Konsep dan Kategori Tempat Makan Bandung Kota

Tempat Makan Bandung Kota

Tempat Makan Bandung Kota | Foto : handaritammy.blogspot.com

Jangan ditanya ada berapa banyak tempat makan Bandung kota. Sebab, pertanyaan tersebut sangat mustahil untuk dijawab. Hal itu sangat beralasan, faktanya kota Bandung memiliki ribuan tempat makan. Ironisnya, dari ribuan tempat makan tersebut, hanya beberapa ratus saja yang tercatat dan mengantungi izin usaha. Kenyataan ini sekaligus menguatkan pernyataan bahwa mustahil menyebutkan berapa banyak tempat makan yang ada di Bandung Kota.

Ditambah juga dengan kenyataan lain bahwa perkembangan dan persebaran tempat makan Bandung Kota sangatlah cepat dan luas. Tempat makan tak lagi mengarah atau berpusat hanya pada keramaian. Tetapi juga pada tempat-tempat terpencil yang relatif sulit untuk terjangkau, namun memiliki daya tawar berupa keunikan.

Kendati data menjadi masalah itama dalam penentuan jumlah tempat makan di kota Bandung, faktanya kita tak bisa menutup mata, bahwa keberadaan tempat makan tersebut bisa dikategorikan berdasarkan keunikannya. Beberapa kategori yang bisa digunakan untuk memetakan tempat makan tersebut antara lain:

Konsep dan Kategori Tempat Makan Bandung Kota

Cafe ‘n Resto

Banyak sekali cafe dan restoran di Kota Bandung yang semuanya menyajikan keunikan tersendiri. Keunikan yang ditawarkan tentunya berkaitan dengan konsep yang ditonjolkan. Secara umum ada beberapa konsep yang ditonjolkan dari tempat makan seperti ini:

1. Konsep kedaerahan yang ditunjukkan dengan menu seperti masakan Sunda, Padang, Western, Chinese, Japanese dan sebagainya. konsep seperti ini, biasanya mengacu juga pada penataan ruangan dan pelayanannya.

2. Tema-tema unik di luar kedaerahan semisal, konsep makanan sehat, konsep organik dan sebagainya.

3. Tempat makan 24 yang sudah tentu memasilitasi mereka yang gemar wisata malam. Kategori tempat makan Bandung Kota yang bisa dikunjungi mulai dari warung pinggir jalan, warung nasi yang terkenal, cafe n resto hingga restoran cepat saji semisal KFC Dago

Warung Nasi

Warung nasi mungkin menjadi konsep rumah makan yang memang berpengaruh pada pencatatan atau data resmi. Singkatnya, konsep tempat ini memang mayoritas tak memiliki izin usaha. Meski demikian, warung nasi bukanlah hal yang haram untuk dikunjungi saat berwisata. Sebab di Bandung memang banyak sekali warung nasi yang terkenal, bahkan menjadi target kunjungan wisata. Sebagai contoh warung nasi Bancakan, Warung Nasi Ibu Imas, Warung Nasi Ampera dan sebagainya.

Warung Tenda

Jangan menganggap remeh keberadaan warung tenda di Bandung. Tempat makan Bandung Kota ini konon disebut sebagai tempat makan rakyat, memang menjamur hampir di semua penjuru kota Bandung. Uniknya, tempat makan rakyat ini justru tidak hanya dikunjungi oleh golongan ekonomi menengah ke bawah saja. tetapi semua golongan ekonomi. Sebut saja, Baso Rudal Mawar, Bebek Boromeus, Warung Tenda Citarum dan sebagainya.

Add Comment