Mengenal Kampung Lukis Jelekong Sebagai Kampung Seni di Bandung

25 Likes Comment
Kampung Seni di Bandung

Kampung seni di Bandung memang tak banyak, bahkan bisa dikatakan masih bisa dihitung dengan jari. Satu kampung yang terkenal dan layak dianugarehi gelar kampung seni adalah Jelekong yang ada di Kawasan Bandung Selatan.

Jelekong sebagai salah satu kampung seni di Bandung, bisa juga dianggap sebagai kampung lukis. Setidaknya, lebih dari 700 orang pelukis yang ada di kampung ini. Sejarah kemunculannya sebagai kampung lukis memang tak begitu jelas. Namun, jika dirunut berdasarkan cerita, pembelajaran dan pewarisan seni lukis bagi warga setempat, sudah dimulai sejak era 70’an.

Berkaitan dengan seni lukis, ada kategori menarik yang  menentukan status pelukis di kampung ini. kategori yang dimaksud adalah penggolongan pelukis berdasarkan tiga kelas, yaitu kelas bawah, kelas menengah dan kelas atas.

Pelukis kelas bawah bisa juga dikatakan sebagai pelukis pemula. Pelukis seperti ini umumnya memanfaatkan pemandangan sebagai tema utama lukisannya. Bukan hanya itu, pelukis kelas bawah masih menggunakan cat dan peralatan lukis sederhana, termasuk juga kanvas dan bingkai lukisannya. Karenanya, wajar jika lukisan di kelas ini memiliki nilai ekonomi yang paling rendah.

Lukisan dari Kampung Seni di Bandung
Lukisan dari Kampung Seni di Bandung | Foto : forum.detik. (com)

Pelukis kelas menengah biasanya dicirikan dengan peralatan dan bahan lukisan yang cukup bagus. Sementara tema yang banyak diminati oleh pelukis kelas menengah adalah binatang, terutama lukisan koi yang juga menjadi ikon lukisan jelekong selain lukisan alam atau pemandangan.

Sementara kelas terakhir adalah kelas atas yang dicirikan dengan kualitas lukisannya. Kualitas lukisan tidak hanya dilihat dari peralatan atau bahan lukisan yang sangat bagus. Pelukis di kelas ini umumnya menekankan pada originalitas lukisan yang berkaitan dengan keunikan ide.

Pelukis Kampung Seni di Bandung
Pelukis Kampung Seni di Bandung | Foto : www.tempo. (com)

Ide yang didapat dari pelukis di kelas ini, lebih banyak dihasilkan dari inspirasi dan imajinasi sendiri. Pelukis di kelas ini pun telah mampu menghasilkan karya lukis dengan aliran ekspresif yang merupakan ungkapan atau wujud dari perasaan pelukisnya.

Terlepas dari kelas-kelas pelukis di atas, ada satu hal yang sangat bisa dibanggakan dari Jelekong sebagai kampung seni di Bandung ini. Hasil lukisan di kampung Jelekong ini, ternyata bukan hanya mampu memenuhi pasar lokal atau dalam negeri, tetapi telah merambah ke pasar internasional.

Kampung Pelukis Jelekong Bandung
Kampung Pelukis Jelekong Bandung | Foto : forum.detik. (com)

Hal ini jugalah yang menyebabkan pertumbuhan seni lukis di kampung ini semakin meningkat. Tertarik untuk melihat langsung seperti apa kampung Jelekong? Aatu berminat untuk mengoleksi karya lukis Jelekong? mengunjungi langsung tempat ini kiranya sangat disarankan.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *