Boemi Joglo, Salah Satu Tempat Makan Nasi Liwet di Bandung

Tempat Makan Nasi Liwet di Bandung

Tempat Makan Nasi Liwet di Bandung | Foto : inijie.com

Salah satu tempat makan nasi liwet di Bandung adalah Boemi Joglo yang beralamatkan di Jalan Ranca Kendal Luhur no. 17, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Mendengar namanya saja, kita mungkin akan diarahkan pada nuansa Jawa. Hal itu wajar, mengingat Joglo sendiri merupakan nama dari rumah tradisional Jawa.

Kewajaran tersebut bisa dikatakan benar, terutama jika dikaitkan pada suasana Jawa yang kental di tempat ini. Bayangkan rumah joglo yang di dalamnya berisi perabotan khas Jawa, mulai dari tempat duduk, dekorasi hingga lampu. Bukan hanya itu, beragam menu khas Jawa pun tersedia di tempat ini. Itu juga sebabya mengapa Boemi Joglo kerap disebut dengan rumah makan Jawa di tatar Sunda.

Nasi Liwet Boemi Joglo

Boemi Joglo

Boemi Joglo | Foto : adeknakemal.blogspot.com

Salah satu menu favorit di tempat ini adalah nasi liwet khas Jawa. Melalui nasi liwet ini juga, Boemi Joglo kemudian menyatakan dirinya sebagai tempat makan nasi liwet di Bandung. Nasi liwet di tempat ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan nasi liwet Jawa barat atau nasi liwet Bandung.

Yang membedakannya mungkin hanya tampilan dan pilihan citarasanya. Bagi mereka yang senang dengan citarasa asin atau gurih, Nasi Liwet Asin kiranya akan menjadi pilihan utama. Namun bagi mereka yang lebih menggemari rasa manis, sebaiknya memilih Nasi Liwet Jamur.

Nasi Liwet Ayam Jamur Boemi Joglo

Nasi Liwet Ayam Jamur Boemi Joglo | Foto : myfunfoodiary.com

Tampilan nasi liwet ini bisa dilihat dari cara penyajiannya. Di permukaan nasi kita akan melihat, beragam bumbu rempah dan lauk pauk. dengan kata lain, hampir semua permukaan nasi akan tertutup oleh bumbu rempah dan lauk pauk. Berbeda dengan nasi liwet Jawa Barat yang umumnya polos atau hanya berisi bawang merah, bawang putih, cabai dan leunca.

Selain itu, jika di Jawa Barat nasi liwet umumnya disajikan dalam kastrol atau periuk alumunium, maka di tempat ini kita akan melihat penyajiannya dalam mangkuk keramik. Takarannya, tentu saja  disesuaikan dengan porsi yang dipesan.

Nasi Liwet Komplit Boemi Joglo

Nasi Liwet Komplit Boemi Joglo | Foto : www.tripadvisor.com

Kedua nasi liwet ini bisa disantap dengan beragam menu tambahan sebagai lauk pauk. Beberapa menu yang wajib untuk dicicipi adalah tempe mendoan, tahu goreng, ayam goreng atau sate maranggi.

Khusus untuk sate maranggi, kita mungkin tak akan menemukan bumbu kacang seperti bumbu sate pada umumnya. Sebab, keunikan dari sate maranggi sendiri adalah bumbunya yang berupa saus kecap yang diencerkan.

Sate Maranggi Komplit Boemi Joglo

Sate Maranggi Komplit Boemi Joglo | Foto : myfunfoodiary.com

Namun demikian, daging yang disajikan sama sekali bebas lemak. Artinya, sate maranggi di tempat ini 100% berisi daging. Tertarik untuk mengunjungi Boemi Joglo sebagai tempat makan nasi liwet di Bandung? Kunjungi saja alamat di atas.

Leave a Reply