Sekilas Tentang Objek Wisata Bandung Kawah Putih Yang Fenomenal

Wisata Bandung Kawah Putih

Wisata Bandung Kawah Putih | Foto : indonesiaexplorer. (net)

Objek wisata Bandung Kawah Putih, seringkali dikatakan atau dikenal sebagai objek wisata yang berada di kawasan wisata Ciwidey. Kawasan wisata sendiri merupakan sebutan umum untuk wilayah wisata dengan menyebut satu daerah yang paling terkenal dan mudah diingat, dalam hal ini adalah Ciwidey.

Dengan kata lain, sangatlah wajar jika sebutan kawasan wisata yang ditemui seringkali lintas administratif. Begitu juga Kawah Putih yang secara administratif sebenarnya berada di luar Kecamatan Ciwidey. Tepatnya berada di Gunung Patuha, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali.

Objek Wisata Kawah Putih

Objek Wisata Kawah Putih | Foto : kawahputihciwidey. (com)

Terlepas dari permasalahan administratif di atas, objek wisata Bandung Kawah Putih tak bisa melepaskan diri dari keterkaitannya sebagai salah satu potensi wisata alam yang paling fenomenal di wilayah Bandung Selatan. Seperti namanya, objek wisata ini memang menampilkan panorama kawah sebagai atraksi utamanya.

Disebut fenomenal, sebab objek wisata yang bisa dikatakan berada di puncak Patuha ini termasuk dalam area kawah yang menyimpan banyak cerita. Di masa lalu, wilayah ini termasuk dalam wilayah terlarang yang seringkali dibumbui dengan cerita-cerita mistik. Cerita masa lalu mengatakan bahwa  wilayah ini seringkali memakan korban, bukan hanya manusia tetapi hewan termasuk burung yang melintas di atas wilayah ini pun akan mati seketika.

Suasana Objek Wisata Kawah Putih

Suasana Objek Wisata Kawah Putih | Foto : www.virmansyah. (info)

Secara keilmuan fenomena seperti ini, bisa dianggap wajar. Sebab, kawah apa pun bentuknya akan selalu mengeluarkan gas beracun yang mematikan bagi makhluk hidup. perihal kebenarannya tentu saja diperlukan penelitian dan pembuktian yang cukup akurat.

Faktanya, kawah yang kini terbuka untuk umum sebagai objek wisata ini, pernah menjadi area penambangan belerang di masa lalu. Artinya, keberadaan gas beracun yang mematikan sama sekali sudah terhapus dengan kehadiran sejarah tersebut. Dengan kata lain, kawasan ini aman atau bebas dari gas beracun.

Belerang di Kawah Putih

Belerang di Kawah Putih | Foto : catperku. (info)

Meski demikian, ada beberapa lokasi di wilayah ini yang terlarang untuk umum. Semisal beberapa goa di dinding kawah yang pernah menjadi area penambangan. Banyak alasan atas pelarangan ini, di antaranya dinding kawah yang labil yang memunculkan kekhawatiran akan timbulnya longsor. Alasan lainnya adalah timbunan dan akumulasi gas berbahaya di dalam goa yang mungkin saja akan menjadi racun yang sangat mematikan saat terhirup.

Karenanya, sangat disarankan bagi para wisatawan untuk mematuhi semua larangan yang ada di objek wisata Bandung Kawah Putih ini. Bagaimana pun, keselamatan berwisata sangat penting ketimbang memenuhi rasa penasaran.

Leave a Reply