Inilah Taman Kota Bandung Yang Berada di Kolong Jembatan Pasopati

Taman Kota Bandung

Taman Kota Bandung | Foto : bandungjuara.com

Taman kota Bandung yang merupakan ruang terbuka hijau, saat ini sedang menjadi trend pembangunan kota. Hal itu jelas terlihat dengan revitalisasi taman kota tua atau pembangunan taman-taman baru. Pemerintah kota sendiri, memiliki rencana yang sangat besar terhadap ruang terbuka hijau ini dengan keinginan untuk mendirikan satu taman di tiap kelurahan. Artinya, tiap kelurahan akan memiliki satu ruang terbuka hijau yang bisa digunakan sebagai sarana rekreasi murah.

Rencana tersebut, tentu saja tak bisa dilakukan begitu saja. bagaimana pun, ketersediaan lahan tetap menjadi masalah utama dalam pembangunan taman sebagai ruang terbuka hijau. Namun, keinginan tak seharusnyaberakhir hanya karena keterbatasan. Masih banyak cara yang bisa dilakukan dalam pembangunan ruang terbuka hijau. Salah satunya adalah memanfaatkan lahan-lahan tak terpakai semisal di bawah kolong jembatan layang.

Taman Dibawah Kolong Jembatan Bandung

Taman Dibawah Kolong Jembatan Bandung | Foto : regional.kompasiana.com

Pembangunan taman di bawah jembatan layang ini, jelas merupakan terobosan kreatif yang tak pernah dilakukan oleh kota mana pun. Terlebih, taman kolong jembatan ini merupakan taman tematik yang bisa dikunjungi sebagai atraksi wisata masyarakat. mau tahu dii mana saja taman tematik kolong jembatan yang ada di kota Bandung?

Taman Pasupati Bandung

Taman Pasupati Bandung | Foto : hot.detik.com

1. Taman Pasopati, dikenal juga sebagai taman jomblo. Taman Kota Bandung ini adalah taman kolong jembatan yang pertama kali diresmikan. Sebutan joblo sendiri mengacu pada tempat duduk berbentuk kotak yang berdiri sendiri-sendiri dan hanya muat untuk satu orang. Taman ini dilengkapi Wi-fi denga koneksi yang sangat kuat.

Taman Skate Bandung

Taman Skate Bandung | Foto : tempo.co

2. Taman Skate/skate park, berada di saming taman jomblo. Taman tematik ini khusus dibuat untuk memfasilitasi komunitas skater di kota kembang. Karenanya, pemerintah kota menyerahkan seluruhnya pengelolaan tempat ini pada komunitas skater yang memanfaatkan taman ini sebagai tempat beraktivitasnya.

Taman Film

Taman Film | Foto : alfido.com

3. Taman Film Bandung adalah taman yang terakhir diresmikan. Taman ini menjadi taman tematik dengan fasilitas megatron yang pertama di Indonesia. Dalam peresmiannya, taman ini sengaja dibuat sebagai sarana warga dalam mengapresiasi film. Karena berhubungan dengan film, maka pemerintah kota Bandung menyerahkan sepenuhnya pengelolaan taman Film pada komunitas Film Bandung.

Selain tiga taman kota Bandung yang berada di bawah kolong jembatan di atas, sebenarnya ada lagi satu taman yang jarang diekspose. Taman ini berbentuk lapangan futsal yang berada di Jalan Kebon Bibit. Letaknya dekat dengan Taman Film dan sudah ada sejak 2012 lalu.

Leave a Reply