Mengenal Minuman Hangat Khas Bandung

Minuman Hangat Khas Bandung

Minuman Hangat Khas Bandung | Foto : thearoengbinangproject.com

Tahukah Anda apa saja minuman hangat khas Bandung? Minuman hangat ini biasanya dijual di tempat-tempat wisata yang berudara dingin seperti tempat wisata di kawasan Ciwidey, Pangalengan, dan Lembang. Apa saja minuman hangat Bandung ini? Mari simak informasinya berikut.

Mengenal Minuman Hangat Khas Bandung

Minuman Hangat Bandrek

Minuman hangat Bandung yang pertama adalah bandrek. Minuman ini terbuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, kayu manis, gula aren, kapulaga, cengkeh, dan cabai. Rempah-rempah inilah yang bisa menghangatkan tubuh mereka yang mengkonsumsinya. Minuman hangat ini bisa Anda dapatkan di beberapa tempat wisata yang berudara dingin. Tapi, minuman hangat paling banyak di jual di kawasan Ciwidey. Salah satu produk bandrek yang sangat terkenal adalah bandrek Abah khas Ciwidey. Tak hanya bisa menikmatinya di tempat, Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh karena tersedia juga kemasan botol. Anda hanya tinggal menyeduhnya di rumah.

Minuman Hangat Bajigur

Minuman hangat khas Bandung yang selanjutnya adalah bajigur. Bajigur ini terbuat dari gula aren dan santan. Dalam penyajiannya, bajigur ini disajikan dengan irisan kolang-kaling. Bajigur biasanya dijual dengan cara berkeliling ke kampung-kampung. Meski kini banyak bajigur yang dijual secara sachet, tapi rasanya tidak senikmat yang dijual oleh pedagang-pedagang.

Bajigur ini sangat nikmat jika diminum bersama dengan makanan kecil khas Bandung lain seperti kacang rebus, ubi rebus, nagasari, ketimus, kue kelepon, dan sebagainya. Makanan-makanan kecil ini juga biasanya dijual bersamaan dnegan bajigur.

Minuman Hangat Wedang Ronde

Wedang ronde ini disajikan dengan campuran antara pacar cina, potongan kacang tanah, potongan kue tipis, dan candil yang disiram dengan air jahe dan santan. Sama halnya dengan bajigur, wedang ronde ini juga biasanya dijual dengan cara berkeliling ke kampung-kampung. Tapi, ada juga beberapa pedagang yang menjual wedang ronde ini secara menetap di pinggir-pinggir jalan. Wedang Ronde ini sangat pas dinikmati pada malam hari atau di daerah yang bersuhu dingin. Meski kini sudah jarang pedagang yang menjual miniman khas Bandung ini, tapi di beberapa daerah masih ada pedagang wedang ronde seperti di sekitaran Lembang.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba minuman hangat khas Bandung ini? Tidak ada salahnya Anda mencoba semua minuman khas Bandung ini atau salah satunya jika Anda berkesempatan berkunjung ke Bandung. Selamat mencoba.

Leave a Reply