang kedua berlokasi di daerah Jatinangor Sumedang. Beberapa jurusan populer yang paling diminati mahasiswa di kampus ini antara lain bidang sastra, teknik, hukum, ekonomi, kesehatan dan pertanian.

Beberapa alumni Unpad yang namanya terkenal di bidang yang ditekunianya antara lain yaitu MS Hidayat sebagai politikus, Elza Syarif  berprofesi jadi pengacara hingga Agum Gumelar yang kemudian terjun di dunia militer. Yovie Widianto yang selama ini dikenal sebagai pakar musik Indonesia juga merupakan alumni dari Unpad.

Telkom University

Telkom University Bandung

Telkom University Bandung | Foto : www(dot)telkomuniversity(dot)ac(dot)id

Perguruan tinggi atau universitas di Bandung yang ini memang belum begitu lama berdiri dan merupakah hasil gabungan dari beberapa lembaga pendidikan tinggi. Mereka adalah Institut Manajemen Telkom, Institut Teknologi Telkom, STISi Telkom, PDC Telom serta Politeknik Telkom.

Semua institusi yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkon ini pada tahun 1990 digabung menjadi satu dan dinamakan STT Telkom yang kemudian berubah lagi jadi Telkom University.

Saat ini Telkom University berhasil menempatkan diri pada peringkat 29 di tingkat nasional menurut versi 4icu dan nomor 2860 di tingkat Asia. Untuk tingkat dunia, posisinya berada di peringkat 8463. Meski belum begitu bagus peringkatnya tapi banyak yang meyakini jika pada suatu saat nanti Telkom University akan berhasil menorehkan prestasi terbaiknya dan mampu menjajarkan diri dengan perguruan tinggi papan atas yang lain.

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

Universitas Pendidikan Indonesia Bandung | Foto : id(dot)wikipedia(dot)org

UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia merupakan perguruan tinggi yang memiliki tujuan utama guna mencetak calon pengajar atau guru di tanah air. Untuk tingkat nasional perguruan tinggi negeri ini berhasil menduduki peringkat 17 menurut versi 4icu. Sedangkan tingkat Asia dan dunia menurut webometrics, peringkatnya berada pada nomo 264 dan 1622.

Fakultas yang diajarkan di kampus ini antara lain yaitu fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, fakultas ilmu pendidikan, ilmu pengetahuan alam, matematikan, pendidikan teknologi, pendidikan seni dan bahasa serta pendidikan bisnis dan ekonomi.

Semua fakultas yang diajarkan oleh universitas di Bandung ini mempunyai tujuan yang sama yaitu memberi pendidikan bagi calon guru agar dapat mempunyai kompetisi yang lebih bagus pada bidang yang ditekuninya. Sehingga mutu pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat dan sejajar dengan bangsa lainnya.

Add Comment