Tempat Wisata Bandung Selatan Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Bandung Selatan

Tempat Wisata Bandung Selatan | Foto : www.kaskus. (co.id)

Tempat wisata Bandung Selatan mungkin akan sangat identik dengan wilayah Ciwidey. Suatu kewajaran, mengingat Ciwidey seringkali dikatakan sebagai pusat wisata terbesar di wilayah ini. Wilayah ini memang unik, sebab semua objek wisata berada dalam kawasan dan saling berdekatan. Dengan kata lain, wisatawan bisa mengunjungi banyak objek wisata hanya dalam satu kali kunjungan wisata.

Berbicara tentang Ciwidey memang tak akan ada habisnya, namun kali ini kita akan membicarakan tempat wisata Bandung Selatan lainnya dengan potensi yang tak kalah besarnya dengan Ciwidey. Tempat wisata yang dimaksud adalah wilayah Pangalengan.

Wisata Pangalengan di Bandung Selatan

Wisata Pangalengan di Bandung Selatan | Foto : wisata.kompasiana. (com)

Ada beberapa area wisata yang bisa dikunjungi diwilayah Pangalengan yang memiliki sejarah sangat panjang dalam kaitannya dengan Bandung. beberapa di antaranya adalah:

1. Gunung Puntang yang berada di wilayah Kecamatan Cimaung. Jaraknya hanya beberapa kilometer sebelum Pangalengan. Artinya, tempat wisata ini berada dalam jalur menuju ke Pangalengan. Gunung Puntang lebih dikenal oleh masyarakat Bandung sebagai Buper (Bumi Perkemahan). Di dalamnya terdapat bekas stasiun radio terbesar di Bandung peninggalan Belanda. Dikatakan bekas stasiun radio sangatlah wajar, mengingat jejaknya saat ini hanya berupa reruntuhan dan pondasi bangunan.

Gunung Puntang Bandung Selatan

Gunung Puntang Bandung Selatan | Foto : redroseapple. (blogspot.com)

Selain, buper dan bekas stasiun radio, area wisata Gunung Puntang pun memiliki satu ikon wisata yang wajib dikunjungi yang bernama Curug Siliwangi. Menuju curug ini, wisatawan dituntut untuk melakukan petualangan melintasi hutan dan anak sungai.

2. Situ Cileunca adalah situ atau danau di atas gunung dengan panorama yang masih sangat menawan. Beberapa atraksi wisata yang ada di situ ini adalah outbound dan flying fox, berperahu mengelilingi situ atau memetik strawberry. Satu hal yang unik, pengunjung harus berperahu untuk bisa memetik strawberry, sebab kebun strawberry berada di tengah-tengah situ.

Situ Cileunca

Situ Cileunca | Foto : www.azka. (co.id)

3. Kebun teh Malabar, merupakan kebun teh yang memiliki pengelolaan dan manajemen modern di masanya. Di wilayah ini pun terdapat sebuah wisma yang terkenal sebagai wisma Malabar. Wisma yang bisa disewa sebagai tempat penginapan ini, konon merupakan wisma tertua di wilayah ini, bahkan di wilayah Bandung sekali pun.

Kebun Teh Malabar Pangalengan

Kebun Teh Malabar Pangalengan | Foto : www.awn8. (co.id)

4. Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) merupakan koperasi terbesar di wilayah Bandung Selatan yang menampung hasil pertanian dan peternakan terutama susu sapi. Tempat wisata Bandung Selatan ini memang terkenal dengan produk susunya.

Produk olahan yang terkenal dari koperasi ini adalah susu KPBS yang dikemas dalam plastik dan cup. Selain susu KPBS, koperasi ini pun mampu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat sekitar dengan penciptaan hasil olahan lainnya semisal permen karamel, tahu susu, kerupuk susu dan sebagainya.

Leave a Reply