Sensasi Pedas di Rumah Makan Cibiuk Bandung

Rumah Makan Cibiuk Bandung

Rumah Makan Cibiuk Bandung | Foto : cibiuk.my

Berbicara tentang Rumah Makan Cibiuk Bandung, mungkin tak akan lepas dengan sambal Cibiuk super pedas.Hal itu wajar, sebab Cibiuk sendiri memang merupakan nama daerah di Garut yang memang terkenal dengan sambalnya yang pedas sebagai kuliner khas. Sambal Cibiuk ini, di masa lalu merupakan sajian istimewa untuk tamu penting. Namun saat ini, sambal cibiuk bisa dinikmati kapan pun dan di mana pun, termasuk di tempat ini.

Sambal Cibiuk yang terkenal adalah sambel hejo atau sambal hijau. Warnanya yang hijau ini, memang berkaitan dengan bahan yang digunakan seperti cabe rawit yang berwarna hijau, tomat yang masih berwarna hijau, daun pokpohan dan daun kemangi. Penambahan daun pokpohan dan daun kemangi ke dalam sambal tentu saja memberikan tambahan terhadap citarasa, tekstur dan aroma sambal. Meski demikian, ada juga sambal merah yang dibuat dari bahan tomat dan cabai merah. Mengenai rasa, sensasi pedas dari sambal merah bisa dikatakan lebih pedas dari sambal hijau.

Sensasi Pedas di Rumah Makan Cibiuk Bandung

Menu

Salah satu menu special yang ada di Rumah Makan Cibiuk Bandung adalah sambal cibiuk. Sambal Cibiuk, memang tak bisa dinikmati begitu saja tanpa makanan. Sebab siapa pun tahu bahwa sambal hanyalah menu pendamping yang mampu menambah citarasa atau sensasi saat makan. karena tempat ini termasuk dalam rumah makan yang menyajikan makanan berat, maka sambal Cibiuk akan menjadi sajian penambah citarasa dan sensasi saat menikmati menu makan di tempat ini. Beberapa menu yang populer untuk dinikmati bersama sambal Cibiuk antara lain; gurame bakar cobek, ayam bakar dan menu-menu sederhana lainnya seperti tempe tahu goreng.

Siapa pun tahu, bahwa menyantap masakan Sunda kurang lengkap rasanya jika tak dibarengi dengan lalapan. Lalapan seperti ini, biasanya akan bertambah nikmat saat dicocolkan ke sambal. Begitu pun dengan menu atau lauk pauk yang umumnya disajikan kering. Menyocol sambal tentu akan membuat sensasi tersendiri baik peristiwa sebelum menyuap atau setelah menyuap. Umumnya, mereka yang menyantap makan dengan Sambal Cibiuk akan mengalami sensasi “Seuhah,” yang ditunjukkan dengan desisan di mulut sebagai tanda pedas. Uniknya, dengan sambal atau rasa pedas, selera makan seseorang biasanya akan bertambah, hingga makanan yang ada di piring habis tanpa sadar.

Lokasi

Rumah Makan Cibiuk Bandung, sebenarnya tersebar di beberapa lokasi seperti:

  • Jl. Soekarno Hatta No 508, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Jl. Cisitu Baru (Dago bawah), Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Jl. Pasir Kaliki No. 121-123 (Istana Plaza The Castle, lt.3) Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Tidak hanya alamat di atas, masih ada alamat Rumah Makan Cibiuk Bandung di daerah dan kota lainnya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply