Pilihan Transportasi Travel Ke Bandung Dari Berbagai Wilayah

Travel Ke Bandung

Travel Ke Bandung | Foto : www(dot)infobdg(dot)com

Sebagai ibukota provinsi Jawa Barat sekaligus sebagai salah satu tujuan wisata di tanah air, banyak sekali akomodasi travel ke Bandung maupun sebaliknya. Jika menggunakan jalur darat terdapat puluhan bus ukuran kecil yang bisa menghubungkan antara ibukota Jakarta dan kota kembang.

Demikian pula dengan kota-kota lainnya terutama yang berada di pulau Jawa, daerah ini bisa diakses dengan mudah. Selain itu, ada juga transportasi menuju Kota Bandung dengan menggunakan kereta api. Selain itu juga dapat dijangkau melalui jalur udara atau menggunakan pesawat terbang dari kawasan lain di luar Jawa, bahkan luar negeri.

Transportasi Lewat Jalur Udara

Penerbangan Menuju Bandung

Penerbangan Menuju Bandung | Foto : www(dot)h3dwallpapers(dot)com

Bandung memiliki bandara yang dikenal dengan Bandara Husein Sastranegara. Bandara ini terdaftar dalam IATA dengan kode penerbangan BDO. Bandara yang terletak di Jalan Pajajaran ini memudahkan pelancong untuk berwisata, karena keberadaannya sekitar empat kilometer dari pusat keramaian kota.

Beberapa maskapai penerbangan yang memiliki izin penerbangan dengan tujuan kota Bandung dan sebaliknya antara lain adalah Garuda Indonesia, Air Asia, Silk Air, Lion Air, Wings Air, dan sebagainya.

Maskapai di Bandara Bandung

Maskapai di Bandara Bandung | Foto : bandung(dot)bisnis(dot)com

Untuk Garuda Indonesia, tujuan penerbangan dari Batam, Surabaya dan Denpasar. Maskapai milik negara ini melakukan penerbangan setiap hari, bahkan untuk hari besar misalnya, Idul Fitri frekuensi penerbangannya ditambah.

Sedang Air Asia, memliki jalur penerbangan dari kota Bandung dengan tujuan Kuala Lumpur dan sebaliknya sebanyak tiga kali dalam satu hari. Namun selain itu juga ada penerbangan ke Singapura pulang pergi sebanyak dua kali. Kota lain yang dituju oleh maskapai ini antara lain Medan, Pekanbaru, Surabaya, dan Denpasar Bali.

Maskapai Lion Air

Maskapai Lion Air | Foto : bandung(dot)bisnis(dot)com

Untuk Lion Air, maskapai ini melayani penerbangan pulang pergi di kota Surabya, Denpasar sebanyak dua kali sehari. Sedangkan kota lainnya yaitu Medan, Batam dan Banjarmasin dilayani sebanyak satu kali dalam sehari.

Silk Air memiliki jadwal penerbangan lima kali dalam satu minggu dengan tujuan Singapura dan sebaliknya. Yang terakhir Wings Air, memiliki jalur penerbangan antara Kota Jogjakarta dan Semarang, masing-masing sebanyak sekali dalam sehari. Itulah beberapa alat transportasi atau travel ke Bandung melalui jalur udara.

Ke Bandung Dengan Kereta Api

Stasiun Kereta Api di Bandung

Stasiun Kereta Api di Bandung | Foto : www(dot)bandungview(dot)info

Perusahaan Kereta Api Indonesia atau KAI memiliki layanan alat transportasi darat dari kota Jakarta dengan tujuan Bandung dan beberapa kota lain yang ada di Jawa misalnya Semarang, Solo, Jogjakarta, Malang, Surabaya dan lainnya. Dari sekian banyak jalur yang ada, beberapa diantaranya terintegrasi secara langsung dengan jalur pemberangkatan di beberapa kota yang lain seperti Bogor dan sebagainya.

Kereta api terbagi kedalam beberapa kelas, mulai kelas ekonomi, bisnis hingga eksekutif. Bagi wisatawan yang berkantong tipis tidak usah takut menggunakan kereta kelas ekonomi, karena saat ini kondisi dan perjalanan kereta tersebut semakin bagus pelayanannya, meskipun tiketnya dijual dengan harga yang lebih murah.

Liburan ke Bandung Naik Kereta

Liburan ke Bandung Naik Kereta | Foto : bumikuningan(dot)blogdetik(dot)com

Bahkan, saat ini semua jenis tiket kereta api bisa dipesan secara online melalui situs resminya yang beralamat di http://tiket.kereta-api.co.id. Selain itu, pemesanan tiket bisa dipesan melalui beberapa gerai mini market seperti Indomaret, Alfamart, dan sebagainya. Jadwal pemberangkatan serta kedatangannya juga bisa ditanyakan secara lengkap melalui gerai-gerai tersebut.

Transportasi Bandung Menggunakan Bus

Untuk wisatawan yang lebih menyukai menggunakan alat transportasi bus, setiap hari ada puluhan armada yang melayani penumpang. Layanan ini dilakukan di terminal bus Leuwi Panjang yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta no. 205 dan terminal Cicaheum yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Cicaheum Kiaracondong.

Terminal Cicaheum

Terminal Cicaheum | Foto : javanews(dot)co

Dari terminal, perjalanan dan travel ke Bandung bisa dilanjutkan menggunakan bus antar kota maupun bus antar provinsi, atau juga dengan menggunakan angkot sesuai dengan tujuan yang ingin diakses. Jika ingin yang lebih nyaman, bisa memakai taksi namun ongkosnya lebih mahal. Taksi di Kota Bandung terutama yang mangkal di daerah bandara, terminal bus atau stasiun kereta biasanya tidak menggunakan perhitungan argo, tapi bisa harganya bisa ditawar.

Add Comment