Beberapa Tempat Makan Saung di Bandung Yang Memberikan Kesan Nyaman

Tempat Makan Saung di Bandung

Tempat Makan Saung di Bandung | Foto : roberni.com

Yang dimaksud tempat makan saung di Bandung adalah tempat makan yang menggunakan saung sebagai area makannya. Saung sendiri merupakan bangunan yang biasanya terbuat dari bambu, kebanyakan berbentuk rumah panggung dan berada jauh dari pemukiman semisal di tengah sawah atau di tengah perkebunan.

Dari sekilas uraian di atas saja, kiranya telah bisa didapat gambaran seperti apa suasana yang ada di tempat makan saung di Bandung. Kesan nyaman, hening, asri tentunya menjadi kesan utama yang ngin ditonjolkan oleh rumah makan berkonsep saung di mana pun.

Makan di Rumah Makan Saung Bandung

Makan di Rumah Makan Saung Bandung | Foto : mrstetelepta.blogspot.com

Adopsi saung ke dalam rumah makan sebenarnya hanya mengambil beberapa faktor penting saja, terutama bentuk dan kesan dari saung tersebut. karenanya wajar jika saung-saung di tempat makan umumnya lebih mengarah pada bale-bale dengan luas yang cukup besar. Hal ini tentu saja memiliki tujuan, agar mampu menampung lebih banyak pengunjung di samping juga efisiensi tempat.

Efisiensi tempat seperti ini, umumnya terjadi pada rumah makan yang memiliki lahan tidak terlalu luas namun ingin menerapkan saung sebagai konsep utamanya. hasilnya adalah berdirinya saung-saung panjang yang bisa memuat puluhan hingga ratusan orang. Berbeda dengan tempat makan yang memiliki area luas, saung-saung kecil yang hanya menampung 5 hingga 10 orang akan terlihat di beberapa sudut area.

Rumah Makan dengan Konsep Saung di Bandung

Rumah Makan dengan Konsep Saung di Bandung | Foto : saungpengkolan.wordpress.com

Di Bandung, banyak sekali tempat makan yang menggunakan konsep seperti ini. Mulai dari rumah makan Sunda dengan kuliner khas sundanya, hingga rumah makan modern yang menawarkan varian menu dari manca negara. beberapa tempat yang bisa dituju untuk menikmati makan dengan suasana saung adalah:

1. Rumah Makan Sunda Sindang Reret di Jalan Cikole Lembang.

2. Kampung Daun dengan konsep saung modern di tengah suasana hutan tropis.

Saung di Rumah Makan Kampung Daun Bandung

Saung di Rumah Makan Kampung Daun Bandung | Foto : kuliner.panduanwisata.id

3. Saung Lesehan di Caringin Tilu dan Punclut yang lebih menekankan pada kesan saung tradisionalnya.

4. Sapu Lidi resort, Café & Gallery sebagai tempat makan modern dengan gaya tradisionalnya yang bernuansa sawah.

5. Restoran Raja Rasa Bandung dengan konsep saung modernnya

6. dan sebagainya.

Raja Rasa Bandung

Raja Rasa Bandung | Foto : www.haphap.com

Lima tempat makan saung di Bandung yang disebutkan di atas, hanyalah sebagian kecil dari tempat makan yang menerapkan konsep saung. Dengan kata lain masih banyak tempat lain yang mungkin saja lebih bagus dan lebih nyaman untuk digunakan sebagai destinasi kuliner di Bandung. tertarik untuk menjajal tempat-tempat berkonsep saung di Bandung?

Leave a Reply