Taman Lalulintas Bandung, Wisata Alternatif Irit dan Edukatif

Taman Lalulintas Bandung

Taman Lalulintas Bandung | Foto : turiskece.com

Taman lalulintas Bandung adalah taman kota dengan ukuran kecil dan difungsikan sebagai objek wisata. Mendengar namanya saja, kita mungkin bisa memprediksi jika segala sesuatu yang ada di taman ini berkaitan dengan lalu lintas. Hal itu sepenuhnya benar, sebab pendirian taman ini memang tak lepas dari tujuannya untuk mengedukasi warga, terutama anak-anak perihal kelalulintasan.

Memasuki lokasi, kita akan disajikan dengan beragam rambu lalulintas di setiap penjuru taman yang juga dikenal sebagai Taman Ade Irma Suryani ini. Melalui rambu itulah, fungsi edukasi bisa berlangsung. Orang tua bisa menyosialisasikan makna dari rambu-rambu tersebut kepada anaknya. Mulai dari hal yang paling sederhana, semisal makna dari simbol warna pada lampu lalulintas. Atau makna dari rambu-rambu yang seringkali dilihat semisal verboden, letter s atau larangan untuk parkir.

Rambu-rambu di Taman Lalulintas Bandung

Rambu-rambu di Taman Lalulintas Bandung | Foto : yukpegi.com

Berkaitan dengan rambu, satu kenyataan unik yang kiranya bisa dianggap sebagai ironi. Banyak juga ditemui orang tua yang justru tak mengerti arti dari beberapa rambu. Kenyatan seperti ini tentu saja membuat fungsi edukasi di taman ini bertambah. Artinya, taman ini tidak hanya mengedukasi anak-anak agar tidak buta rambu tetapi juga menambah pengetahuan atau wawasan terhadap orang tua.

Seperti halnya taman bermain untuk anak, di Taman Lalulintas Bandung ini juga terdapat sarana permainan mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anak. Hal ini wajar, mengingat di golongan usia ini, anak-anak bisa dikategorikan masuk dalam usia bermain. Dengan kata lain anak-anak tak akan bisa melepaskan diri dari dunia bermain.

Wahana di Taman Lalulintas Bandung

Wahana di Taman Lalulintas Bandung | Foto : maindibandung.com

Untuk memfasilitasi hal tersebut, beragam jenis permainan bisa dinikmati di tempat ini. Semisal, mengelilingi taman dengan kereta api, bersepeda, bermain mobil-mobilan, bermain prosotan, ayunan dan rangkaian besi, hingga bermain air di kolam dangkal. Namun, bagi mereka yang lebih tertarik dengan adrenalin, tempat ini pun menyediakan wahan flying fox untuk menguji keberanian.

Sarana permainan di atas, memang terbilang ketinggalan zaman jika dibandingkan dengan permainan di tempat lain. Namun demikian, sarana tersebut cukup menghibur untuk anak-anak.

Sarana Permainan di Taman Lalu Lintas

Sarana Permainan di Taman Lalu Lintas | Foto : tribunnews.com

Satu hal yang terpenting adalah, sarana permainan tersebut sangat aman untuk dicoba anak, bahkan tanpa pengawasan orang tua sekali pun. Di sisi lain, objek wisata ini justru masih menjadi objek favorit terutama di hari libur dan hari raya. Di masa seperti ini, jangan heran jika pengunjung akan merasa berdesak-desakan di tempat wisata ini. Tertarik untuk berkunjung ke taman lalulintas Bandung? Datang saja ke Jalan Belitung no 1 Bandung.

Leave a Reply