Tempat Makan Nasi Liwet Bandung Yang Recomended

Tempat Makan Nasi Liwet Bandung

Tempat Makan Nasi Liwet Bandung | Foto : www.inijie. (com)

Tempat makan nasi liwet Bandung, mungkin akan dicari bagi para penikmat nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi yang diolah secara langsung tanpa proses penanakan. Artinya, beras yang telah dicuci akan direbus dalam air, hingga air tersebut benar-benar surut dan nasi benar-benar matang. Proses memasak nasi seperti ini, sebenarnya bukan hal yang mudah. Rahasia utamanya adalah banyaknya air dan suhu atau besar kecilnya api.

Terlalu banyak air, nasi akan bertekstur lembek. Sementara terlalu sedikit air, nasi akan menjadi keras dan mengerak, bahkan bisa jadi nasi tak akan matang sempurna. Begitu pun dengan suhu, semakin tinggi suhu, air yang digunakan akan cepat habis dan membuat nasi menjadi kering, mengerak atau beraron.

Nasi Liwet

Nasi Liwet | Foto : archive.kaskus.co.id

Sementara terlalu kecil api, proses pemasakan bukan hanya lama, namun nasi un akan terlalu lembek. Karenanya, saat memasak nasi liwet, suhu biasanya diatur dalam beberapa periode. Api besar untuk mendidihkan air, api sedang untuk menyurutkan dan mematangkan nasi dan api kecil untuk proses akhir agar kadar air benar-benar berkurang dan nasi menjadi lebih pulen.

Keunikan lain dari nasi liwet ini adalah penggunaan bumbu-bumbu dapur dalam proses pemasakan. Bumbu utama yang seringkali digunakan adalah batang serai, daun salam dan irisan bawang merah. Penggunaan bumbu masak seperti ini secara langsung akan membuat nasi beraroma wangi dan memiliki citarasa yang khas.

Nasi Liwet khas Bandung

Nasi Liwet khas Bandung | Foto : www.inijie. (com)

Terlepas dari cara atau proses pembuatannya, berikut adalah beberapa tempat makan nasi liwet Bandung yang bisa dikunjungi.

1. De Tuik

Berlokasi di Jalan Bojongkoneng atas. Nasi liwet kastrol adalah menu yang direkomendasikan. Nasi liwet akan disajikan langsung di dalam kastrol yang masih panas. Kastrol sendiri adalah periuk nasi berbentuk silinder yang terbuat dari alumunium. Sebagaimana diketahui, alumunium adalah materi penghantar panas terbaik untuk peralatan masak. Hal ini pun sekaligus menunjukkan bahwa nasi liwet akan sangat nikmat saat disantap panas-panas.

Menu De Tuik Garden Resto & Café

Menu Nasi Liwet De Tuik Garden Resto & Café | Foto : fasyaulia. (wordpress.com)

2. Boemi Joglo

Tempat yang memiliki nuansa tradisional ini, menyajikan nasi liwet sebagai salah satu menu andalannya. Lokasinya berada di Jalan Rancakendal no 7, Bandung. Di tempat ini, pengunjung bisa memilih beberapa menu nasi liwet. Dan menu nasi liwet yang direkomendasikan adalah nasi liwet jamur dan nasi liwet ikan asin. Dua menu ini bisa disantap dengan pendamping lain terutama tempe mendoan.

Selain dua tempat yang recomended di atas, sebenarnya masih banyak lagi tempat makan nasi liwet Bandung yang tak kalah unik dan enaknya. Tertarik untuk membuktikan?

Leave a Reply