Bagi Penikmat Jengkol, Kunjungi Rumah Makan Cikawao Bandung

Rumah Makan Cikawao Bandung

Rumah Makan Cikawao Bandung | Foto : warjeng17.blogspot.com

Jika ada tempat makan Khas Sunda yang menyajikan menu masakan sunda secara original dan tradisional, Rumah Makan Cikawao Bandung adalah tempatnya. Rumah makan ini termasuk rumah makan tertua di Kota Bandung dan sudah berdiri sejak era 50’an. Di tempat ini, memang bisa ditemukan masakan asli Sunda tanpa campur baur menu-menu modern. Sehingga, menyantap masakan di rumah makan ini, kita akan merasa seperti makan di rumah sendiri.

Citarasa yang didapat dari resep nenek moyang itu, memang dipertahankan oleh pengelola restoran yang saat ini masuk dalam generasi ke-3. Karenanya wajar, jika banyak tanggapan yang menyebut tempat ini sebagai rumah makan dengan menu “baheula” atau tempo dulu.

Bagi Penikmat Jengkol, Kunjungi Rumah Makan Cikawao Bandung

Menu

Tak perlu diulas apa saja menu yang ada di rumah makan Sunda, sebab setiap rumah makan Sunda umumnya memiliki menu yang sama, hanya penyajian dan pengolahannya saja yang sedikit berbeda. Sebagai gambaran, di tempat ini pengunjung bisa menikmati beragam menu seperti timbel yang disantap dengan daging ayam kampung, asin jambal roti, gepuk  yang terbuat dari potongan daging sapi, ikan mas, aneka pepes dan tumis, sayur-sayuran dan sebagainya hingga beragam sop seperti sop buntut dan sop kaki sapi. Semua menu di atas bisa disantap dengan dua pilihan nasi yaitu nasi merah atau nasi putih. Beberapa menu yang sangat memberikan kesan tempo dulu dan masih dipertahankan hingga kini adalah sayur leunca, sayur genjer dan jengkol (semur dan goreng).

Semua menu tersebut disajikan di atas meja, sebab sistem makan di Rumah Makan Cikawao Bandung ini adalah parasmanan. Artinya, pengunjung bisa dengan bebas mengambil dan menyantap makanan di tempat ini sesuai dengan seleranya.

Jengkol

Satu hal yang menambah kesan “baheula” dari tempat ini adalah sajian jengkolnya. Penikmat jengkol yang pernah makan di tempat ini, umumnyea sepakat jika jengkol di tempat ini adalah jengkol paling enak di kota Bandung.

Uniknya, jengkol yang ada di tempat ini selalu “laris manis”, bahkan kerapkali banyak pengunjung yang tak kebagian jengkol di tempat ini.Dengan kata lain, jengkol masih tetap menjadi menu favorit, bukan hanya masyarakat Bandung atau Sunda, tetapi juga masyarakat Indonesia pada umumnya. Kendati menu jengkol kerap dihina dengan kesan baunya.

Untuk mengetahui seperti apa situasi, suasana dan kenikmatan menu asli Sunda di Rumah Makan Cikawao Bandung ini, silahkan datang langsung ke alamat Jl. Cikawao No. 7, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Leave a Reply