Berwisata Alam di Oray Tapa Gunung Manglayang Bandung

Gunung Manglayang Bandung

Gunung Manglayang Bandung | Foto : istanasurgaku.blogspot.com

Satu lagi tempat wisata alam di Bandung yaitu Oray tapa Gunung Manglayang Bandung. Meskipun belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan tempat wisata ini, tapi kini tempat wisata alam yang satu ini sudah mulai banyak dikunjungi. Seperti apa tempat wisata Oray Tapa ini? Simak informasinya berikut.

Berwisata Alam di Oray Tapa Gunung Manglayang Bandung

Tentang Oray Tapa

Oray Tapa Bandung

Oray Tapa Bandung | Foto : bandung.panduanwisata.com

Oray Tapa jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adaah Ular Bertapa. Namanya memang terdengar cukup agker. Tapi, tenang saja, tempatna tidak seangker namanya. Ini merupakan lahan hutan Pinus dan Cemara dengan luas sekitar 5 hektar dan ada di ketinggian 700 mpdl.  Oray Tapa ini berada di Pegunungan Manglayang yang merupakan sebuah tempat wisata bumi perkemahan dengan berbagai fasilitas yang menarik dan cukup lengkap.

Jalan Menuju Oray Tapa Bandung

Jalan Menuju Oray Tapa Bandung | Foto : pictures.maleber.net

Oray tapa ini berada di Desa Mekar Manik, Cimenyan di kawasan Bandung Timur. Lokasi yang cukup strategis untuk dijadikan tujuan wisata  di Bandung Timur. Akses menuju tempat wisata Oray Tapa ini memang cukup sulit. Pengunjung harus melewati jalanan tanjakan yang sangat panjang dan tajam tapi beraspal dan mulus.

Aktivitas di Oray Tapa Gunung Manglayang di Bandung

Oray Tapa Gunung Manglayang di Bandung

Oray Tapa Gunung Manglayang di Bandung | Foto : indotripfoto.com

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata Oray Tapa Gunung Manglayang Bandung ini selain camping. Para pengunjung bisa mencoba bersepeda santai, motorcross, atau offroad yang menantang karena medannya cukup menantang adrenalin. Di tempat wisata ini juga tersedia berbagai fasilitas yang cukup lengkap seperti MCK, mushola, papan petunjuk, tempat parkir, tempat duduk, shelter, dan sebagainya. Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, pengunjung akan merasa nyaman.

Oray Tapa Gunung Manglayang Bandung

Oray Tapa Gunung Manglayang Bandung | Foto : blog.maleber.net

Hal yang menarik dari tempat wisata Oray Tapa ini yaitu sumber mata air. Anehnya, sumber mata air ini muncul ada saat musim kemarau. Menurut berita, sumber mata air ini ada sejak tahun 1997 dan sampai sekarang masih dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya untuk keperluan sehari-hari. Menurut kepercayaan, konon katanya sumber mata air bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Maka tak heran jika beberaa pengunjung yang datang ke tempat in sengaja membawa air dari sumber mata air ini.

Oray Tapa Gunung Manglayang di Bandung ini juga keindahan alam yang bisa memanjakan mata. Udara yang sejuk turut melengkapi suasana di tempat wisata ini. Bagaimana? Anda terarik untuk mengunjunginya? Tunggu apalagi? Ayo datang sendiri ke tempat wisata Oray Tapa Gunung Manglayang Bandung. Selaat berwisata.

Leave a Reply