Nama Yang Garang di Balik Kelezatan Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia | Foto : nasgormafia.blogspot.com

Nasi Goreng Mafia bisa dikatakan sebagai salah satu ragam bentuk kuliner di Bandung yang memiliki nama unik. Namanya memang lekat dengan gangster dunia asal itali. Meski pun demikian nama ini sebenarnya merupakan singkatan dari “Makanan Favorit Orang Indonesia.”

Di balik kegarangan namanya tersebut, nasi goreng ini bisa dikatakan sebagai nasi goreng rempah pertama di Indonesia. Setidaknya, itulah yang melekat pada slogan nasi goreng ini. Slogan ini mungkin terkesan mengada-ada jika melihat bumbu nasi goreng pada umumnya memang terbuat dari rempah. Namun, jika telah mencoba dan membuktikan, maka slogan tersebut bukan sekadar isapan jempol. Sensasi rasa dan aroma rempah yang tak biasa, memang digunakan sebagai bumbu dasar dari beragam menu nasi goreng di tempat ini ini.

Nasi Goreng Mafia di Bandung

Menu Nasi Goreng Mafia di Bandung | Foto : www.haphap.com

Beberapa menu yang ditawarkan sepertinya memang konsekuen dengan nama utamanya yaitu mafia. Menu-menu tersebut antara lain, Nasi Goreng Yakuza, Triad dan seterusnya hingga ke nama lokal, seperti Nasi Goreng Berandal atau Preman tak luput dari identitasnya.

Yakuza, merupakan salah satu menu andalan dari Nasi Goreng Mafia ini. Nasi goreng yang terbuat dari aneka rempah ini, dikatakan memiliki citarasa yang dahsyat. Bukan hanya gurih, tetapi juga pedas yang merupakan citarasa khas rempah-rempah. Yakuza pun disajikan dengan potongan kikil (kulit) dan telur yang diaduk merata. Satu hal yang unik dari Yakuza adalah warna nasi gorengnya yang terang, seperti halnya nasi goreng bawang. Warna seperti ini memang didapat karena yakuza tidak digoreng menggunakan kecap.

Nasi Goreng Preman

Nasi Goreng Preman | Foto : stefa616.wix.com

Yang terkesan lucu adalah nasi goreng preman. Di balik namanya yang terkesan kasar, urakan, tak mementingkan kesehatan dan beragam stigma yang menyertai maknanya, nasi goreng ini ternyata berisi sayuran yang notabene menyehatkan. Kesan garang dari pemaknaan preman ini tentunya akan terlihat sangat kontras jika dihubungkan dengan sayuran.

Sebagai tujuan kuliner, tempat ini sebenarnya sudah cukup terkenal dan memiliki banyak cabang baik di Kota Bandung sendiri mau pun di Jakarta. Bahkan, salah satu cabangnya telah ada di Pekanbaru, Riau. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati nasi goreng ini di Bandung, antara lain:

Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia | Foto : www.ceritaperut.com

  • Jl. Dipati Ukur No 51
  • Jalan Jalaprang No 24
  • Jalan Purwakarta No 28
  • Jalan Ciliwung no 1-3
  • Food Court Bandung Indah Plaza (BIP)
  • Dan beberapa tempat di Jatinangor

Dari banyaknya lokasi yang tersebar hanya di satu kota saja, secara tidak langsung jelas menunjukkan jika nasi goreng ini bukan hanya digemari dari keunikan namanya saja, melainkan dari kesetiaan pelanggannya. Tertarik untuk menikmati beragam sajian menu nasi goreng yang garang? Datang saja ke Nasi Goreng Mafia dengan alamat yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply